Inilah Bisnis Ternak Yang Tidak Ada Ruginya


Bisnis Ternak Yang Tidak Ada Ruginya 

Mencari bisnis ternak yang tidak ada ruginya itu lumayan sulit. Karena hampir semua bisnis baik itu peternakan, perikanan, agrikultur dan lain sebagainya tentu memiliki resiko kerugian.

Begitupun juga dengan bisnis ternak. Bisnis ini memiliki resiko kerugian seperti bisnis lainnya. Karena bisa saja ternak mati mendadak. Atau harga ternak yang anjlok dan lain sebagainya.

Namun ada beberapa bisnis ternak yang memiliki tingkat kerugian sangat kecil atau minim. Namun bukan berarti tanpa rugi. Karena tidak ada bisnis ternak yang tidak ada ruginya. Semua bisnis tentu saja memiliki resiko kerugian.

Berikut ini beberapa usaha ternak yang memiliki resiko kerugian cukup kecil dan bisa dicoba oleh peternak yang menghindari resiko kerugian :

1. Ternak Sapi 

Ternak sapi

Usaha ternak yang minim akan resiko kerugiannya yaitu ternak sapi. Ternak sapi masuk kedalam golongan usaha ternak yang memiliki resiko kerguian cukup kecil karena sapi jarang sekali mengalami kematian. Tidak seperti ternak unggas yang sering terserang flu burung.

Terlebih lagi apabila ternak sapi pedaging. Biasanya para peternak selalu mendapatkan keuntungan. Bisa dilihat harga daging sapi sangat mahal. Apalagi ketika memasuki hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Harga daging sapi maupun hewan sapi itu sendiri akan mengalami kenaikan yang cuku signifikan.

2. Ternak Kambing 

Ternak kambing 

Ternak kambing juga bisa menjadi pilihan ketika ingin terjun ke dunia peternakan namun takut dengan resiko kerugian. Karena ternak kambing ini akan selalu memberikan keuntungan. Terlebih jika memiliki lahan yang bisa ditanami rumput untuk bahan pakan kambing itu sendiri.

Salah satu faktor yang membuat ternak kambing sangat minim resiko adalah daya tahan atau persentase hidup kambing tersebut. Karena persentase kemungkinan kambing mengalami kematian hanya sedikit.

Untuk harga kambing sendiri bisa dibilang cukup mahal. Harga daging kambing selalu menyentuh Rp 100.000,-
Selain itu, harga kambing sendiri akan mahal jika memasuki hari raya Idul Adha. Dan permintaan dari konsumen biasanya juga akan meningkat drastis.

3. Ternak Entok 

Ternak entok

Salah satu peternakan unggas yang memiliki resiko kerugian sangat minim selanjutnya yaitu entok. Karena jenis unggas ini sangat tahan terhadap virus yang biasa menyerang unggas jenis lainnya.

Harga entok juga cukup mahal. Penyebabnya yaitu banyak sekali masyarakat yang menyukai daging entok. Hal inilah yang membuat ternak entok juga cukup menguntungkan.

Selain sangat minim resiko, kelebihan lain dari ternak entok yaitu penggunaan pakan yang digunakan. Entok terkenal dengan salah satu hewan pemakan segala. Sifat inilah yang dapat memudahkan peternak untuk memelihara entok dalam.jumlah yang banyak.


4.  Ternak Kerbau 

Ternak kerbau

Ternak kerbau juga sama dengan ternak sapi. Ternak ini menjadi salah satu usaha ternak yang hampir tidak ada ruginya. Atau bisa disebut sebagai usaha ternak yang resikonya kecil.

Hanya saja keuntungan ternak kerbau tidak lebih besar dari ternak sapi. Karena pemasaran kerbau lebih sulit dibandingkan dengan sapi.

Tetapi usaha ternak kerbau masih bisa memberikan keuntungan. Dan ternak kerbau juga sangat cocok untuk perternak yang menginginkan usaha ternak dengan resiko kerugian kecil.

Dalam menjalankan usaha peternakan diatas, jika tujuan awalnya adalah untuk penggemukan. Sebaiknya pilih hewan ternak yang berjenis kelamin jantan. Karena akan lebih cepat gemuk dan juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan hewan ternak berjenis kelamin betina.

Itulah beberapa referensi usaha ternak yang minim resiko. Semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat untuk semuanya.