Cara, Modal Dan Peralatan Membuka Usaha Jasa Sablon



Cara membuka usaha sablon untuk pemula tidak lah sulit. Beberapa aspek yang perlu di perhatikan dari peratan untuk buka usaha sablon itu sendiri dan juga modal yang dibutuhkan dalam usaha sablon.
Tak terkecuali juga tempat.


Berikut langkah untuk membuka usaha sablon.


1. Tentukan Jenis Sablon

Jenis sablon apa yang akan anda rintis, apakah sablon manual atau pun sablon digital (komputer).
Rata-rata sekarang banyak yang memilih usaha sablon komputer, sehingga mungkin saja sablon komputer ini menjadi pilihan yang ideal buat anda.



2. Tempat

Tempat dalam membuka sablon tentu harus strategis. Jual jasa sablon sama dengan anda membuka toko baju sehingga sangat diperlukan tempat yang kemungkinan besar orang akan melihat jasa sablon tersebut.





3. Peralatan

Dalam usaha sablon ada beberapa perlatan pendukung yang harus dilengkapi. Antara lain :

● Mesin Cutting Sticker

● Mesin Heat Press

● Mesin Print And Cut



4. Bahan Kaos

Untuk mencari bahan kaos, tentukan terlebih dahulu pangsa pasar anda. Apakah High Quality atau Law Quality.

Karena dari keduanya akan menentukan jenis bahan kaos apakah yang akan digunakan. Sehingga produk jasa anda dapat terjangkau di semua lapisan konsumen.



5. Modal

Berapa modal untuk membuka usaha jasa sablon ??
Untuk jawabannya tentu akan berbeda-beda. Karena disetiap wilayah akan memiliki harga yang berbeda pula.
Untuk besarannya sekitar Rp 20.000.000,-

Nominal diatas belum baku, bisa berubah -ubah sesuai waktu dan tempat serta kondisi.



6. Promosi

Jasa sablon juga perlu promosi, selain memakai spanduk di depan toko juga ada beberapa opsi lain yang bisa anda pakai. Diantaranya :


● Online

Anda bisa membuat website untuk mengenalkan usaha yang anda miliki. Lebih simpel lagi dengan menggunakan jasa facebook sebagi tempat promo.


● Ikuti Pameran

Biasanya sebuah usaha jasa sablon juga akan merangkap usaha distro. Jika anda juga seperti itu maka rajinlah mengikuti pameran dan kenalkan karya anda.


● Cari Relasi

Relasi ini bertujuan untuk membuka peluang kerjasama. Pasar yang dibidik adalah parpol. Biasanya mereka akan menggunakan jasa anda dalam jumlah orderan yang sangat besar. Maka dari itu usahakan mencari relasi orang parpol.


Itulah cara lengkap dalam membuka usaha jasa sablon. Silahkan jika berminat dan gali terlebih dahulu informasinya. Terutama harga-harga bahan dan peralatan.