Ide Usaha Yang Menguntungkan Di Bulan Ramadhan


Usaha yang menguntungkan di bulan ramadhan sangat banyak. Karena sejatinya di bulan ramadhan kebutuhan masyarakat meningkat. Dan juga lebih sering membeli makanan di bandingkan dengan hari-hari biasa. Sehingga anda tidak perlu pusing untuk mencari ide usaha yang menguntungkan.

Ada banyak sekali usaha yang menguntungkan ketika bulan ramadhan. Namun waktu yang mungkin bisa anda manfaatkan memang tidak lama. Kurang lebih hanya selama 30 hari atau 1 bulan saja.

Berikut ini ide usaha yang menguntungkan di bulan ramadhan :

1. Usaha Jualan Es Dugan

Usaha jualan es dugan akan meningkat pesat pada saat bulan ramadhan. Karena masyarakat yang sedang emnjalankan ibadah puasa biasanya menginginkan minuman segar dan alami untuk berbuka puasa.

Anda bisa melihat di pinggir-pinggir jalan. Pada saat bulan ramadhan tiba, tentu banyak sekali penjual es dugan yang membuka usahanya. Meskipun jumlahnya banyak, namun terlihat di setiap penjual tetap memiliki pembeli.


2. Usaha Es Campur Dan Es Buah

Usaha yang tak kalah menarik di bulan puasa yaitu usaha jualan es campur dan es buah. Biasanya seorang penjual es campur juga menjual es buah. Begitupun sebaliknya.

Es campur dan es buah juga menjadi favorit masyarakat di bulan puasa. Anda bisa mengambil peluang ino dengan memanfaatkan pasar sore atau membuka gerai es campur atau es buah di pinggir jalan secara sederhana.

3. Takjil

Ketika bulan ramadhan, takjil juga sangat di minati oleh masyarakat. Karena banyak sekali masyarakat yang menyajikan menu takjil terlebih dahulu saat berbuka puasa.
Jika anda akan membuka usaha ini, tentu harus memiliki keahlian dan kreativitas untuk membuat takjil yang di minati oleh masyarakat.

4. Makanan Untuk Berbuka

Selain takjil dan es, biasanya mesayarakat juga sering membeli lauk untuk berbuka. Lauk ini bisa berupa sate, ikan bakar dan lain-lain.
Mungkin usaha ini akan membutuhkan sedikit modal dan tenaga. Namun tidak ada salahnya anda memilih jenis usaha ini.

5. Buka Gerai Baju

Selain makanan, masyarakat juga antusias untuk membeli baju. Tidak harus menunggu waktu lebaran. Karena masyarakat sering membeli baju muslim jauh-jauh hari sebelum bulan ramadhan. Hal ini mereka lakukan untuk mengantisipasi harga yang mahal.
Untuk itu, anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mengisi waktu ramadhan.


6. Usaha Kue Lebaran

Ketika lebaran tentu semua masyarakat yang beragama Islam menyajikan kue kerabat atau tetangga yang berkunjung. Moment ini dapat anda ambil sebagai peluang usaha. Anda bisa menyediakan kue untuk lebaran. Silahkan tawarkan kue tersebut sejak awal puasa. Bisa juga menggunakan sistem kredit agar banyak yang tertarik.


7. Usaha Kartau Angpao Lebaran

Lebaran tidak hanya kue dan baju. Tetapi juga angpao. Anda bisa membuat angpao unik untuk lebaran. Dengan kreativitas anda bisa mendapatkan tambahan uang untuk lebaran.

Itulah ide usaha yang mungkin bisa membantu anda untuk memulai mengisi waktu ramadhan. Silahkan anda mulai menyiapkan untuk menyambut bulan ramadhan. Karena hampir semua dagangan akan laku di bulan ramadhan.