Memilih Usaha Ternak Dengan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Pemula



Untuk memilih usaha ternak dengan modal yang kecil, anda tidak perlu bingung mencari atau searching tentang usaha ternak yang cocok untuk modal kecil. Karena itu akan membingungkan anda sendiri. Cara terbaik untuk memilih dan menentukan usaha ternak dengan modal yang kecil adalah dengan melihat kesiapan diri sendiri.

Yang dimaksud kesiapan diri sendiri disini adalah bagaimana anda dapat mengelola usaha ternak tersebut dengan baik. Meskipun hanya usaha ternak modal kecil dengan tempat yang sempit. Dengan begitu usaha ternak yang anda kelola akan menjadi usaha ternak yang menguntungkan. Meskipun termasuk ke dalam usaha modal kecil.

Berikut ini cara memilih usaha ternak dengan modal kecil yang cocok untuk pemula.

1. Tempat

Sebelum anda memilih jenis usaha ternak yang akan di kembangkan. Tentukan terlebih dahulu tempat yang mendukung usaha anda. Apabila hanya memiliki lahan yang sempit, anda harus memilih usaha ternak yang bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut.

Anda tidak perlu takut atau pusing usaha ternak dengan skala kecil tidak menguntungkan. Lebih take action mulai dari awal dari kecil, sambil jalan sambil mengembangkan. Cara ini lebih efektif untuk membangun sebuah usaha yang minim modal. Tidak hanya usaha ternak.

Untuk jenis usaha ternak yang cocok jika anda mempunyai lahan sempit adalah usaha ternak kroto, usaha ternak burung hias, usaha ternak cacing sutera, usaha ternak ulat hongkong.
Baca Juga
2. Waktu

Waktu ini bisa di bilang loyalitas yang bisa anda berikan untuk usaha yang sedang anda jalankan. Waktu sangat menentukan keberhasilan dalam usaha.
Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap usaha ternak. Sehingga anda harus memilih jenis usaha ternak yang tepat sesuai waktu yang bisa anda gunakan untuk mengelola usaha ternak tersebut.

Jika anda adalah seseorang yang memiliki banyak waktu luang, maka anda tidak memiliki masalah yang berarti dalam memilih jenis usaha ternak apa yang akan di tekuni. Namun apabila anda adalah seorang karyawan dengan waktu luang yang sangat terbatas. Tentu anda harus mempertimbangkan dengan matang, usaha ternak apa yang bisa anda kelola dengan waktu yang minim.

Pilihan terbaik tentu usaha ternak yang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Seperti ternak burung lovebird yang tidak begitu membutuhkan perawatan khusus. Ternak kelinci, ternak kambing dan juga ternak kroto.

3. Modal

Modal merupakan aset yang paling penting untuk memulai usaha. Dengan modal yang cukup, anda akan lebih leluasa untuk memilih jenis ternak yang bisa anda kembangkan.
Jika anda bermodal besar tidak akan ada masalah yang berarti. Namun jika anda hanya memiliki modal kecil, apa yang akan di lakukan ?

Tentu anda harus memilih usaha ternak dengan modal yang relatif kecil dan terjangkau. Seperti ternak kroto, ternak jangkrik, ternak ulat hongkong dan juga ternak cacing sutra.

4. Aspek Lingkungan

Aspek lingkungan ini sangat menentukan untuk anda. Jika akan memulai sebuah usaha ternak, anda harus mempertimbangkan gangguan-gangguan yang mungkin ditimbulkan oleh usaha anda dan mengganggu tetangga sekitar rumah. Salah satunya berisik dan bau kotoran hewan ternak.

Oleh karena itu, sebelum anda memulai usaha ternak. Pertimbangkan aspek lingkungan ini. Jangan sampai usaha anda di demo oleh masyarakat sekitar ketika usaha telah menjadi matang.

Dari ke empat tips diatas, tentu anda akan menemukan solusi untuk menentukan pilihan jenis ternak apa yang bisa anda pilih. Sehingga dapat memberikan keuntungan yang maksimal.