Cara Ternak Manggot Skala Bisnis Yang Menguntungkan


Ternak manggot untuk skala bisnis tentu yang diharapkan adalah hasil.yang maksimal. Sehingga keuntungan yang di dapatkan pun juga akan maksimal. Dengan perawatan yang intensif dan sesuai prosedur.

Untuk memulai usaha ternak manggot skala bisnis. Banyak hal yang harus anda lakukan agar usaha ternak manggot yang akan di mulai dapat berjalan dengan lancar dan menuai kesuksesan.
Untuk saran sebaiknya anda mencoba terlebih dahulu cara ternak manggot untuk pemula yang menggunakan media serta penampungan manggot seadanya. Setelah berhasil, selanjutnya anda bisa memulai dalam tahap ini. Namun tidak ada salahnya jika anda menginginkan untuk langsung memulai ternak manggot dalam skala bisnis.

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk memulai ternak manggot skala bisnis :

1. Siapkan Peralatan
Perlatan untuk ternak manggot skala bisnis tidak jauh berbeda dengan ternak manggot skala rumahan. Perbedaannya adalah kuantitas dan juga ada beberapa sedikit bahan tambahan untuk ternak manggot skala bisnis ini.

Berikut ini beberapa peralatan dan bahan yang harus anda siapkan. Termasuk media untuk tempat berkembang manggot.

● Ampas Tahu

● Kotoran Ternak

● Probiotik

● Kolam Sebagai Wadah

Alat dan bahan diatas sudah cukuo untuk memulai ternak manggot skala bisnis. Beberapa alat bantu seperti skop untuk mencampur bahan-bahan diatas memang sengaja tidak di tulis. Karena pasti anda sudah mengerti bukan alat bantu apa saja yang dibutuhkan ketika memulai ternak manggot ?

2. Persiapan Kandang Tempat Hidup Manggot

Setelah semua alat dan bahan untuk ternak manggot tersedia. Lamgkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat kandang sebagai tempat hidup atau tempa manggot berkembang.

Karena yang dibahas disini adalam ternak manggot skala bisnis. Maka usahakan anda membuat kandang manggot yang cukup besar. Anda bisa menggunakan kolam sebagai kandang manggot. Namun akan lebih praktis apabila anda menggunakan drum sebagai kandang.

Yang terpenting, kolam memenuhi syarat sebagai berikut :

1. Kolam tidak bocor

2. Berada di daerah yang lembab

3. Aman dari hewan pengganggu

4. Mudah dalam proses panen

5. Cukup menampung media dalam jumlah banyak

Sebagai saran, sebaiknya anda menggunakan drum sebagai kandang manggot. Karena lebih mudah untuk dipindah. Sehingga ketika lahan yang anda gunakan akan dialih fungsi tidak terjadi masalah.

2. Persiapan Media
Media yang akan digunakan untuk ternak manggot tidak begitu sulit. Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat media untuk ternak manggot ?
Apakah sulit atau tidak ?

Media untuk ternak manggot skala bisnis tentu sedikit berbeda dengan ternak manggot skala rumahan. Perbedaan ini biasanya pada bahan tambahan yang di gunakan untuk mengatasi masalah bau yang sering terjadi.

Berikut ini cara mempersiapkan media ternak manggot skala bisnis :

● Siapkan drum sebagai tempat hidup manggot

● Siapkan media ampas tahu 60kg dan kotoran hewan 30kg

● Terlebih dahulu masukkan ampas tahu ke dalam drum, lalu tambahkan air bersih secukupnya

● Setelah itu, tambahkan kotoran ternak. Usahakan kotoran ternak dalam keadaan halus dan kering.

● Setelah itu tempatkan dalam tempat yang lembab. Atau anda bisa menggunakan daun kering untuk membuat media menjadi lembab.

● Tutup tong dengan kawat untuk menghindari pemangsa

Untuk memperbanyak manggot, sebaiknya anda menambahkan bungkil kelapa sawit atau Palm Kernel Meal (PKM) ke dalam media. Tambahkan PKM halus sebanyak 3 kg yang telah dicampur dengan 6 liter air bersih.

3. Proses Kembang Biak Manggot

Setelah semua proses diatas selesai. Tentu proses yang terakhir adalah menunggu masa panen manggot. Namun anda perlu mengetahui proses menuju tahap panen ternak manggot.

Setelah media di letakkan pada tempat yang ideal. Lalat hitam atau jenis soldier fly akan menghinggapi media yang telah anda siapkan. Lalat tersebut akan meletakkan telur berwarna kekuningan. Yang biasanya di letakkan di antara celah-celah atau pada tumpukan substrat.

Jika telur sudah diletakkan, biasanya berubah menjadi larva dan manggot memakan waktu 7 hari. Atau 2 minggu sejak pertama pembuatan media.

4. Panen
Proses panen pada manggot dapat dilakukan dengan tangan kosong. Namun akan lebih mudah jika anda memisahkan manggot dan media menggunakan air mengalir.

Setelah selesai, manggot bisa langsung digunakan untuk pakan ikan atau disimpan dalam freezer agar lebih tahan lama. Biasanya dalam 100 kg media akan menghasilkan 60 - 70 kg manggot siap panen.

Terkait Dengan Manggot :
  1. Cara Mudah Ternak Manggot Media Bekatul Untuk Pemula
  2. Media Yang Bisa Digunakan Untuk Ternak Manggot
  3. Cara Ternak Manggot Atau Belatung Untuk Alternatif Pakan Ikan
Itulah cara ternak manggot dalam skala bisnis. Mungkin ada beberapa media yang lebih baik dari cara diatas. Karena untuk probiotik sendiri para peternak menggunakan jenis probiotik yang berbeda-beda. Sehingga tergantung anda.