Cara Praktis Berjualan Online Yang Paling Mudah Untuk Pemula



Banyak pemula yang akan memulai membuka online shop. Namun diantara mereka banyak yang masih bingung dari mana untuk memulainya. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips lengkap untuk berjualan online atau membuka toko online mulai dari langkah awal hingga closing.

Cara yang paling mudah untuk membuka toko online adalah melalui market place.
Mengapa harus menggunakan market place?
Karena di era modern, konsumen akan lebih percaya dengan market place dibanding belanja di toko online mandiri. Hal ini disebabkan oleh keamanan dari tindak penipuan yang semakin banyak.
Oleh karena itu, langkah terbaik untuk anda adalah menempatkan diri di salah satu market place yang menurut anda terkenal. Seperti Ebay, Amazon, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain.

Lalau bagaimana cara memulainya?

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk berjualan di market place.


1. Siapkan PC Atau Smartphone

PC lebih baik tapi menggunakan smartphone juga tidak kalah baik. Silahkan anda pilih salah satu atau dari kedua peralatan diatas.


2. Download Aplikasi Market Place

Untuk pemula yang akan membuka toko online di market place. Saran saya gunakan market place Tokopedia dan Shopee. Silahkan download kedua aplikasi diatas.
Alasan memilih kedua market place diatas adalah fasilitas gratis ongkir yang di berikan. Sehingga anda bisa membuat harga jual menjadi lebih murah tanpa beban biaya pengiriman.



3. Silahkan Kontak Salah Satu Toko di Shopee

Menghubungi toko di shopee dengan alasan anda mencari seller yang memiliki jenis produk yang sama dengan produk di toko online anda. Silahkan tanyakan apakah open dropship atau tidak.
Jika open dropship, simpan dan ikuti toko tersebut. Catat alamat toko lalu ambil semua produk yang tersedia di toko.


4. Silahkan Buat Toko Di Market Place Tokopedia

Setelah anda mendapatkan seller dari shopee yang menjual produk dengan fasilitas gratis ongkir. Setelah itu, langkah yang harus anda lakukan adalah membuat toko di Market Place Tokopedia. Yang harus di perhatikan adalah fasilitas dan alamat toko anda di Tokopedia harus sama dengan fasilitas yang diberikan oleh seller anda dari Shopee. Kecuali Ongkos Kirim.

Market Place Tokopedia




5. Post Produk di Toko Online

Setelah mencari seller dan membuat toko online berhasil. Langkah selanjutnya adalah memposting produk dari seller ke toko anda. Silahkan anda pilih jenis keuntungan yang menurut anda menggiurkan.

Ada 2 opsi yang bisa anda pilih, yaitu :

- Menambah atau mark up harga sekian persen untuk mendapatkan keuntungan dan memberikan fasilitas gratis biaya kirim.
- Tidak menambah harga atau mark up price, namun tidak memberikan fasilitas biaya kirim. Sehingga fasilitas biaya kirim ini sebagai keuntungan buat anda.

Dari kedua pilihan diatas, yang kami rekomendasikan adalah yang pertama dengan cara mark up harga sebagai keuntungan. Karena di mata konsumen, toko dengan fasilitas gratis biaya ongkos kirim akan memiliki nilai lebih dibanding toko yang membebankan biaya pengiriman kepada pembeli.

Market Place Shopee



6. Buat Fanspage

Setelah anda berhasil membuat toko online dan sukses mencari seller. Langkah yang selanjutnya adalah membuat fanspage untuk fasilitas promosi ke sosial media seperti facebook. Tanpa melakukan hal ini toko anda akan sepi sehingga tanpa ada aktivitas jual beli. Sehingga yang terjadi anda tidak mendapatkan keuntungan.

Silahkan anda buat fanspage yang sebisa mungkin nama fanspage sama dengan nama toko online anda. Setelah itu post di fanspage produk yang ada di toko online anda. Dengan keterangan lengkap dan juga link aktif yang menuju toko online anda.


7. Beriklan

Setelah semua langkah di atas anda lakukan. Langkah yang selanjutnya adalah promosi lewat fasilitas FB Ads dari facebook. Dengan budget Rp 20.000,- / hari, anda bisa mempromosikan produk sekaligus toko online anda kepada 2000 orang lebih secara tertarget.
Setelah itu tunggu beberapa waktu, pesanan akan datang dan yang harus anda lakukan adalah melayaninya.
Catatan :keberhasilan bisa anda raih tergantung dari riset produk yang anda lakukan. Selain itu, tempat dan target konsumen yang tepat sangat mempengaruhi. Yang terpenting jangan takut untuk mencoba dan untuk gagal
Dengan menggunakan yang saya share diatas, anda bisa berjualan dengan modal yang kecil namun memiliki potensi yang sangat besar. Selain itu, anda tidak perlu melakukan stok barang. Sehingga resiko kerugian dapat anda hindari.