Jenis Burung Kicau Yang Mudah Untuk Di Ternak

Burung Kicau Yang Mudah Di Ternak 

Banyak sekali penggemar burung kicau di negara kita. Selain itu juga banyak kontes burung kicau setiap tahunnya. Sehingga tidak heran apabila minat masyarakat untuk membeli dan memelihara berbagai aneka jenis burung kicau semakin bertambah.

Kejadian ini tentu saja dapat kita manfaatkan sebagai ladang penghasilan atau sebagai peluang usaha baru. Dengan membuka usaha ternak burung kicau, bukanlah hal yang tidak mungkin untuk mengantarkan kita menjadi pengusaha sukses.

Salah satu langkah awal apabila kita akan terjun pada dunia baru yaitu mencari jalan yang paling mudah. Termasuk juga pada usaha ternak burung kicau. Sebaiknya kita memilih jenis burung kicau yang mudah untuk di ternak.

Ini bukan tanpa alasan. Memilih jenis burung kicau yang mudah diternak yaitu agar kita mampu mengembangkan usaha ternak burug kicau dengan cepat. Selain itu juga untuk menghindari resiko kerugian yang siap menghadang kapan saja. Dan yang terpenting burung tersebut mudah dalam berkembang biak.

Jika anda akan mencoba memulai usaha ternak burung kicau. Berikut ini daftar jenis burung kicau yang mudah untuk di ternak. Mulai dari perawatannya hingga perkembangbiakannya.

1. Love Bird 

Love bird

Siapa sih yang tak kenal dengan burung ini ?
Burung love bird sudah sangat kondang di kalangan pecinta burung kicau di indonesia. Selain suaranya, burung ini juga memiliki corak warna yang sangat cantik.

Burung love bird juga sangat mudah di kembang biakkan. Bahkan tanpa harus melakukan perawatan yang intensif pun burung ini mampu berkembang biak dengan cepat. Tentu sifat ini sangat cocok untuk anda yang sedang mencari jenis burung kicau yang mudah untuk diternak.

2. Burung Kenari

Burung kenari

Burung dengan ukuran tubuh yang kecil ini memiliki suara yang sangat merdu dan banyak variasinya. Selain itu, warna dari burung kenari juga sangat indah. Tidak heran jika banyak pecinta burung kicau yang memelihara burung ini.

Selain kelebihan diatas, burung kenari juga memiliki keunggulan lain. Yaitu mudah dalam perawatannya. Karena inilah hampir semua pecinta burung kicau pernah memelihara kenari.

Tentu saja kelebihan burung kenari yang mudah dalam perawatannya ini sangat menguntungkan untuk anda yang akan mencoba usaha ternak burung kicau.


3. Burung Pleci

Burung Pleci

Burung ini disebut sebagai burung kacamata. Karena matanya yang seoalah-olah sedang memakai kacamata. Burung kecil yang memiliki warna hijau lumut dan kuning ini juga memiliki lantunan suara yang sangat merdu.

Selain itu, burung ini juga dikenal sebagai salah satu burung kicau yang mudah untuk diternak. Sehingga anda bisa mencobanya untuk memulai usaha ternak burung kicau dirumah.


4. Burung Murai Batu

Burung Murain Batu

Ini merupakan salah satu burung yang sangat digemari dan dicari oleh para kalangan pecinta burung kicau di Indonesia. Meskipun harganya mahal, tetapi tetap saja permintaan pasar burung ini sangatlah tinggi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa ditempat penangkaran burung murai baru sempat kuwalahan menghadapi permintaan pasar yang terus meningkat.

Tentu ini menjadi usaha yang memiliki prospek baik bagi anda yang akan mencoba usaha ternak burung kicau. Karena pasar sudah membutuhkan, jadi nilai plusnya anda tidak perlu banyak promosi untuk memasarkan burung ini.

Namun banyak yang mengatakan bahwa ternak burung ini perlu perawatan yang intensif. Tetapi itu tidak perlu anda khawatirkan. Solusinya silahkan anda magang atau belajar melalui forum atau grup burung kicau di media sosial. Dan pelajari karakteristik burung murai batu terlebih dahulu.


5. Burung Anis Kembang

Burung Anis Kembang

Burung jenis ini juga cukup menjanjikan. Meskipun secara ekonomis burung ini tidak lebih mahal dibandingkan dengan murai batu. Tetapi permintaan burung kicau jenis ini cukup banyak.

Burung Anis Kembang juga merupakan bisnis burung kicau yang  memiliki prospek cerah. Tetapi anda harus memperhitungkan terlebih dahulu sebelum memilihi burung Anis Kembang sebagai burung kicau yang akan di ternak.

Burung ini cukup sulit, karena sangat sensitif dan memiliki sifat mudah bosan. Sehingga perlu diberikan tempat hidup yang cukup dan penangkaran yang cukup baik agar burung dapat berkembang biak dengan baik.

Itulah beberapa jenis burung kicau yang mudah untuk di ternak. Sebagai saran, sebaiknya pilih jenis burung love bird. Karena burung ini cukup cocok untuk pemula yang akan terjun di dunia ternak burung kicau.

Setelah berhasil dan dirasa telah memiliki pengalaman yang cukup. Maka boleh dilanjutkan memelihara jenis lain yang mempunyai harga jual lebih mahal seperti murai batu.