Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Pemasaran Yang Harus Dimiliki Oleh Perusahaan Atau Organisasi
Keberhasilan Pemasaran
Pemasaran bagi sebuah perusahaan merupakan objek vital yang harus dilakukan dan dimaksimalkan. Karena hal ini akan berpengaruh pada profit yang akan didapatakan oleh perusahaan.
Sementara itu, untuk memaksimalkan proses pemasaran tentu saja terdapat faktor-faktor penentu keberhasilan pemasaran itu sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Dan faktor-faktor tersebut tentu saja saling berhubungan. Sehingga hal ini harus disiapkan oleh perusahaan.
Sebelumnya sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pemasaran. Pemasaran itu sendiri diartikan sebagai strataegi sebuah perushaan untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat. Dalam melakukan proses pemasaran tersebut tentu saja terdapat strategi yang juga harus disiapkan oleh perusahaan. Biasanya mereka akan menentukan segmen pasar tertentu yang telah dijadikan sasaran promosi. Yang bertujuan untuk mendapatkan konsumen yang tertarget.
Strategi pemasaran tersebut biasanya disebut sebagai marketing mix. Yang artinya gabungan atau perpaduan dari berbagai kombinasi cara atau strategi menjadi satu. Strategi marketing mix ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan dan terbukti efektif.
Meskipun begitu tetap saja terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasran atau strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Berikut ini uraian lengkap faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran :
Lalu apa hubungannya produk dengan faktor yang mempengaruhi keberhasiulan pemasaran ?
Tentu saja terdapat hubungan diantara keduanya. Coba kita bayangkan apabila sebuah perusahaan mengeluarkan produk yang kurang baik tentu saja kepuasan konsumen tidak maksimal. Sehingga dapat disimpulkan apabila produk tidak baik maka konsumen tidak puas. Bila konsumen tidak puas maka pemasaran tidak berhasil.
Mengapa selalu memuaskan konsumen ?
karena salah satu indikator keberhasilan pemasaran yaitu kepuasan konsumen. Apabila konsumen puas tentu saja strategi pemasaran yang kita jalankan atau yang dipilih oleh organisasai atau perusahaan dapat dikatakan berhasil.
Perlu juga dipahami oleh perusahaan atau sebuah organiasasi yang berorientasi pada sebuah profit. Pemilihan harga yang murah bukanlah solusi untuk segalanya. Bagi sebuah pemasaran, bukan hanya memerlukan harga yang murah. Tapi lebih kepada pemilihan atau penentuan harga yang cerdas sebagai solusi untuk mendongkrak penjualan produk pada sebuah perusahaan atau organisasi.
Strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan atau organisasi dalam mengantisipasi hal ini yaitu dengan menerapkan sistem Chanel of Distribution. Atau mencari partner distributor yang sanggup menjamin proses pengiriman barang pada konsumen tingkat tertentu dengan tepat waktu.
Promosi juga sangat berpengaruh dalam proses pemasaran dan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam proses pemasaran itu sendiri. Dengan kegiatan promosi yang baik tentu saja produk yang dipasarkan dapat menjangkau masyarakat luas. Dengan begitu target konsumen akan bertambah banyak. Jika target konsumen telah banyak maka potensi untuk meningkatkan penjualan sebuah produk akan sangat terbuka lebar.
Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Semoga dapat membantu anda dappat bermanfaat bagi kita semua.
Silahkan temukan artikel inspiratif lainnya dibawah ini.
Pemasaran bagi sebuah perusahaan merupakan objek vital yang harus dilakukan dan dimaksimalkan. Karena hal ini akan berpengaruh pada profit yang akan didapatakan oleh perusahaan.
Sementara itu, untuk memaksimalkan proses pemasaran tentu saja terdapat faktor-faktor penentu keberhasilan pemasaran itu sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Dan faktor-faktor tersebut tentu saja saling berhubungan. Sehingga hal ini harus disiapkan oleh perusahaan.
Sebelumnya sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pemasaran. Pemasaran itu sendiri diartikan sebagai strataegi sebuah perushaan untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat. Dalam melakukan proses pemasaran tersebut tentu saja terdapat strategi yang juga harus disiapkan oleh perusahaan. Biasanya mereka akan menentukan segmen pasar tertentu yang telah dijadikan sasaran promosi. Yang bertujuan untuk mendapatkan konsumen yang tertarget.
