Cara Investasi Emas Yang Dapat Anda Pilih


Cara investasi emas sangat beragam, banyak sekali masyarakat yang memiliki cara tersendiri. Namun tetap saja, tujuan dari investasi tersebut hanya satu. Yaitu untuk mengamankan asset atau investasi masa depan.

Tentu sudah tidak asing lagi bahwa emas merupakan pilihan investasi yang sangat tepat. Selain karena mudah, sifat emas yang tahan terhadap inflansi menjadi alasan utama para investor.

Untuk anda yang akan investasi emas. Terdapat beberapa cara investasi emas yang mungkin cocok untuk di gunakan. Berikut ini beberapa cara investasi emas yang dapat anda pilih :

1. Beli Dan Simpan

Cari investasi emas yang satu ini merupakan cara lama dan masih di gunakan oleh banyak orang.
Jika anda memiliki uang lebih dan berniat untuk investasi, sebaiknya gunakan cara ini. Yaitu dengan cara pergi ke toko emas, pegadaian atau langsung ke butik antam untuk mendapatkan emas sebagai instrumen investasi.

Kelebihan dari cara investasi emas ini yaitu cepat, simple dan mudah. Karena investor hanya perlu datang ke toko emas, membeli emas lalu menyimpannya.
Namun jika anda tidak memiliki uang yang lebih tentu tidak dapat menggunakan cara ini.

Kekurangan dari cara investasi emas beli dan simpan yaitu tingkat keamanan yang rendah. Apabila anda membeli dalam jumlah banyak, tentu akan sangat riskan bila disimpan di rumah. Ketika terjadi perampokan tentu emas tersebut akan ludes. Mungkin kendala ini dapat anda atasi dengan cara menyewa tempat penyimpanan di lembaga-lembaga keuangan seperti bank. Atau bisa juga menggunakan jasa pegadaian. Namun akan membutuhkan biaya tambahan.

2. Menabung Emas

Untuk berinvestasi emas, sekarang anda tidak perlu lagi bingung memikirkan cara untuk memulainya.
Anda tidak punya uang ?
Sekarang bisa menabung emas.

Tabungan emas ini seperti jenis tabungan biasanya. Anda cukup menyetor uang dengan jumlah minimal. Biasanya tidak lebih dari Rp 10.000,- per setoran.
Uang tersebut akan anda tabung dalam bentuk emas. Yang artinya uang tersebut akan di konversikan ke dalam emas dengan acuan harga saat itu pula. Sehingga bisa dibilang anda membeli emas dengan uang yang seadanya.

Menabung emas merupakan cara yang tepat untuk memulai investasi emas. Karena tidak memberatkan dan juga sifatnya fleksibel. Anda bisa menjual emas tersebut kapan saja.

Beberapa tempat yang dapat digunakan untuk menabung emas antara lain Pegadaian, Tamasia, Bukalapak, dan Tokopedia.


3. Kredit Emas

Cara investasi emas yang lainnya yaitu dengan cara kredit emas. Anda bisa menggunakan cara ini apabila memiliki penghasilan tetap setiap bulanya. Sehingga penghasilan tersebut tidak habis untuk kebutuhan hidup.

Kredit emas sangat tepat untuk anda yang menginginkan investasi dengan tertarget. Karena sifatnya memaksa. Meskipun kelemahan dari cara ini yaitu anda harus mengeluarkan biaya lebih mahal. Tapi setidaknya anda dapat memiliki emas dengan jumlah sesuai target yang telah anda inginkan.

Tempat untuk kredit emas yang di rekomendasikan yaitu Pegadaian, Tamasia, Bukalapak dan Tokopedia.

4. Arisan Emas

Bagi ibu-ibu yang senang arisan. Mungkin akan lebi baik bila melakukan arisan dalam bentuk logam mulia. Karena selain dapat membeli emas dalam jumlah banyak, cara ini juga akan berguna untuk masa depan.

Cara ini hampir mirip kredit. Tapi lebih mudah karena tidak ada uang muka dan juga paksaan. Meskipun sebenarnya juga dipaksa.

Untuk arisan emas bisa menggunakan cara manual seperti arisan biasanya dan juga bisa melalui pegadaian. Karena pegadaian juga memiliki program arisan emas yang bernama Mulia Arisan.

5. Trading

Trading emas bisa menjadi pilihan terkahir. Namun cara ini tidak di rekomendasikan. Karena trading emas memiki resiko kerugian yang cukup besar. Meskipun begitu, banyak yang melakukan cara ini untuk meningkatkan nilai investasi emas miliknya.

Itulah beberapa cara untuk investasi emas. Semua cara tersebut bertujuan sama, yaitu untuk meningkatkan investasi emas yang akan dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa emas merupakan salah satu jenis investasi yang cocok untuk jangka panjang. Meskipun tidak akan mendapatkan keuntungan, namun anda akan mendapatkan pengamanan asset. Sehingga menjaga harta anda untuk masa depan.