Pakan Alternatif Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur


Pakan Alternatif Puyuh Petelur

Pakan alternatif untuk ternak burung puyuh tentu sangat di butuhkan. Tidak hanya untuk menekan biaya produksi. Tetapi pakan alternatif ini diharapkan dapat membuat burung puyuh cepat bertelur ataupun menghasilkan telur seacara maksimal.

Beberapa pakan alternatif burung puyuh ini bisa anda coba untuk meningkatkan produksi telur burung puyuh. Atau juga bisa anda manfaatkan untuk menekan biaya produksi ternak burung puyuh.
Pakan alternatif burung puyuh sebagai berikut :

1. Jagung

Jagung bisa anda gunakan sebagai pakan alternatif. Jagung ini mengandung banyak karbohidrat dan tentunya menjadi sumber energi burung puyuh.
Untuk menggunakan jagung ini anda harus menghaluskan terlebih dahulu dan tambahkan sumber protein. Baik protein hewani maupun dari tumbuh-tumbuhan.


2. Dedak Atau Bekatul

Dedak atau bekatul juga menjadi sumber energi yang baik. Karena dalam bekatul juga mengandung karbohidrat yang cukup untuk puyuh.
Harganya yang murah membuat dedak ini banyak dipilih oleh para peternak puyuh sebagai pakan alternatif.


3. Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa juga dapat anda gunakan sebagai pakan alternatif ternak puyuh. Bungkil kelapa sangat murah dan mudah di dapat. Biasanya bisa di dapatkan di restaurant atau rumah makan. Bisa juga di pabrik roti rumahan.
Namun pemakaian bungkil kelapa ini harus anda kurangi, karena mengandung banyak minyak.

4. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai bisa menjadi sumber alternatif pakan ternak burung puyuh. Bungkil kedelai ini mengandung protein yang cukup tinggi.
Biasanya dalam penggunaan bungkil kedelai ini persentasenya mencapai 25%


5. Tepung Ikan

Salah satu sumber protein untuk pakan alternatif ternak burung puyuh. Tepung ikan memiliki sumber protein yang paling baik dibanding alternatif sumber protein lain.
Namun kelemahannya, harga dari tepung ikan ini sangat mahal.


6. Tepung Tulang

Tepung tulang juga menjadi sumber protein yang tinggi. Tepung tulang ini bisa anda pilih untuk menggantikan tepung ikan.
Kualitas dari protein juga sangat baik. Sama dengan protein dari tepung ikan.


Itulah beberapa sumber pakan alternatif yang bisa kalian pilih. Dalam memilih dan menentukan jenis pakan alternatif untuk ternak puyuh tentu harus di perhitungkan terlebih dahulu. Sehingga tidak berdampak pada penurunan produksi telur puyuh.