Cara Budidaya Kunyit Putih Di Polybag Untuk Hasil Yang Maksimal

Cara Budidaya Kunyit Putih Di Polybag Untuk Hasil Yang Maksimal

Cara budidaya kunyit putih di polybag tidak jauh berbeda dengan cara menanam kunyit jenis lainnya. Tak hanya itu, hampir semua tanaman yang di tanam pada media polybag pun juga tidak jauh berbeda. Sehingga tidak hanya kunyit putih saja.

Tetapi masih terdapat banyak sekali yang mencari cara menanam kunyit putih di media polybag. Mereka mencari cara menanam kunyit putih di media polybag agar cepat besar dan cepat panen. Padahal sejatinya masa panen kunyit putih hanya dipengaruhi oleh perawatan dan juga supan gizi yang cukup bagi kunyit putih itu sendiri.

Tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba usaha budidaya kunyit putih di media polybag atau hanya sekedar ingin tahu saja bagaimana cara menanam kunyit putih di media polybag itu sendiri.
Berikut ini panduan lengkap cara budidaya kunyit putih di media polybag dengan mudah untuk hasil yang maksimal.

1. Persiapan Bibit 

Langkah pertama yang harus kita siapkan untuk memulai budiaya kunyit putih dengan media polybag yaitu dengan mempersiapkan bibitnya terlebih dahulu. Persiapan bibit ini harus maksimal dan sangat penting untuk dilakukan. Karena hasil yang akan kita dapat nantinya akan dipengaruhi oleh bibit yang kita gunakan.

Untuk mendapatkan bibit kunyit putih yang baik bisa kita lakukan dengan cara memotongnya langsung dari rimpang kunyit yang sehat, segar dan juga bebas dari penyakit. Pemotongan yang dilakukan sebaiknya juga sama panjang agar nantinya petumbuhan kunyit putih itu serentak.

Cara persiapan bibit kunyit putih yang benar sebagai berikut :
  • Potong bibit dengan sama panjang, yaitu dengan ukuran 5 - 7 cm. 
  • Angin-anginkan bibit kunyit putih yang sudah dipotong pada tempat yang lembab.
  • Lakukan proses tersebut selama kurang lebih 1 - 1,5 bulan.
  • Setelah itu biasanya bibit akan tumbuh tunas kecil sepanjang 2 - 3 cm.
  • Jika sudah seperti ini bibit sudah dapat dipindahkan ke media tanam yang lebih luas. Atau  juga bisa menggunakan media polybag.

2. Persiapan Lahan

Langkah kedua yang harus kita lakukan dalam budiaya kunyit putiih di media polybag yaitu mempersiapkan lahan untuk proses penanaman. Karena kita menanam kunyit putih ini melalui media polybag, jadi proses persiapan lahannya akan lebih muddah.

Berikut ini langkah-langkah persiapan lahan untuk budidaya kunyit putih di media polybag :
  • Gunakan tanah gembur, kompos serta sekam bakar. Ketiga bahan ini sangat direkomendasikan untukmendapatkan hasil yang maksimal. 
  • Perbandingan sekam bakar, kompos dan tanah gembur yakni 1 : 1 : 2
  • Setelah semua bahan siap, campurkan ketiganya dalam satu wadah.
  • Aduk hingga rata sampai ketiga bahan tersebut tercampur secara homogen.
  • Setelah tercampur rata, langkah selanjutnya adalah membasahi media dengan air secukupnya. Cukup dengan kelembapan sebesar 30%
  • Setelah itu angin-anginkan media yang sudah dibashai dengan air selama kurang lebih 2 jam. 
  • Selanjutnya masukan ke media polybag yang telah anda siapkan sebelumnya. 
  • Isi media polybag tersebut sebanyak setengan bagian saja 
  • Lalu susun polybag pada tempat yang akan digunakan sebagai lokasi budidaya kunyit putih.
  • Biarkan selama seminggu hingga pengupan selesai. 
  • Setelah selesai pada tahap ini, media sudah dapat digunakan untuk menanam kunyit putih.