Strategi pemasaran tersebut biasanya disebut sebagai marketing mix. Yang artinya gabungan atau perpaduan dari berbagai kombinasi cara atau strategi menjadi satu. Strategi marketing mix ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan dan terbukti efektif.
Meskipun begitu tetap saja terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasran atau strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Berikut ini uraian lengkap faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran :
1. Produk
Produk ini diartikan sebagai objek. Tentu saja ini adalah hal yang sangat vital yang tentu saja berperan besar dalam menentukan keberhasilan dalam sebuah pemasaran. Dari produk ini juga akan menentukan nilai atau tingkat kepuasan konsumen. Karena dengan produk tersebut tentu saja akan didapatkan informasi seberapa puas konsumen tersebut.Lalu apa hubungannya produk dengan faktor yang mempengaruhi keberhasiulan pemasaran ?
Tentu saja terdapat hubungan diantara keduanya. Coba kita bayangkan apabila sebuah perusahaan mengeluarkan produk yang kurang baik tentu saja kepuasan konsumen tidak maksimal. Sehingga dapat disimpulkan apabila produk tidak baik maka konsumen tidak puas. Bila konsumen tidak puas maka pemasaran tidak berhasil.
2. Pemilihan Atau Penentuan Harga
Harga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Sehingga kebijakan perusahaan dalam menentukan harga dari produk yang akan di pasarkan harus benar-benar matang. Tentu saja harga yang bersaing sangat diperlukan untuk dapat memuaskan konsumen.Mengapa selalu memuaskan konsumen ?
karena salah satu indikator keberhasilan pemasaran yaitu kepuasan konsumen. Apabila konsumen puas tentu saja strategi pemasaran yang kita jalankan atau yang dipilih oleh organisasai atau perusahaan dapat dikatakan berhasil.
Perlu juga dipahami oleh perusahaan atau sebuah organiasasi yang berorientasi pada sebuah profit. Pemilihan harga yang murah bukanlah solusi untuk segalanya. Bagi sebuah pemasaran, bukan hanya memerlukan harga yang murah. Tapi lebih kepada pemilihan atau penentuan harga yang cerdas sebagai solusi untuk mendongkrak penjualan produk pada sebuah perusahaan atau organisasi.
3. Kegiatan Distribusi Yang Baik
Distribusi juga menjadi poin penting. Distibusi juga menjadi salah satu bagian dari faktor yang menentukan keberhasilan pemasaran. Tanpa adanya kegiatan distribusi yang baik, produk yang telah deal atau telah dibeli oleh konsumen akan mengalami keterlambatan. Tentu hal ini akan mengakibatkan berkurangnya tingkat kepuasan pada diri konsumen tersebut. Sehingga pada prinsip utamanya proses distribusi atau pengiriman barang ini akan menentukan tingkat kepuasan konsumen. Pengiriman yang tidak tepat waktu akan mengurangi tingkat kepuasan konsumen. Tingkat kepuasan konsumen yang berkurang berarti mencerminkan kegagalan dalam proses pemasaran.Strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan atau organisasi dalam mengantisipasi hal ini yaitu dengan menerapkan sistem Chanel of Distribution. Atau mencari partner distributor yang sanggup menjamin proses pengiriman barang pada konsumen tingkat tertentu dengan tepat waktu.
4. Melakukan Kegiatan Promosi
Perlu diketahui bahwa pemasaran dan promosi adalah 2 istilah yang berbeda. Jika pemasaran diartikan sebagai strategi untuk menjual produk sedangkan promosi diartikan sebagai proses mengenalkan produk atau barang kepada calon konsumen atau masyarakat umum.Promosi juga sangat berpengaruh dalam proses pemasaran dan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam proses pemasaran itu sendiri. Dengan kegiatan promosi yang baik tentu saja produk yang dipasarkan dapat menjangkau masyarakat luas. Dengan begitu target konsumen akan bertambah banyak. Jika target konsumen telah banyak maka potensi untuk meningkatkan penjualan sebuah produk akan sangat terbuka lebar.
Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Semoga dapat membantu anda dappat bermanfaat bagi kita semua.
Silahkan temukan artikel inspiratif lainnya dibawah ini.