Masa Panen Lada Perdu Yang Ideal



Masa panen lada perdu menjadi permasalahan utama yang dihadapi para petani. Simpang siurnya masa panen tersebut membuat petani semakin bingung.
Ada yang beranggapan masa panen lada perdu setahun ada juga yang mengatakan 6 bulan dan sebagainya.

Jika lada panjat sudah diketahui bahwa masa panennya adalah ketika umur 5 tahun. Umur 3 tahun sudah mulai produksi, namun belum maksimal karena masih tergolong muda. Sedangkan panen ideal lada panjat adalah umur 5 tahun dan puncaknya sekitar umur 7 tahun.

Karena lada panjat sangat lama, kali ini dunia pertanian muncul lada perdu untuk mengatasi masa panen lada panjat yang cukup lama.
Dimana lada ini tumbuh seperti semak atau tanaman perdu lainnya. Sehingga tidak membutuhkan tiang sebagai panjatan.

Dalam lada perdu, panen idealnya adalah sekitar umur 2 tahun.
Dalam pertumbuhannya, lada perdu dapat menghasilkan buah ketika umur 6 bulan. Buah tersebut juga bisa dijual atau dikomersilkan.
Namun jumlahnya belum tentu banyak.

Tapi dalam pemeliharaan lada perdu yang baik, seharusnya buah yang muncul pada umur 6 bulan tersebut dibuang. Agar lada perdu dapat tumbuh secara maksimal.

Teknis pemeliharaan yaitu membesarkan lada perdu dengan banyak cabang yang rimbun. Sehingga akan menghasilkan buah yang banyak.
Sementara untuk menghasilkan batang pohon yang rimbun, maka buah yang muncul pada umur 6 bulan sampai 2 tahun harus dibuang.

Sehingga masa panen yang ideal untuk lada perdu adalah umur 2 tahun.

Cukup lama bukan ?

Jangan berhenti disini. Belum selesai.
Keunggulan lada perdu adalah dapat dipanen sepanjang tahun. Dan biasanya dipanen dalam periode setiap minggu sekali.
Sehingga ealaupun menunggu lama 2 tahun tapi ketika panen bisa mengambil hasil setiap minggu. Cukup menggiyurkan bukan ?

Dalam lada perdu, bakal buah selalu muncul walaupun buah yang tua belum dipetik. Atau buah yang pertama belum terlalu tua.
Karena salah satu keunggulan lada perdu adalah tunas atau churus bakal buah yang muncul setiap tahun. Asalkan teknik pembudidayaannya yang benar. Dan nutrisi tercukupi.

Sehingga dapat disimpulkan masa panen lada perdu ada 2, yaitu umur 6 bulan dan umur 2 tahun.
Namun masa panen yang ideal adalah umur 2 tahun, karena kualitas dan kuantitas yang dihasilkan akan lebih baik dan lebih banyak dari lada perdu umur 6 bulan.
Baca Juga : Cara Maksimalkan Panen Lada Perdu