Cara Memilih Bibit Ikan Nila Yang Cepat Besar Dan Cepat Panen


Cara Memilih Bibit Ikan Nila 

Sebagai seorang pembudidaya ikan nila, memilih bibit ikan nila yang cepat besar tentu sangat di prioritaskan dan sangatlah penting. Semakin cepat pertumbuhan ikan nila akan semakin cepat panen. Dan semakin ikan nila yang dipelihara cepat panen maka juga akan semakin cepat mendapatkan keuntungan.

Memilih jenis bibit ikan nila yang cepat besar dan cepat panen tentunya tidaklah mudah. Dan langkah ini bisa dibilang gampang-gampang sulit. Karena ketika kita bertanya kepada penjual atau penyedia bibit ikan nila. Tentu mereka akan mengatakan bahwa bibit ikan nila yang mereka jual adalah bibit ikan nila yang cepat besar dan berkualitas. Sehingga sangat diperlukan kejelian dalam memilih bibit ikan nila.

Sebagai catatan dan perlu dipahami oleh para pembudidaya ikan nila, langkah dalam membeli bibit ikan nila itu sendiri sebaiknya memilih jenis monosex. Bibit ikan nila monosex diyakini akan lebih cepat besar.

Monosex disini berarti berkelamin sama. Dan jenis kelamin ikan nila yang dimaksud adalah jenis kelamin jantan. Ikan nila jantan akan lebih mudah besar dibandingkan dengan ikan nila betina. Karena ikan nila jantan tidak berkembang biak seperti ikan nila betina.

Perlu diketahui oleh pembudidaya ikan nila bahwa banyak sekali jenis benih ikan nila unggul yang baik untuk dibudidayakan. Diantaranya ikan nila gesti, ikan nila arwana, ikan nila best, ikan nila janti, ikan nila super dan masih banyak strain-strain lainnya yang layak untuk di budidayakan.

Balik lagi ke pemilihan benih ikan nila yang berkualitas. Secara garis besar, tips untuk memilih benih ikan yang cepat besar sebagai berikut :


1. Pilih Jenis Ikan Nila 

Jenis atau strain ikan nila sangat penting. Karena setiap strain tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sehingga perlu kecermatan.

Namun disarankan untuk memilih jenis ikan nila merah super. Ikan nila merah super sangat banyak dibudidayakan karena ikan nila jenis ini lebih disukai oleh konsumen.

Selain itu, ikan nila merah super juga memiliki pertumbuhan yang sangat baik dan tergolong ke dalam jenis ikan nila yang memiliki pertumbuhan relatif cepat dibandingnkan jenis nila lainnya.

2. Karakteristik dan Ukuran Benih 

Pada saat pemilihan bibit ikan nila.atau benih ikan nila yang berkualitas. Sebaiknya dilakukan secara cermat. Ikan nila yang sehat memiliki pergerakan lincah dan tidak memiliki cacat bawaan lahir.

Sedangkan untuk memilih ukuran ikan nila, pilihlah ukuran benih ikan nila yang besar-besar. Ukuran besarnya memang tidak pasti, karena biasanya benih ikan nila dijual per kilogram. Sehingga kita dapat memilih ukuran benih ikan nila yang akan di beli.

Dalam keseluruhan, agar ikan nila yang dipelihara cepat besar. Banyak sekali aspek yang harus di perhatikan oleh pembudidaya ikan nila tersebut. Karena sebaik apapun benih ikan nila yang digunakan, apabila tempat hidup dan faktor lain untuk tempat ikan nila tumbuh dan berkembang tidak terpenuhi dengan baik. Maka ikan nila yang dipelihara juga tidak akan memberikan pertumbuhan yang baik atau maksimal.