Penyebab Citra MLM Menjadi Buruk Dan Penipu



Semakin hari semakin susah untuk mencari mlm yang jujur. Yang terbukti membayar dan menguntungkan.
Padahal tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang bisa menjadi kaya karena mlm.

Penyebabnya adalah pelaku mlm itu sendiri. Terkadang juga leader yang hanya memikirkan keuntungan semata. Sehingga bisa dikatakan menghalalkan berbagai cara demi merekrut anggota.

Dalam perjalanannya pun, para leader memberikan pengarahan dan informasi yang tak masuk akal. Seperti, "penghasilan jutaan rupiah tanpa kerja hanya online didepan komputer saja".

Kalimat itulah yang menyebabkan banyak calon anggota tidak percaya. Tapi terkadang masih ada juga yang percaya.


Selain itu, penyebab yang paling banyak dialami dalam kurun waktu 3 tahun terakhir adalah.
Seorang anggota yang bergabung dengan mlm. Sudah memiliki gambaran menyimpang dari mlm itu sendiri.

Dimana mereka tidak memikirkan bagaimana caranya menjual produk yang didapat dari perusahaan penyedia mlm itu sendiri. Tapi bagaimana caranya mendapatkan anggota yang mau di ajak join menjadi member. Sehingga akan mendapatkan bonus dari hasil perekrutan member baru tersebut. Disinilah banyak penipuan terjadi. Karena terlalu nafsu untuk bisa mendapatkan anggota, sehingga jalan yang tidak di benarkan pun di ambil.

Padahal seorang yang bekerja atau bergabung di mlm. Adalah pekerja yang bisa dikatakan sebagai freelancer atau pekerja lepas. Yang tugasnya memasarkan produk dari perusahaan penyedia mlm.


Jika memang dijalankan dengan benar, apa sih keuntungannya ?


1. Perusahaan dapat lebih efektif dalam menggunakan sdm.

Keuntungan mlm bagi perusahaan penyedia adalah terletak pada penggunaan sdm yang efektif. Dan menawarkan harga yang bersaing. Karena pada dasarnya prinsip mlm itu adalah proses pemasaran secara langsung kepada konsumen. Sehingga perusahaan tidak perlu menggaji sales. Karena sales sudah termasuk konsumen itu sendiri.



2. Dapat bekerja di perusahaan ternama walaupun tidak memiliki pendidikan yang tinggi

Salah satu keuntungan bagi konsumen adalah, mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan. Walaupun seorang freelance.
Dan juga mendapat pengalaman bagaimana caranya memasarkan suatu produk dalam sebuah perusahaan.


Penyebab paling utama yang merusak citra mlm adalah mlm abal-abal yang merupakan arisan berantai tapi berkedok mlm. Dimana cara ini tidak akan menguntungkan bagi member yang baru bergabung.

Selain itu, kali ini banyak sekali mlm yang hanya bermodal 15 sampai 20 ribu saja.
Dan dalam content writernya ada bagian seperti ini "ayo buruan gabung!! Cuma modal 20 ribu rupiah tidak akan membuatmu jatuh miskin!! Kesuksesan menanti anda!!"

Content seperti inilah yang banyak mengecoh para korban mlm. Akhirnya banyak yang merasa tertipu karena ketidak adanya kejelasan produk. Dan hanya arisan berantai.

Masalah seperti diatas yang membuat citra dari mlm menjadi buruk. Yang seharusnya mlm itu adalah proses marketing secara modern dan menguntungkan. Justru akibat ulah para pelaku yang sangat bernafsu dan menghalalkan segala cara membuat teori ini menjadi dipandang sebelah mata.