Mesin Penanam Padi, Terobosan Baru Untuk Dunia Pertanian



Bertani padi menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Terlebih jika teknik yang digunakan adalah teknik modern. Seperti pertanian di dalam gedung, pertanian hidroponik dan jenis pertanian lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, manusia telah menciptakan alat tanam padi yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara konvensional.
Mesin ini mampu menanam padi 10 kali lebih cepat dibanding tangan manusia. Tentu dengan kecepatan yang sangat tinggi, mesin ini sangat efisien untuk di terapkan dalam perkembangan pertanian.

Dengan penemuan mesin tersebut, diharapkan pertanian modern dapat menghasilkan padi yang lebih banyak.

Banyak sekali jenis mesin penanam padi. Mesin-mesin tersebut telah banyak di gunakan di negara-negara agraris. Seperti Myanmar, Thailand, Indonesia dan Jepang.

Pertanian modern sudah terbukti lebih menguntungkan dibandingkan dengan pertanian konvensional. Pertanian modern lebih efektif dalam penggunaan sumber daya dan waktu.
Dengan begitu, proses yang dibutuhkan akan lebih cepat. Sehingga biaya produksi akan lebih sedikit.

Ada banyak model mesin Rice transplanter, namun secara umum bisa dibagi menjadi dua kategori, yaitu manual tanpa mesin dan yang menggunakan mesin. Karena dalam aplikasinya kurang optimal dan masih merepotkan, mesin tanam padi manual cenderung tidak berkembang, kalah dengan mesin tanam bermesin. Untuk mesin tanam yang menggunakan mesin dapat dibagi menjadi dua model, yaitu mesin yang dioperasikan dengan cara dituntun (walking type) dan yang dikendarai (riding type). Perbedaaannya terletak pada cara pengoperasian dan kecepatan dalam menanam benih.

Di negara berkembang seperti Indonesia, mesin tanam padi yang di gunakan jenis
Rice Transplanter. Mesin ini merupakan alat tanam padi dengan cara mendorong seperti hand tractor. Alat tersebut memudahkan petani menanam padi karena dapat menghemat waktu, mempercepat proses penanaman bibit padi serta menyiasati kurangnya tenaga kerja dalam proses penanaman padi.

Untuk anda yang belum menerapkan pertanian modern. Segera terapkan di lahan yang anda punya. Dan lihat apa yang terjadi.