Cara Agar Tandan Pisang Berukuran Jumbo



Cara agar pisang dapat berbuah besar banyak di cari oleh para petani. Hal ini dikarenakan bila pisang memiliki tandan yang besar maka jumlah sisirnya pun juga akan banyak. Maka hasil yang diperoleh pun juga sangat banyak.
Cara untuk membuat tandan pisang menjadi lebih besar atau berukuran maksimal tidaklah sulit. Silahkan ikuti tips berikut ini :


Sebelum melakukan tips yang kami berikan. Pastikan anda telah menggunakan teknik yang benar dalam budidaya tanaman pisang. Jika belum silahkan baca terlebih dahulu tentang Cara Termudah Budidaya Pisang Agar Hasil Maksimal

Agar tandan pisang berkembang secara maksimal atau ukurannya besar dan jumlah sisirnya banyak. Maka yang harus dilakukan adalah dengan menanam pisang secara single line.
Artinya tiap satu lubang hanya boleh satu pohon saja dan maksimal 1 anak tunas. Itupun tunas harus dikontrol pertumbuhannya. Agar tidak mengganggu indukan.


Cara simpelnya sebagai berikut :

  • Tanam pisang seperti teknik biasanya.
  • Lakukan perawatan secara intensif agar pisang mampu berkembang dengan maksimal
  • Langkah yang paling penting, jangan biarkan ada tunas yang muncul.
  • Lakukan pembersihan tiap kali ada tunas kecil yang tumbuh dipangkal pisang.
  • Jika akan melakukan regenerasi atau pembibitan pada tanaman pisang. Lakukan setelah pisang sebentar lagi panen. Atau kurang lebih ketika pisang berumur 1 tahun.

Untuk mendapatkan hasil tandan yang besar pada tanaman pisang adalah dengan menanamnya secara single. Jangan sampai ada tunas yang menggangu. Sehingga unsur hara dan juga pupuk maupun nutrisi dari tanah tidak terbagi-bagi.
Yaitu hanya fokus untuk memproduksi buah, bukan untuk memperbanyak tunas vegetatif pada pisang itu sendiri.

Lakukan hal ini terus menerus, walaupun sangat repot. Tapi lihatlah hasil yang akan anda peroleh. Tentu akan berbeda jauh dengan tanaman pisang yang dibiarkan tunasnya tumbuh secara liar.