Usaha Ternak Yang Gampang Atau Mudah Dilakukan Tanpa Modal Banyak



Jenis-jenis usaha ternak sangat banyak. Namun tidak semua usaha ternak gampang atau mudah dijalankan. Ada beberapa ternak yang membutuhkan perlakuan atau teknik khusus. Sehingga tidak cocok untuk pemula.

Namun dibalik itu, banyak juga jenis usaha ternak yang gampang atau mudah dijalankan. Bahkan usaha tersebut tanpa modal yang banyak. Dan memiliki resiko yang tidak begitu besar.

Berikut jenis usaha ternak yang bisa dengan mudah dijalankan :



1. Ternak Cacing Tanah



Ternak cacing tanah merupakan usaha peternakan yang sangat mudah dan gampang sekali untuk dijalankan.

Mengapa ?

Karena usaha ini selain tidak membutuhkan modal yang banyak. Pakan yang dibutuhkan pun relatif lebih murah meriah dibanding usaha ternak lainnya. Karena hanya membutuhkan kotoran hewan ternak sapi maupun kambing dan juga berbagai jenis limbah dapur.

Modal yang anda butuhkan untuk ternak ini pun sangat kecil. Mungkin yang signifikan adalah dalam modal pembuatan kandang saja. Selebihnya bisa didapat secara gratisan. Bahkan bibit pun bisa didapat dengan gratis.

Untuk urusan harga jual pun cacing tanah sangat menggiurkan. Karena saat ini cacing tanah dibutuhkan sebagai obat dan juga campuran bahan kosmetik.



2. Ternak Kroto



Ternak kroto bisa anda lakukan dalam lahan sempit sekalipun. Karena ternak ini tidak membutuhkan kandang yang luas seperti usaha ternak yang lain. Anda bisa menggunakan toples bekas yang tentunya tidak terlalu mahal.

Selain itu, cara budidayanya cukup simple. Hanya memberi makanan yang cukup setiap hari. Kelebihannya, bahan makanan yang diperlukan dapat dengan mudah di temukan. Yaitu bisa ulat hongkong atau serangga lain dan juga sebagai alternatif adalah air gula.

Usaha ternak kroto pun juga sangat mudah untuk dilakukan. Karena hanya dengan modal 1 jutaan anda bisa membangun jenis usaha ini. Harga jual dari hasil panennya pun cukup menggiurkan. Coba saja bertanya pada toko pakan burung hias. Pasti harga kroto ini sangatlah mahal.



3. Ternak Jangkrik



Ternak jangkrik juga hampir sama dengan ternak kroto. Karena sama-sama dibutuhkan oleh pecinta burung hias. Selain itu, jangkrik juga biasa digunakan sebagai umpan memancing.

Cara beternak jangkrik pun tidak begitu sulit. Modal yang relatif kecil. Kandang juga demikian, bisa di kondisikan dengan tempat atau lahan. Apalagi dengan urusan pakan, tentu cukup mudah dan murah meriah. Karena bisa berasal dari limbah sayuran atau daun-daunan hijau.

Kelebihan dari ternak jangkrik adalah masa panennya yang cukup singkat. Sehingga proses perputaran modal akan sangat cepat .


Itulah referensi tentang jenis usaha ternak yang gampang atau mudah untuk dijalankan. Sebenarnya masih banyak sekali. Namun untuk proses penjualan hasil jenis usaha ternak diataslah yang sangat menguntungkan.

Yang terpenting ketika anda akan memilih usaha ternak. Usahakan bukan ternak hewan hias. Apalagi jika modal anda sedikit. Lebih baik ternak yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak perlu modal yang sangat banyak. Karena perputaran modal sangat cepat.