Rincian Lengkap Modal Untuk MemulaI Usaha Pabrik Tahu

Rincian Lengkap Modal Untuk MemulaI Usaha Pabrik Tahu

Rincian modal untuk memulai usaha pabrik tahu tentu dibutuhkan oleh para pengusaha yang akan terjun pada usaha pembuatan tahu. Modal usaha pembuatan tahu memang cukup banyak. Tetapi keuntungan yang diperoleh juga lebih banyak.

Kami akan memberikan rincian lengkap modal usaha pembuatan tahu skala home industri. Dengan begitu kami berharap rincian modal usaha pembuatan tahu ini dapat bermanfaat bagi pengusaha yang akan mulai terjun ke dunia usaha tahu.
Berikut rincian lengkap modal awal usaha pembuatan tahu.

Peralatan yang dibutuhkan 

1. Cetakan Takus

Cetakan ini berfungsi untuk mencetak tahu dengan praktis. Biasanya terbuat dari plat atau stainless. Berkapasitas 100 tahu dalam sekali cetak. Dengan ukuran tahu standar 52/53 cm.

Selain menggunakan alat ini sebenarnya anda bisa membuat cetakan sendiri dari papan. Tentu akan lebih meringankan dibandingakan dengan membeli cetakan khusus seperti ini.

Harga Takus Rp 80.000,- (bahan galpanis)

2. Mistar Alumunium

Alat ini berfungsi sebagai mal atau penggaris untuk memotong tahu bila anda menggunakan sistem cetak. Tetapi bila menggunakan takus tahu seperti peralatan diatas, tidak perlu menggunakan peralatan ini.

Harga Mistar Alumunim Rp 95.000,-

4. Tangok

Tangok sendiri dalam usaha pembuatan tahu berfungsi sebagai penyaring kedelai. Biasanya tangok ini terbuat dari bambu. Jika anda bisa membuatnya sendiri tentu tidak perlu keluar biaya untuk membelinya.

Ada juga tangok yang terbuat dari stainless. Tetapi harga yang ditawarkan tentu saja sangat mahal. Kami sarankan untuk menggunakan tangok dari bambu saja ketika akan memulai usaha tahu.

Harga Tangok Rp 110.00,- (Bambu)

5. Tampir

Tampir berfungsi sebagai tempat penyimpanan tahu setelah dicetak. Tampir ini memiliki alas anyaman bambu. Sehingga air dari sisa pencetakan tahu akan ditiriskan melalui lubang-lubang kecil pada tampir.

Harga Tampir Rp 20.000,- per pcs

6. Sasag

Sasag ini terbuat dari bahan plastik. Biasanya sasag diletakan di bawah cetakan. Fungsinya yaitu agar tahu tidak bopeng ketika dilakukan proses pencetakan.

Harga Sasag Rp 15.000,- per pcs

7. Sendok Aci

Sendok ini berukuran besar. Biasanya digunakan untuk mengaduk adonan tahu yang sedang dimasak. Mungkin anda bisa menggunakan alternatif lain untuk mengurangi biaya modal awal. Tetapi jika tidak memiliki ide lain, gunakan saja alat ini.

Harga Sendok Aci Rp 80.000,- (stainless)

8. Bebedogan

Bebedogan ini berfungsi sebagai alat bantu pada saat penyaringan. Sebenarnya alat ini bisa anda ganti dengan kayu atau papan yang dibuat sedemikian rupa. Sehingga tidak perlu membelinya.

Harga Bebedogan Rp 15.000,- per pcs

9. Cutik

Cutik ini juga perlatan yang bisa anda cari penggantinya. Alat ini berfungsi untuk mengangkat tahu dari cetakan.
Harga Cutik Rp 15.000,- per pcs

10. Papan Takus

Papan takus ini biasanya terbuat dari bahan kayu pinus. Fungsinya hanyalah sebagai tempat meletakan cetakan takus. Anda bisa mengatasinya dengan mengganti dengan benda lain. Kami rasa alat ini tidak terlalu diperlukan.

Harga Papan Takus Rp 220.00,-

10. Tutup Cetakan

Tutup cetakan ini berfungsi untuk menekan tahu agar dapat tercetak sempurna. Biasanya benda ini terbuat dari bahan kayu pinus.

Harga Cetakan Rp 70.000,-

11. Kain Saringan

Kain ini terbuat dari bahan kain sipon. Kain saringan sendiri berfungsi sebagai pemisah antara sari kedelai dan ampasnya. Semua teknik pembuatan tahu memerlukan peralatan ini.

Harga Kain Saringan Rp 15.000,-

12. Kain Takus

Jika anda menggunakan cetakan takus dalam pembuatan tahu. Tentu harus mrnggunakan peralatan ini untuk menunjang produksi tahu yang anda lakukan.

Tetapi jika menggunakan sistem cetak. Gunakan kain cetak yang terbuat dari bahan sipon dan batis.

Harga kain takus Rp 30.000

13. Ayakan

Ayakan ini berfungsi untuk memisahakan kedelai dari sisa-sisa kotoran yang menempel. Peralatan ini terbuat dari serat bambu.

Harga Ayakan Rp 18.000,- per pcs

14. Tahang

Tahang ini berfungsi sebagai penampung hasil sari kedelai. Anda sebenarnya bisa menggunakan drum plastik. Tentu saja drum plastik akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan menggunakan tahang.

Harga Tahang Rp 1.100.000,-

15. Mesin Penggiling

Mesin penggiling kedelai tentu saja sangat diperlukan dan merupakan salah satu peralatan utama yang wajib di miliki oleh pengusaha tahu. Harga mesin penggiling ini bervariasi. Sehingga anda bisa mencari alternatif lain untuk mendapatkan biaya pembelian yang lebih murah.

Harga Mesin Penggiling Rp 11.000.000,-  type 2Hp 1pass

Rincian keperluan peralatan diatas untuk paket usaha tahu tahap awal sebagai berikut :
  1. Mesin Gilingan Kedelai 1 Unit
  2. Kancah 1 pcs
  3. Tahang 2 pcs
  4. Tangok 1 pcs
  5. Kain saringan 5 pcs
  6. Ayakan 3 pcs
  7. Bebedogan 2 pcs
  8. Papan Cetakan 5 pcs
  9. Tutup cetakan 10 pcs
  10. Plat takus 5 pcs
  11. Kain takus 5 pcs
  12. Tampir 15 pcs
  13. Sasag 5 pcs
  14. Cutik 2 pcs
  15. Sendok Aci 2 pcs
  16. Ember atau gayung 2 - 3 pcs tergantung kebutuhan
  17. Drum plastik 2 - 3 pcs tergantung kebutuhan
Untuk rincian biaya awal silahkan anda hitung sesuai harga yang berlaku di daerah sekitar usaha anda. Tetapi rata-rata para pengusaha yang akan memulai usaha pembuatan tahu menyiapkan modal sekitar 25 - 30 juta rupiah. Hanya untuk perlengkapan produksi saja.

Itulah rincian modal awal usaha pembuatan tahu. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Dan menjadi berkah buat kami.