3. Penanaman

Proses selanjutnya dalam budiaya kunyit putih media polybag yaitu proses penanaman pada medai yang telah kita siapkan sebelumnya. Proses ini sangat mudah. Caranya pun sama persis dengan cara menanam tanaman lain di media polybag.
Berikut ini cara menanam kunyit putih pada media polybag :
Buat lubang tanam pada media yang telah kita masukan pada polybag.
  • Pembuatan lubang tanam cukup mrnggunakan jari saja, dengan kedalaman kurang lebih 2 - 3 cm. Yang terpenting umbi kunyit dapat tertutup dengan tanah. 
  • Setelah itu masukan bibit kunyit yang telah kita siapkan dengan posisi tunas berada diatas agar cepat tumbuh.
  • Tutup tipis dengan media, lalu lakukan perawatan rutin hingga bibit kunyit tersebut sampai masa panen

4. Perawatan

Salah satu faktor yang menentukan dalam usaha budidaya kunyit putih yaitu proses perawatan itu sendiri. Meskipun anda telah melakukan cara penanaman kunyit putih di media polybag dengan sangat sempurna, tetapi jika perawatan yang anda lakukan tidak maksimal. Maka hasil yang akan di dapatkan pun juga tidak akan memuaskan.
Untuk itu, perawatan ini sangat penting dan harus anda lakukan setiap hari.

Bagaimana cara melakukan perawatan tanaman kunyit putih yang benar ?
Berikut ini uraian lengkapnya untuk anda :
  • Penyiraman 
Penyiraman ini sangat penting untuk tanaman yang ditanam pada media polybag. Karena biasanya budidaya tanaman yang menggunakan  media polybag, media akan lebih cepat mengering. Sehingga sangat perlu untuk dilakukan penyiraman secara rutin.

Untuk kunyit putih anda bisa menyiramnya setiap sore hari pada musim kemarau. Apabila telah memasuki musim penghujan, sebaiknya cek kelembapan media. Jika media terasa masih memiliki kandungan air yang cukup banyak. Jangan dilakukan proses penyiraman.
  • Penyiangan 
Salah satu hal yang harus anda lakukan juga dalam budiaya kunyit putih di media polybag yaitu proses penyiangan. Langkah ini juga harus anda lakukan. Tujuannya yaitu agar tanaman dapat leluasa memperoleh nutrisi dari media tanam tanpa terganggu oleh tanaman liar.

Untuk proses penyiangan anda cukup melakukannya ketika sudah terlihat tanaman liar disekitar tanaman kunyit. Gunakan dengan tangan kosong saja agar tidak melukai akar tanaman kunyit yang baru saja tumbuh.
  • Penambahan Media 
Ini adalahsalah satu trik agar kunyit putih anda memberikan hasil yang maksimal ketika di panen. Caranya yaitu dengan menambahkan media pada polybag setiap satu bulan sekali. Waktu yang tepat untuk melakukan proses ini yaitu ketika sebagian umbi dari rimpang kunyit mulai muncul di permukaan media.

Dengan menambahkan media tanam setiap umbi mulai menyembul ke permukaan, maka kunyit putih akan tumbuh dengan maksimal. Umbinya akan tumbuh mulai dari dasar polybag hingga bagian atas polybag itu sendiri.
  • Pemupukan 
Langkah selanjutnya yakni pemupukan. Sebenarnya pemupukan ini sebaiknya dicampurkan pada saat penambahan media setiap bulannya. Campurkan pupuk kandang dengan media setiap melakukan proses penambahan media. Dengan dosis 100 gram per polybag.

5. Panen 

Panen kunyit putih bisa dilakukan setelah tanaman berumur 8 - 11 bulan. Untuk umur idealnya tentu saja ketika tanaman berusia 12 bulan.
Cara panennya pun cukup mudah sekali. Anda tinggal membalik media polybag atau menyobeknya pada bagian tepi polybag. Setelah itu ambil rimpang kunyit putih dan bersihkan dari media yang menempel.

Itulah cara budiday kunyit puyih atau cara menanam kunyit putih di media polybag dengan mudah. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Silahkan temukan informasi menarik lainnya terkait dengan seputar budidaya tanaman dibawah ini.