Jenis-jenis Sayuran Yang Cocok Dibudidayakan Di Pekarangan Rumah


Banyak sekali jenis jenis sayuran yang cocok untuk dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah. Jenis-jenis sayuran yang cocok dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah biasanya adalah jenis sayuran yang mudah untuk dipasarkan dan bernilai ekonomis. Karena pangsa pasar setelah pasca panen yaitu warung-warung terdekat atau tukang sayur keliling.

Jika anda memiliki pekarangan rumah yang cukup luas atau lahan kosong di sekitar rumah. Anda bisa mencoba membudidayakan beberapa jenis sayuran yang berpotensi untuk menambah penghasilan.
Sehingga secara tidak langsung anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari usaha budidaya sayuran di pekarangan rumah.

Beberapa jenis sayuran yang cocok dibudidayakan di pekarangan rumah adalah sebagai berikut :

1. Cabe



Jenis sayuran yang cocok dibudidayakan di pekarangan rumah yaitu cabe. Cabe merupakan salah satu sayuran yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.
Karena mayoritas masakan yang pilih oleh masyarakat kita selalu memiliki rasa pedas.

Cabe selain banyak dibutuhkan oleh masyarakat, kelebihan yang lain adalah harga cabe selalu naik ketika musim hujan ataupun musim lebaran tiba.
Harga cabe pun tidak pernah murah terutama cabe rawit. Oleh karena itu, keadaan ini bisa anda manfaatkan sebagai usaha sampingan yang bisa dijalankan di rumah yaitu dengan menanam cabe.

Jika anda akan menanam cabe. Anda bisa menggunakan polibag atau media karung agar lebih mudah dalam perawatan.
Karena untuk menanam cabe di pekarangan rumah, apabila anda menanamnya langsung di tanah atau di lahan terbuka. Maka akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga lebih baik anda menggunakan polybag karung atau menggunakan teknik hidroponik sistem tetes.

2. Terong



Salah satu jenis sayuran yang cocok lainnya untuk dibudidayakan di pekarangan rumah yaitu terong. Berbeda dengan cabe, terong memiliki harga lebih murah.
Namun kelebihan dari sayuran terong ini adalah pemasarannya yang lebih mudah. Karena pangsa pasarnya juga lebih luas.

Selain itu harga terong tergolong ke dalam sayuran yang bernilai ekonomis dan semua lapisan masyarakat dapat memanfaatkan jenis sayuran ini. Namun untuk membudidayakan terong berbeda dengan membudidayakan cabe.
Terong tidak dapat dibudidayakan di media polybag, karena tidak terlalu maksimal apabila anda membudidayakannya di dalam polybag atau di dalam karung. Sebaiknya anda membudidayakan terong di lahan terbuka.

3. Bayam



Salah satu jenis sayuran yang paling mudah untuk dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah adalah bayam. Sayuran ini sangat mudah tumbuh dan berkembang biak. Selain itu tidak memerlukan perawatan khusus seperti sayuran lainnya.
Kelebihan dari sayuran bayam ini selain harganya yang murah pangsa pasarnya pun cukup luas. Semua lapisan masyarakat juga menyukai bayam. Selain rasanya yang enak, bayam juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak.

Jika anda membudidayakan sayuran bayam. Anda tidak perlu menggunakan banyak nutrisi maupun pupuk seperti jenis sayuran sayuran lainnya. Sehingga keuntungan yang didapat bisa lebih banyak.

4. Daun Singkong



Mungkin jenis sayuran ini sangat jarang dibudidayakan oleh beberapa orang. Namun sebenarnya daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak dicari dan diminati oleh masyarakat.
Selain itu daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk dibudidayakan.

Anda cukup menancapkan batang singkong di belakang rumah atau di pekarangan. Tidak perlu memberikan pupuk apapun. Dengan cara ini daun singkong sudah dapat anda panen setiap 1 minggu sekali.

5. Daun kemangi



Daun kemangi juga sangat mudah untuk dibudidayakan, terutama di sekitar pekarangan rumah. Selain itu jenis sayuran ini tidak membutuhkan pupuk seperti sayuran-sayuran lainnya dan juga bisa ditanam di lahan terbuka ataupun menggunakan media polibek.

Namun sedikit kendala yang harus anda hadapi yaitu pemasaran yang tergolong lumayan sulit.
Karena jenis sayuran ini hanya dibutuhkan oleh beberapa warung yang menjual pecel lele atau warung makan lainnya. Sehingga anda perlu mencari beberapa warung untuk memasarkan hasil panen sayuran ini.

Contoh di atas merupakan sebagian kecil dari jenis-jenis sayuran yang cocok dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah. Karena masih banyak sekali jenis jenis sayuran yang cocok untuk dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah. Seperti selada, kangkung, sawi dan yang lainnya.
Namun jenis-jenis sayuran tersebut tentu membutuhkan lahan terbuka. Sehingga anda perlu mengolah tanah yang akan di jadikan sebagai media tanam terlebih dahulu.

Jika anda akan membudidayakan sayuran di sekitar pekarangan rumah, rekomendasi dari kami yaitu jenis sayuran dan singkong dan bayam. Karena dua jenis sayuran tersebut sangat mudah dibudidayakan tanpa memerlukan perawatan khusus, Selain itu proses pemasaran nya juga cukup mudah.