Cara Aman Mencari Reseller Online

Dalam dunia bisnis khususnya perdagangan. Pasti tidak asing dengan reseller, dropshipper, dan masih banyak lagi. Sekarang pun lebih mudah untuk mendapatkan reseller, karena reseller online banyak di temukan. Pertanyaannya.

Amankah bermain dengan reseller online ?



Pertanyaan yang sangat sulit. Karena didalam sebuah bisnis besar, tentu harus saling mengerti kualitas dari komoditi tersebut. Sehingga bila bertanya tentang reseller online aman atau tidak terdapat dua opsi jawaban.


1. Bila bisnis hanya sampingan atau kecil-kecil.

Dapat dikatakan 80% aman. Karena anda bermain sebagai dropshipper. Dan tentunya sama-sama tidak mengetahui face dari barang tersebut. Sehingga tidak memiliki banyak resiko. Mungkin yang terjadi, toko milik anda akan kehilangan konsumen.

2. Bila bisnis kategori besar.

Misal anda punya usaha kaos distro. Lalu membeli kaos polos lewat reseller online dalam jumlah grosir. Hal ini sangat riskan bahkan sangat beresiko. Karena anda tidak tahu menahu tentang kualitas yang akan dikirimkan. Apalagi bahan tersebut merupakan bahan baku produksi bisnis anda. Dan membeli dalam jumlah banyak. Maka reseller online tidak direkomendasikan.

Lalu bagaimana cara memilih reseller online ?

Ada beberapa opsi yang dapat dipilih


-Menggunakan jasa iklan adword

Bukan kita beriklan ya, tapi kita cari iklan reseller yang mengiklankan webnya menggunakan jasa adword. Kemungkinan besar web tersebut valid.
Tapi perlu di garis bawahi. Belum tentu web yang beriklan lewat google bukan scam. Banyak sekali yang scam. Jadi harus hati-hati.


-Melihat tampilan web

Web penipu dan bukan penipu sangat jelas perbedaannya. Dari segi tampilan bahkan bisa dilihat bila anda jeli. Biasanya web penipu selalu menampilkan hasil listing para konsumen secara berlebihan. Dan biasanya tidak menampilkan alamat serta data diri yang jelas. Lebih mudahnya mintalah nomer hp yang aktif dan selalu bisa di hubungi.

Tips dari saya, lakukan komunikasi secara 3 atau 4 kali menggunakan nomor yang berbeda. Maka dapat disimpulkan hasil dari komunikasi tersebut. Apakah reseller itu konsisten atau hanya abal-abal.


-Tes pembelian dalam jumlah sedikit namun beberapa kali

Untuk memastikan ketepatan reseller tersebut. Maka bisa dilakukan pembelian berulang ulang. Apakah konsisten atau tidak.

Bila menurut penilaian reseller tersebut konsisten, maka bisa diajak kerjasama.
Caranya, jangan pernah melakukan transfer penuh bila akan membeli dalam jumlah yang banyak. Lakukan DP terlebih dahulu. Dan pelunasan setelah barang dikirim. Namun hal ini sangat sulit, karena bisa saja sang pembeli yang menipu dan bisa saja reseller yang menipu.


Memang sangat susah bila mencari reseller di Indonesia. Kita tahu bahwa negara kita penuh dengan penipuan, sehingga selalu was-was.
Langkah terbaik untuk memulai bisnis adalah dengan mendatangi langsung toko atau gudang dari reseller tersebut. Sehingga hal-hal yang tidak di inginkan pun dapat di hindarkan. Dan jangan mudah tergiur dengan iming-iming yang menawarkan harga rendah. Bisa saja itu awal dari penipuan.

Baca juga : Cara Menemukan Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan