Cara Menjodohkan Ayam Aduan Agar Menghasilkan Bibit Berkualitas



Menjodohkan ayam aduan memang sering dilakukan oleh penggemar atau orang yang hobi dengan kegiatan ini. Menjodohkan ayam aduan tidak sembarangan, untuk hasil yang maksimal dan tentunya mendapatkan bibit ayam aduan yang berkualitas harus memperhatikan beberapa aspek penting.

Untuk menjodohkan ayam aduan sangatlah mudah, tidak seperti hewan lainnya. Karena cara yang digunakan untuk penjodohan ayam aduan adalah cara paksa. Sehingga terbayang bukan bagaimana mudahnya ?


Untuk cara menjodohkan ayam aduan agar mendapat bibit ayam adu berkualitas sebagai berikut :



1. Pilih Indukan

Indukan ini sangat penting. Karena untuk menghasilkan bibit yang berkualitas tergantung pada indukan itu sendiri.

Indukan yang baik adalah jantan berumur 2 tahun dengan badan proposional. Sementara indukan betina minimal berumur 1 tahun.



2. Pilih Hari Yang Tepat

Hal ini ada yang percaya ada yang tidak. Namun kembali pada diri anda sendiri. Jika percaya lakukan jika tidak tinggalkan.

Menurut mitos, hari yang tepat untuk menjodohkan ayam aduan adalah hari kamis malam jum'at. Tepatnya pada hari kamis setelah waktu ashar.



3. Cara Menjodohkan

Untuk cara menjodohkan ayam aduan cukup mudah. Berikut langkahnya :

● Lakukan pada kandang atau ruangan yang tertutup. Tujuannya agar ayam tidak lari atau kabur.

● Lepaskan ayam jantan, biarkan saja. Jangan diikat ataupun dipegang.

● Ambil indukan betina, pegang dengan posisi dubur atau alat kelamin diluar.

● Dekatkan pada indukan jantan, biarkan indukan jantan membuahi betina. Lakukan sampai berkali-kali agar pembuahan sempurna.


Itulah cara menjodohkan ayam aduan agar mendapat bibit yang berkualitas.
Cukup mudah bukan.
Cara diatas bisa anda praktekan sendiri dirumah. Bisa juga digunakan untuk para peternak ayam kampung super. Agar mendapat bibit yang berkualitas sehingga akan memiliki harga yang mahal. Dan tentunya menguntungkan.