Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Ikan Gurame



Membuat kolam terpal untuk budidaya gurame bisa dilakukan dengan berbagai design yang menunjang pertumbuhan ikan gurame itu sendiri. Sedangkan cara pembuatan kolam terpal untuk ikan gurame ini tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan kolam terpal dengan budidaya ikan pada umumnya.

Yang menjadi dasar dan menjadi patokan untuk anda yaitu ukuran dan juga kapasitas kolam terpal yang akan dibuat. Terutama kolam terpal untuk ikan gurame ini akan sedikit membutuhkan lahan yang lebih luas.
Asalkan ikan gurame mampu berkembang dengan baik, maka design kolam terpal yang anda pilih tidak menjadi masalah. Namun anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :


1. Bahan Baku Dinding Atau Kontruksi Kolam

Ikan gurame merupakan jenis ikan dengan masa panen yang cukup lama. Oleh karena itu, anda harus menyesuaikan kekuatan kolam untuk mengatasi masalah tersebut. Tentu anda tidak ingin jika kolam anda rusak ketika ikan gurame masih dalam setengah perjalanan.

Bahan untuk kontruksi kolam yang baik harus memenuhi syarat sebagai berikut :

● Tidak mudah lapuk. Mengingat lamanya pertumbuhan ikan gurame, anda harus mempertimbangkan syarat ini.

● Tahan lama

● Mudah didapat

● Harga murah

Untuk pemilihan jenis bahan baku sebagai kontruksi kolam ikan gurame yang baik anda bisa memilih kaso atau beton. Jika anda hanya menggunakan bambu, kemungkinan besar tidak akan dapat bertahan dengan lama.


2. Jenis Terpal

Karena anda akan membududayakan gurame dengan kolam terpal. Tentu anda harus mencari jenis terpal yang cocok untuk budidaya gurame. Kemungkinan besar, ukuran luas kolam yang digunakan untuk budidaya gurame sangat luas. Sehingga anda perlu memilih jenis terpal yang tepat.

Jenis terpal yang kami sarankan yaitu jenis terpal type A12. Yang bisa anda dapatkan dengan ukuran per meter persegi.
Biasanya pada toko khusus anda bisa memesan ukuran terpal yang di inginkan.

Jenis dan harga terpal bisa anda baca Disini

Setelah kedua syarat diatas dapat anda penuhi, langkah selanjutnya anda bisa menentukan design kolam dan memulai untuk membuatnya.


Contoh design terpal dari kami



Pada gambar diatas tertera ukuran 1 x 2 meter. Karena hanya contoh, anda bisa mengubahnya sesuai ukuran yang dikehendaki.


Alat Dan Bahan :

- Kayu balok atau sejenisnya yang memiliki ukuran agak besar dan kuat (warna hijau)

- Kaso untuk dinding kolam

- Kayu

- Gergaji

- Palu dan paku serta meteran


Cara pembuatan

1. Potong bahan-bahan sesuai dengan ukuran kolam yang akan di buat

2. Buat terlebih dahulu dinding kolam dari kaso. Gunakan paku agar lebih kuat.

3. Setelah itu, pilih lokasi kolam. Ratakan tanah untuk dasar kolam.

4. Tancapkan pilar kayu bisa balok atau jenis kayu yang lain (pada gambar berwarna hijau). Jika ukuran kolam sangat luas. Usahakan setiap 1,5 meter terdapat pilar agar kontruksi kolam lebih kuat.

5. Pasang dinding dari kaso yang telah anda buat. Gunakan paku agar lebih kuat.

6. Terakhir pasang terpal sebagai alas.


Tips :
Jika tidak memiliki banyak kaso atau kayu. Anda bisa menggunakan beton sebagai dinding. Namun tanah harus digali beberapa cm agar beton yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Namun kelemahannya yaitu ketika panen akan lebih sulit dibandingkan dengan design kolam diatas.
Jangan lupa tambahkan saluran pembuangan air kolam. Seperti gambar dibawah ini.