Ciri-Ciri Fisik Ikan Cupang Aduan Yang Berkualitas




Ikan cupang aduan yang berkualitas tentu sangat di inginkan oleh banyak orang. Karena ikan cupang aduan yang berkualitas memiliki kesempatan menang dalam laga lebih besar.

Biasanya para pemilik ikan cupang aduan membelinya pada pembudidaya atau penjual ikan cupang. Setelah itu melatihnya sendiri sampai ikan cupang tersebut siap untuk di adu.

Namun sebelum melatihnya, tentu ikan cupang aduan yang di pilih harus berkualitas. Untuk itu, berikut ini ciri-ciri fisik ikan cupang aduan yang berkualitas :


1. Agresif Dan Memiliki Mental Juara

Salah satu ciri-ciri ikan cupang aduan yang berkualitas meskipun belum di latih adalah sangat agresif. Ini terlihat ketika ikan cupang melihat musuh. Biasanya langsung mengembangkan siripnya.
Untuk mental juara sendiri bisa dilatih sendiri.


2. Full Pressed Body 

Maksud dari Full Pressed Body yaitu memiliki tubuh yang ramping. Ikan cupang yang memiliki tubuh ramping akan lebih lincah dan gesit. Sehingga sangat mudah untuk bergerak cepat dan menghindar dari serangan lawan.

Selain itu, perhatikan pada bagian perut ikan. Jika terdapat cekungan halus maka ikan tersebut adalah ikan cupang aduan yang berkualitas.


3. Memiliki Gigi Yang Tajam 

Gigi yang tajam sangat bermanfaat untuk ikan cupang. Dengan gigi yang tajam tersebut, ikan cupang aduan akan sangat kuat saat bertarung. Terutama sebagai senjata untuk merobek tubuh lawannya.

Untuk melihat gigi ikan cupang bisa melihat bibirnya. Jika terdapat bintik-bintik kecil di bagian bibir bawah ikan cupang, maka ikan cupang tersebut memiliki gigi-gigi yang tajam.

Anda juga bisa menggunakan plastik untuk mempermudah langkah pengecekan. Silahkan masukan ikan cupang kedalam plastik. Lalu dekatkan dengan cermin agar ikan cupang galak atau marah. Biarkan ikan cupang mematuk plastik tersebut. Jika plastik bocor maka ikan cupang aduan tersebut memiliki gigi yang kuat dan tajam.



4. Sisik Yang Kuat 

Sisik yang kuat sangat berguna untuk cupang aduan. Sisik ini berfungsi sebagai perisai atau alat pertahanan diri untuk ikan cupang tersebut.

Ciri-ciri ikan cupang aduan yang berkualitas mempunyai bentuk sisik yang tersusun rapi dengan ukuran kecil-kecil.


5. Sirip Ekor 

Sirip ekor ini sebenarnya tidak berpengarung pada saat cupang aduan bertarung. Hanya saja sirip ekor ini menandakan sehat atau tidak ikan cupang tersebut.

Sirip ikan cupang aduan yang berkualitas adalah rapi, ridak renggang dan tidak terlalu besar. Karena jika renggang dan besar akan membuat ikan cupang terjangkit penyakit jamur.

6. Bentuk Dahi 

Bentuk dahi ikan cupang aduan yang berkualitas juga memiliki ciri-ciri khusus. Yaitu mirip seperti bentuk dahi ikan arwana. Monyong dan tebal.

Selain itu, bibir ikan cupang aduan yang berkualitas juga memiliki ciri-ciri khusus. Bibir atau tepatnya ring bibir ikan cupang aduan yang berkualitas lebih tebal. Hal ini menunjukkan ikan cupang ini mempunyai gigi yang tajam dan kuat.
Itulah ciri-ciri ikan cupang aduan yang berkualitas. Sebelum melatih ikan cupang aduan tentu harus memilih ikan cupang aduan yang berkualitas terlebih dahulu. Oleh karena itu, ciri-ciri fisik ikan cupang aduan yang berkualitas ini sangat penting untuk anda.