Pengertian Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan Atau Implementasi Serta Pengawasan Atau Pengendalian Dalam Manajemen

Ilmu Manajemen

Mungkin teman-teman kali ini sedang mencari pengertian perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam ilmu manajemen. Untuk mendapatkan informasi tersebut yang berkaitan dengan ilmu manajemen sekarang dapat dengan mudah bisa teman-teman dapatkan di halaman website ini.
Semua seputar manajemen dan ilmu edukasi akan selalu kami update di website ini dalam tajuk "Karir dan Edukasi"

Untuk mendapatkan info pengertian perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam ilmu manajemen silahkan dibaca pada uraian dibawah ini.

Untuk Mengajukan Pertanyaan, Silahkan kirim melalui email iddaftarlampung@gmail.com

Pengertian Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan Atau Implementasi Serta Pengawasan Atau Pengendalian Dalam Manajemen

1. Perencanaan Dalam Manajemen

pengertian perencanaan dalam ilmu manajemen berarti proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderunggan di masa yang akan datang dan penentuan strategi atau taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

Perencanaan ini sangat penting bagi setiap organisasi ataupun perusahaan yang berorientasi pada profit.
Mengapa ?
Karena dengan adanya perencanaan ini nantinya perusahaan atau organisasi akan mampu menjawab tantangan global. Terlebih untuk pemimpin, perencanaan tentu saja sangat diperlukan. Karena setiap saat tentu saja perusahaan akan selalu mendapatkan masalah. Baik dari kondisi internal maupun eksternal. Sehingga adanya perencanaan ini diharapkan pemimpin mampu menjawab ketika terjadi pertanyaan dari salah satu bawahan "Kemana Kita Akan Melangkah ?"

Kegiatan Yang Dilakukan Palam Proses Perencanaan
  • Menetapkan tujuan dan terget bisnis
  • Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
  • Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
  • Menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target organisasi atau bisnis

2. Pengorganisasian Dalam Manajemen

Pengertian pengorganisasian dalam ilmu manajemen berarti proses yang menyangkut bagaimana strategi atau taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan di desain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

Pengorganisasian ini adalah langkah kedua setelah proses perencanaan dalam sebuah organisasi. Pengorganisasian sifatnya hampir sama dengan pengarahan, tetapi lebih ke proses pematangan strategi yang telah di rumuskan dalam proses perencanaan sebelumnya.

Kegiatan Yang Dilakukan Palam Proses Pengorganisasian
  • Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas menetapkan prosedur yang diperlukan.
  • Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab.
  • Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia atau tenaga kerja.
  • Kegiatan penempatan SDM pada posisi yang tepat

3.Pengarahan Dalam Manajemen

Pengertian pengarahan dalam manajemen berarti proses implementasi progam agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi atau perusahaan serta proses memotivasi agar semua pihak dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan produktivitas yang tinggi.

Pengarahan ini sifatnya memaksa seseorang atau orang lain agar melaksanakan tanggungjawabnya sesuai dengan rencana, strategi atau taktik yang telah dibuat sebelumnya. Contohnya adalah mengarahkan pekerja dalam sebuah perusahaan untuk masuk tepat waktu, disiplin dan lain-lain.

Kegiatan Yang Dilakukan Palam Proses Pengarahan
  • Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembibingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja atau bawahan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang telah ditargetkan sebelumnya.
  • Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan yang harus dilakukan oleh bawahan atau tenaga kerja pada sebuah organisasi atau perusahaan.
  • Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

4. Pengawasan Dalam Manajemen

Pengertian pengawasan dalam ilmu manajemen berarti proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah di rencanakan, di organisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan organisasi.

Pengawasan ini sifatnya memaksa agar bawahan tetap bekerja sesuai tanggungjawabnya. Namun pengawasan yang harus dilakukan juga harus sesuai prinsip-prinsip manajemen. Jangan sampai hanya karena ingin mengejar target seorang atasan memaksa bawahannya bekerja semaksimal mungkin tetapi ternyata melanggar prinsip-prinsip manajemen. Justru jika hal ini dilakukan tentu saja akan berdampak tidak baik bagi perusahaan atau sebuah organisasi.

Kegiatan Yang Dilakukan Palam Proses Pengawasan
  • Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan atau target bisnis atau organisasi sesuai dengan imdikator yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan pada masa yang akan datang.
  • Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan atau target organisasi.
Dari pengertian diatas, saran dari kami buat anda yang sedang  mencari Pengertian Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan Atau Implementasi Serta Pengawasan Atau Pengendalian Dalam Manajemen jangan langsung di copy begitu saja. Karena bisa saja teman anda juga memiliki jawaban yang sama. Tetapi jika anda mencari artikel ini untuk membuat sebuah laporan atau makalah silahkan langsung saja di copy.

Selain pengertian manajemen diatas, masih banyak juga pengertian yang lain dan juga informasi terkait manajemen. Oleh karena itu segera bookmark website kami agar anda mendapatkan informasi seputar manajemen yang lengkap dan sesuai dengan dosen atau guru anda.

Apabila amda mendapati masalah dalam ilmu manajemen dikampus, sebenarnya bukanlah hal yang menakutkan. Karena dalam ilmu manajemen itu ada kuncinya. Yang terpenting dalam jawaban anda terdapat kalimat "efektif dan efisien".
Jika anda menulis kalimat tersebut para dosen akan memberikan kredit meskipun jawaban anda sangat menyimpang. Namun tetap saja lebih baik anda menjawab pertanyaan seputar manajemen dengan tepat dan benar. Jangan sampai menjawab asal. Karena ini adalah ilmu dasar jika anda berniat menjadi seorang wirausahawan sukses.
Tidak ada wirausahawan yang tidak mengerti tentang manajemen. Tentu semuanya  telah paham dan bahkan ada yang sudah ada diluar kepala.

Itulah artikel tentang Pengertian Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan Atau Implementasi Serta Pengawasan Atau Pengendalian Dalam Manajemen. Semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas terkait dengan ilmu manajemen dan sejenisnya.