Lebih Menguntungkan Ikan Mas Atau Ikan Lele


 Ikan Mas Atau Ikan Lele ??

Dalam sebuah budidaya tentu semua orang akan mencari jenis budidaya yang menguntungkan. Karena tujuan utama sebuah bisnis adalah profit semaksimal mungkin.

Dilema banyak dirasakan oleh pelaku budidaya perikanan. Mereka bingung untuk  memilih jenis perikanan yang akan di budidayakan. Seperti kasus pemilihan ikan mas atau ikan lele. Terkadang seorang pemula masih bertanya-tanya lebih untung budidaya ikan mas atau lele. Padahal jawabannya tergantung kerja keras individunya.

Karena pada dasaranya prinsip kedua usaha tersebut sama-sama menguntungkan. hanya saja ketika dilihat dari berbagai sudut pandang tentu salah satu dari kedua jenis ikan tersebut baik ikan mas atau ikan lele akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tetapi keduanya akan tetap.memberikan hasil yang terbaik jika dikelola dengan benar. Sehingga tidak perlu ragu untuk memilih kedua jenis ikan ini.

Untuk mengetahui lebih menguntunkan ikan mas atau ikan lele, berikut ini review terhadap kedua jenis ikan tersebut yang dilihat dari beberapa aspek pokok dalam membudidayakan ikan mas maupun ikan lele.

Lebih untung ikan mas atau ikan lele?
Berikut ulasan lengkapnya :

1. Ukuran Kolam 

Kolam ikan 

Ketika akan membudidayakan ikan jenis apapun, tentu saja akan membutuhkan kolam sebagai media pembesaran ikan tersebut. Sehingga kolam ini sebagai aspek yang sangat penting. Dan kolam juga membutuhkan lahan yang tidak sedikit untuk pembuatannya.

Untuk kedua jenis budidaya ikan mas dan ikan lele, perbedaan kebutuhan kolam sangat menonjol.

Untuk budidaya lele kolam yang dibutuhkan tidak begitu luas. Dan bahkan bisa dengan kolam bioflok yang mampu menampung ribuan ekor lele. Padat tebar ikan lele juga cukup tinggi, yaitu mampu menampung 250 - 400 ekor per meter persegi untuk kolam konvensional dan 500 - 1.000 ekor untuk kolam bioflok.

Sedangkan untuk budidaya ikan mas, kebutuhan kolam tentu saja jauh lebih luas dibandingkan dengan kebutuhan kolam dari ikan lele. Sementara padat tebar yang dianjurkan untuk budidaya ikan mas yaitu sebesar 3 - 6 ekor per meter persegi. Atau maksimal 10 ekor saja, itupun dengan perawatan yang intensif.

Jadi, untuk kebutuhan kolam dari keduan jenis budidaya ikan tersebut ikan lele akan lebih menguntungkan bila pembudidaya tidak memiliki lahan yang begitu luas.

2. Kualitas Air 

Kualitas air 

Kualitas air juga sangat menentukan keberhasilan dari kedua jenis budidaya ikan ini. Baik ikan mas atau ikan lele memerlukan kualitas air yang cukup baik agar dapat berkembang dengan maksimal.

Namun ikan lele jauh lebih unggul, karena ikan ini mampu bertahan hidup dengan kondisi air yang kurang baik. Meskipun minim oksigen sekalipun.

Untuk ikan mas sendiri tentu saja syarat akan kualitas yang prima. Karena ikan ini lebih rentan terhadap kematian apabila tidak memiliki tempat hidup yang layak. Seperti pasokan oksigen terlarut dan juga kedalaman serta ph air.

3. Pakan 

Pakan ikan 

Untuk masalah pakan kedua jenis ikan ini sama-sama membutuhkan kualitas pakan yang prima. Semakin berkualitas pakan yang digunakan, kedua jenia ikan ini akan memberikan pertumbuhan yang sama baiknya.

Hanya saja untuk ikan mas bisa menggunakan pakan buatan sendiri. Karena sifat ikan mas yang suka makan di dasar air lebih memudahkan untuk pemberian pakan tenggelam. Dan lebih menguntungkan lagi, pakan tenggelam memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan pakan apung.


4. Perawatan 

Sortir lele

Jika dilihat dari perawatan, kedua ikan ini masing-masing memiliki kelemahan. Sehingga bisa dipertimbangkan untuk menentukan ikan mas atau ikan lele yang menjadi pilihan terbaiknya.

Untuk ikan lele perawatan bisa dibilang cukup mudah. Tetapi ada beberapa keslahaan yang biasanya dilakukan oleh beberapa pembudidaya. Yaitu pada proses sortir. Padahal proses ini sangat wajib untuk dilakukan pada budidaya lele.
Karena sifat buruk lele adalah memiliki sifat kanibalisme yang sangat tinggi. Dan inilah yang menjadi kelemahan utama pada budidaya ikan lele.

Sementara untuk ikan mas, sifat kanibalisme hampir tidak ada. Tetapi kontrol terhadap kualitas air perlu dilakukan agar ikan mas dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.


5. Masa Panen Dan Pemasaran 

Panen ikan

Perbandingan ikan lele dan ikan mas yang terkahir adalah masa panen dan pemasaran.

Jelas pada masa panen ikan lele akan lebih unggul. Karena ikan lele merupakan salah satu ikan konsumsi yang memiliki masa panen tercepat. Hanya butuh 4 bulan saja ikan lele sudah dapat dipanen. Bahkan ada yang hanya 3 bulan saja.
Tidak seperti ikan mas yang membutunkan waktu sekitar 6 bulan agar dapat dipanen sesuai berat yang diinginkan oleh pembudidaya.

Sementara untuk pemasaran keduanya sama-sama memiliki potensi yang cukup baik dipasaran atau di kalangan masyarakat. Karena hampir disetiap rumah makan akan menyediakan menu dari kedua jenis ikan ini.

Secara keseluruhan dari review diatas keduanya sangat menguntungkan. Tetap jika untuk menentukan lebih untung ikan mas atau ikan lele, maka berdasarkan analisa diatas ikan lele jauh lebih unggul.

Sebenarnya keduanya sama-sama memiliki potensi. Hanya saja untuk ikan lele bisa di budidayakan dengan lahan yang minim dan juga modal yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan ikan mas. Atas dasar itulah ikan lele lebih menguntungkan dibandingkan dengan ikan mas.