Fungsi Pemasaran Bagi Perusahaan, Ilmu Manajemen Ekonomi

Fungsi Pemasaran Bagi Perusahaan, Ilmu Manajemen Ekonomi

Membangun sebuah perusahaan tentu tidak lepas dari tujuan profit yang sebisa mungkin harus mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja harus ada langkah nyata yang dilakukan. Langkah nyata tersebut tentu saja yaitu promotion atau pemasaran.

Dalam sebuah perusahaan yang berorientasi pada profit, tentu saja fungsi pemasaran ini sangat penting. Karena dalam pemasaran tersebut tentu akan mengarah pada tujuan perusahaan atau organisasi perusahaan itu sendiri.
Fungsi pemasaran bagi sebuah perusahaan juga dapat diartikan sebagai peran pemasaran itu sendiri. Tentu saja hasilnya juga sama. Yaitu untuk memenuhi tujuan visi-misi sebuah perusahaan itu sendiri.

Berikut ini fungsi pemasaran untuk perusahaan atau organisasi dalam ilmu manajemen :

1. Sebagai Riset Pasar 

Fungsi pemasaran bagi perusahaan yang pertama yaitu sebagai riset pasar. Maksud disini yaitu pemasaran itu sendiri dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan untuk memetakan persaingan produk yang menjadi kompetitor dalam sebuah pasar (target). Yang nantinya, perusahaan akan mendapatkan detail informasi berupa data produk kompetitor yang menguasai pasar, perilaku calon konsumen, serta yang paling penting yaitu perusahaan dapat mengetahui karakteristik produk yang sesuai dengan target pasar yang di bidiknya.

Sehingga pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan akan memberikan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri dengan wujud data. Data tersebut biasanya akan di gunakan oleh perusahaan terkait untuk mendapatkan atau menciptakan produk sejenis yang akan mampu bersaing dengan produk-produk kompetitornya dalam target pasar yang telah di tentukan sebelumnya.

2. Sebagai Pengendalian Profitabilitas

Seperti yang sudah disinggung dalam pernyataan sebelumnya, Setelah berhasil menganalisis data kompetitor di pasar. Maka perusahaan terkait akan berhasil mengantongi data yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tersebut untuk menghasilkan produk yang relevan, serta dapat melihat segmen pasar dengan tepat.

Jika perusahaan sudah dapat mengendalikan hal tersebut. Tentu saja nantinya perusahaan akan mampu mengendalikan atau menemukan cara untuk mengatasi perilaku konsumen dengan produk yang relevan tadi. Maka dalam hitungan tidak lama perusahaan akan mendapatkan profit yang banyak karena produk barunya dapat bersaing di pasaran. Itulah yang disebut fungsi pemasaran bagi perusahaan sebagai pengendalian profitabilitas.

3. Pengendalian Efisiensi 

Setelah mengetahui riset pasar dan mampu menciptakan produk yang relevan. Maka secara tidak langsung perusahaan sudah menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi produk. Dampaknya tentu pada sebuah profit yang cukup maksimal dengan se-efisien mungkin. Dari semua itu awal mulanya tentu saja dari proses pemasaran itu sendiri. Oleh karena itu salah satu fungsi pemasaran bagi sebuah perusahaan yaitu sebagai pengendalian efisiensi.

4. Pengendalian Strategis

Kita tahu bahawa perusahaan sangat berorientasi pada profit. Sebisa mungkin mereka mencari jenis profit jangka panjang. Sehingga mereka melakukan riset demi riset untuk mendapatkan hasil atau profit yang semaksimal mungkin.

Dalam pengendalian strategis ini, nantinya akan ada dua pihak yang terlibat di dalamnya. Yaitu manajemen puncak dan juga auditor pemasaran. Mereka akan menganalisis apakah perusahaan sudah dalam track yang sesuai atau belum. Tentunya tetap berpedoman pada pasar, produk, dan juga karakteristik pelanggan atau konsumen.

Itulah fungsi pemasaran bagi sebuah perusahaan yang mungkin dapat membantu anda. Silahkan temukan informasi terkait dengan ilmu manajemen lainnya di website kami. Jangan lupa untuk bookmark apabila informasi ini bemanfaat untuk anda.