Trik Mudah Mempertahankan Pelanggan Agar Tidak Pergi Dari Toko Anda

Trik Mudah Mempertahankan Pelanggan Agar Tidak Pergi Dari Toko Anda- Usaha membuka toko merupakan salah satu usaha yang menguntungkan. Mengingat banyaknya orang yang membutuhkan barang eceran. Yang tidak mungkin bisa didapat langsung dari pabrik. Sehingga dibutuhkanlah toko. Banyak sekali macam-macam toko. Tapi yang jelas toko yang paling banyak adalah toko ecer baik itu grosir maupun eceren dalam jumlah kecil.



Dalam berbagai masalah yang muncul adalah mempertahankan pelanggan atau menambah pelanggan. Wajar bila seperti itu, karena penghasilan toko pun dari pelanggan bukan ??

Bagaimana trik jitu mempertahankan pelanggan ??

Sebenarnya tidak rumit. Sebelum saya berikan triknya, ada baiknya toko anda harus memenuhi syarat sebagai berikut :

1. Kelengkapan Produk

Hal ini menjadi sangat penting untuk pelanggan anda. Karena semakin lengkap produk anda maka akan semakin baik toko tersebut dimata pelanggan atau konsumen.


2. Service Atau Pelayanan

Hal ini juga tidak kalah penting. Karena pelanggan atau konsumen adalah raja. Maka berhak mendapatkan pelayanan terbaik dari anda. Service sendiri tidak hanya pelayanan anda terhadap pelanggan. Namun dari segi kebersihan, kerapian, keamanan dan lain-lain.

Baca Juga 5 Cara Promosi Paling Efektif Agar Bisnis Anda Menjadi Nomor Satu


Jika kedua hal diatas telah anda penuhi maka trik selanjutnya bisa diterapkan. Sebenarnya trik ini sangat sederhana. Dan tujuannya adalah mempertahankan pelanggan agar tetap loyal.

Tidak memandang sebesar apa toko yang anda kelola. Karena menurut saya sebuah toko harus profesional agar mampu bertahan dalam persaingan pasar.

Cara yang paling efektif adalah membuat kartu merchant atau kartu member sederhana buat toko anda.

Kenapa kok harus kartu ??

Karena kartu ini bukanlah sembarangan kartu. Dimana pelanggan yang memiliki kartu member maka akan mendapat potongan harga disetiap pembeliannya. Namun dalam batas wajar loh ya.

Mungkin semua pada berfikir hal ini tidak bisa berhasil. Namun jangan salah, siapa yang kreatif pasti berhasil. Bukan tidak mungkin pelanggan anda akan setia dan loyal. Bahkan bisa saja salah satu pelanggan meminjamkan kartu membernya kepada saudara atau teman agar mendapat potongan harga dari toko yang anda kelola.

Secara tidak langsung anda telah dibantu dalam promosi bukaan ???
Promosi gratis lagi.
Dan ingat, promosi yang paling efektif adalah promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh konsumen.

Bagaimana dengan triknya?
Setuju?