Budidaya Air Yang Paling Mudah Di Budidayakan Dan Menguntungkan



Budidaya air atau budidaya perikanan yang paling mudah dibudidayakan dan sangat menguntungkan sangat disarankan untuk anda yang akan memulai bisnis baru. Sebagi pemula, tentu memilih jenis usaha yang mudah sangat disarankan. Terlebih jika anda akan terjun di dunia budidaya perikanan.

Mengapa harus memilih jenis budidaya perikanan yang mudah?

Mungkin anda pernah berfikir bahwa memulai usaha budidaya perikanan sangat mudah. Dan tentunya sangat menguntungkan. Saya yakin anda sudah menghitung atau melakukan kalkulasi profit yang kemungkinan akan anda dapatkan. Namun tidak memahami betapa beresikonya usaha budidaya perikanan. Sehingga banyak sekali pemula yang gagal.
Oleh karena itu, lebih baik anda memilih jenis usaha perikanan yang mudah terlebih dahulu untuk memulai usaha yang menguntungkan. Jenis budidaya perikanan yang paling mudah untuk dibudidayakan sebagai berikut :


1. Budidaya Gurame

Budidaya gurame menjadi salah satu budidaya yang sangat menguntungkan. Selain itu, budidaya gurame tidak harus intensif. Meskipun yang paling menguntungkan jika anda menggunakan teknik budidaya yang intensif.

Selain kemudahan tersebut, gurame juga bisa dibudidayakan dengan pakan seadanya. Yaitu menggunakan pakan alternatif seperti hijau-hijauan. Meskipun hasilnya pasti tidak akan maksimal. Namun setidaknya anda bisa memulai usaha budidaya ini dengan sangat mudah dan bisa mengurangi modal awal terlebuh dahulu. Setelah memasuki hasil panen pertama, anda bisa melakukan evaluasi dan melanjutkan budidaya pada tahun berikutnya dengan resep yang sudah anda dapatkan sebelumnya.

Cara Budidaya Gurame Lengkapal Baca Disini



2. Budidaya Nila

Ikan nila merupakan salah satu ikan yang sangat digemari oleh masyarakat. Selain itu, ikan ini juga dikenal sebagai ikan yang tahan banting. Sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya ikan di kolam mati.

Dari segi pakan memang ikan nila memerlukan banyak pakan. Namun, anda bisa mencampurmya dengan pakan alternatif berupa hijauan dan juga hasil limbah lain seperti bekatul.

Ikan nila juga memiliki kelebihan lain. Yaitu dapat cepat berkembang biak. Sehingga akan lebih hemat ketika anda akan mengembangkan usaha budidaya nila. Karena tidak perlu kembali membeli bibit untuk yang kedua kalinya. Atau jika anda membeli bibit, tentu tidak sebanyak ketika pertama kali anda memulai usaha ini.



3. Budidaya Lele

Salah satu jenis budidaya peraiaran yang paling cepat panen yaitu budidaya lele. Selain menjadi budidaya perikanan yang paling cepat panen, budidaya lele juga tidak begitu membutuhkan lahan yang luas. Karena ikan ini memiliki kelebihan dapat bertahan hidup dengan kondisi air yang minim kandungan oksigen terlarut.

Namun yang menjadi kenadala dan sering menyebabkan kerugian adalah tingkat kanibalisme yang sangat tinggi. Meskipun begitu, budiaya lele ini tergolong budidaya perikanan yang mudah. Karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, jika anda bisa membuat pakan alternatif. Maka budidaya lele akan sangat menguntungkan.



4. Budidaya Ikan Hias

Merupakan salah satu budidaya perikanan yang dapat di budidayakan dilahan sempit. Budidaya ikan hias yang bisa anda coba adalah jenis cupang, koki, gupy dan ikan mas kecil lainnya. Pangsa pasar tentu toko ikan hias yang ada dipinggir jalan atau di sekitar sekolah-sekolah.

Kendala dari budidaya ikan hias yaitu sistem pemasaran yang tergolong masih tertinggal dengan jenis ikan lainnya. Namun, kelebihan dari dari budidaya ikan hias yaitu waktu dan tempat yang dibutuhkan tidak begitu banyak dan luas.



5. Budidaya Belut

Budidaya ini memang tidak semudah dengan 4 budidaya perikanan sebelumnya. Namun, budidaya belut memiliki keunggulan dalam hal pemasaran. Selain itu harga belut dipasaran sangat mahal. Dan tentu saja sangat mudah terserap oleh pasar.

Yang menjadi permasalahan dalam budidaya belut adalah persiapan media yang sedikit rumit, tingkat kematian dan pakan yang dibutuhkan. Selebihnya lancar-lancar saja.


Bagaimana ?

Tertarik?

Silahkan anda pilih jenis budidaya apa yang cocok ditempat tinggal anda. Atau bisa memilih jenis budidaya atau referensi kami melalui website ini. Silahkan anda mencari artikel yang bermanfaat untuk anda.