Jenis Ikan Mas Koki Dengan Harga Mahal Yang Cocok Untuk Di Budidayakan

Jenis Ikan Mas Koki Dengan Harga Mahal Yang Cocok Untuk Di Budidayakan

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak diminati oleh pecinta ikan hias. Ikan koki juga merupakan ikan hias air tawar yang harganya menengah ke bawah. Tetapi ada sebagian jenis ikan mas koki yang memiliki harga mahal.

Jenis ikan mas koki dengan harga mahal tersebut tentu saja memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh ikan mas koki pada umumnya. Sehingga membuat ikan tersebut cukup langka dan diminati oleh banyak orang. Hal itulah yang menyebabkan sebagian jenis ikan mas koki memiliki harga yang mahal.

Faktor yang sering menentukan harga ikan mas koki yaitu corak warnanya yang unik, sehingga membuat ikan mas koki tersebut memiliki harga yang sangat mahal atau diatas rata-rata.
Dengan corak warna yang semakin unik dan ukuran ikan mas koki yang sangat besar akan membuat jenis tertentu dari ikan mas koki memiliki harga mahal.

Apakah anda sudah tahu jenis ikan mas koki termahal saat ini ?

Jika belum, berikut ini jenis ikan mas koki yang memiliki harga mahal dan sangat cocok untuk anda budidayakan.

1. Ikan Mas Koki Lion Head

Jenis ikan mas koki dengan harga mahal yang pertama yaitu jenis lion head. Salah satu keunggulan dari ikan mas koki jenis lion head ini kemampuan hidupnya yang cukup baik. Bahkan ikan mas koki jenis ini mampu hidup selama lebih dari 15 tahun.

Ikan mas koki ini berasal dari negeri Tirai Bambu atau China. Ikan ini merupakan jenis ikan mas koki yang sangat friendly dengan ikan lain.
karakteristiknya yaitu memiliki tonjolan diatas kepalanya. Oleh karena itulah ikan koki ini dinamakan dengan ikan mas koki lion head. Ikan ini memang sangat friendly terhadap ikan lain. Tetapi tidak disarankan untuk memeliharanya dengan ikan hias air tawar jenis lainnya. Karena ikan mas koki yang satu ini memiliki pergerakan yang sangat lamban. Sehingga apabila dipelihara dengan ikan hias jenis lainnya dikhawatirkan akan kalah dalam perebutan makanan.

2. Ikan Mas Koki Calico

Jenis ikan mas koki yang memiliki haraga mahal selanjutnya yaitu ikan mas koki jenis Calico. Ikan mas koki ini memiliki keistimewaan corak warna yang tidak banyak. Yaitu memiliki 5 corak warna sekaligus di tubuhnya. Lebih istimewanya lagi corak warna tersebut dihasilkan dari persilangan yang dilakukan dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Melainkan sangat lama. Hal  inilah yang membuat ikan mas koki jenis Calico memiliki harga yang cukup mahal.

Ciri-ciri ikan mas koki jenis Calico ini yaitu memiliki sisik yang berwarna transparan yang terdiri dari warna putih, biru, hitam, dan satunya bervariasi antara merah, coklat, kuning dan orange.

3. Ikan Mas Koki Sisik Mutiara

Jenis ikan mas koki yang memiliki harga mahal selanjutnya yaitu jenis mas koki sisik mutiara. Ikan ini berasal dari negeri Sakura dan juga China. Ciri khusus ikan mas koki jenis ini yaitu memiliki bentuk tubuh yang bulat dan imut. Serta memiliki warna sisik yang mengkilap. Ikan ini juga memiliki tonjolan di kepalanya seperti ikan mas koki jenis lion head dan merupakan jenis ikan hias yang memiliki pergerakan sangat lamban.

Ikan koki jenis ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Ukuran tubuhnya mampu mencapai panjang 10 - 15 cm. Sementara masa hidup ikan mas koki jensi sisik mutiara ini juga terbilang cukup panjang. Karena mampu bertahan hidup hingga umur 10 - 15 tahun. Dengan catatan perawatan yang dilakuka dengan cara intensif.

4. Ikan Mas Koki Jenis Sukiyu

Ikan mas koki jenis Sukiyu biasa disebut juga dengan ikan mas koki Pompon. Ikan mas koki jenis ini juga termasuk kedalam salah satu jenis ikan mas koki yang memiliki harga mahal. Sebenarnya karakteristik ikan mas koki jenis ini tidak jauh berbeda dengan ikan mas koki jenis lion head. Akan tetapi ikan mas koki jenis ini memiliki jaringan tipis yang menyerupai kumis di bagian mulutnya.

Ikan koki jenis ini juga memiliki warna yang cantik seperti ikan mas koki jenis lainnya. Ikan mas koki Sukiyu memiliki warna Kaliko (panca warna), merah dan kombinas antara merah dan putih.

5. Ikan Mas Koki Bubble Eye 

Ini adalah jenis ikan mas koki yang memiliki bentuk tubuh atau karakteristik tubuh yang sangat menggemaskan. Ikan mas koki jenis Bubble Eye ini memiliki ciri khusus yaitu ukuran bola matanya yang cukup besar. Sehingga terlihat sangat unik.
Yang membuat gemas lagi yaitu bentuk tubuhnya bulat dan tambun. Membuat ikan mas koki buble eye ini sangat menggemaskan ketika di pandang.

Ikan mas koki jenis ini memiliki harga yang cukup mahal. Salah satu faktornya yaitu bentuk atau karakteristik tubuhnya yang lucu dan unik.
Tetapi yang menjadi kendala yaitu ikan mas koki jenis ini memiliki pergerakan yang tidak lincah. Sehingga apabila di campurkan dengan jenis ikan hias lainnya yang dikhawatirkan tidak mendapat jatah makanan karena kalah gesit dengan ikan lainnya.

6. Ikan Mas Koki Jenis Ranchu

Ikan mas koki yang memiliki harga mahal yang terakhir yaitu ikan mas koki jenis Ranchu. Ikan mas koki ini merupakan ikan mas koki yang paling populer diantara jenis ikan mas koki lainnya. Ikan mas koki jenis Ranchu sering menjadi bintang kontes diacar lomba kontes ikan mas koki. Ikan ini juga banyak diminati di negara lain selain Indonesia. Diantaranya Jepang, China dan Thailand.

Itulah jenis ikan mas koki dengan harga mahal yang direkomendasikan untuk anda. Pilihlah jenis ikan mas koki yang memilki harga mahal dan memiliki peminat yang banyak. Sehingga usaha budidaya ikan mas koki yang sedang anda tekuni akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.