Peluang Usaha Dan Bisnis Yang Mempunyai Prospek Baik



Menjalankan suatu bisnis bukan tanpa alasan. Karena bisnis memiliki tujuan yang salah satunya adalah profit atau keuntungan. Memilih bisnis yang mempunyai prospek baik kedepan sangat sulit untuk dilakukan. Harus dengan pertimbangan yang matang sebelum mengambil tindakan dan memilih sebuah bisnis.

Memilih bisnis itu sebenarnya cukup simpel untuk dilakukan. Bahkan para pemula pun mampu melakukannya sendiri. Yang paling penting adalah kemauan dan kerja keras. Sehingga bisnis yang dipilih mampu berkembang dan menjadi bisnis yang sukses di masa akan datang.

Karena bisnis yang paling penting adalah kemauan dan kerja keras. Bisa disimpulkan, cara memilih bisnis yang tepat adalah mengikuti pasion diri sendiri.
Agar ketika mengelola bisnis tersebut bisa sepenuh hati. Sudah pasti tau kan bila apapu yang dilakukan dengan sepenuh hati pasti hasilnya maksimal.

Namun perlu dipertimbangkan lagi. Yang tak kalah penting adalah jeli dalam melihat peluang. Karena pasion tak dapat berkutik bila tidak ada celah peluang. Walaupun semua bisnis itu memiliki peluang. Namun alangkah baiknya pembisnis menganalisa dan mengukur sejauh mana peluang itu bisa dimanfaatkan menjadi profit.

Bila masih bingung, setidaknya dibawah ini saya berikan deretan bisnis yang memounyai prospek baik untuk kedepan. Namun selalu pertimbangkan pasion dan peluang yang ada di sekitar tempat tinggal kalian ya.



1. Bisnis Online



Bisnis online mendapat peringkat nomor 1 pada analisa kali ini.
Kenapa ?
Saat ini, sedang booming di internet tentang bisnis online. Karena kemajuan teknologi dan juga didukung ayo berinternet tidak menutup kemungkinan semua bisnis akan dijalankan secara online.

Selain itu, hal yang paling mendasar adalah suatu saat masyarakat akan malas untuk keluar rumah walaupun hanya sekedar berbelanja. Sehingga terciptalah peluang bagi e-comerce untuk meraup keuntungan dari bisnis online tersebut. Alasannya cukup logis, mereka memilih sesuatu yang praktis dan efektif.

Bisnis ini sangat cocok bagi semua kalangan. Namun perlu di ketahui, bisnis online juga susah sekali dikembangkan. Sama seperti bisnis offline. Jadi jangan berharap hasil yang instan.

Beberapa bisnis online yang bisa di jalankan dan memiliki prospek baik antara lain :
1. Membuat e-comerce
2. Membuat jasa online
3. Membuat web atau blog
4. Trading Forex dan sejenisnya



2. Membangun Usaha Sayuran Hidroponik



Usaha ini tidak kalah menguntungkan dari bisnis diatas. Dan juga mempunyai prospek yang sangat baik.
Alasan utama yaitu makin bertambahnya jumlah penduduk dan makin sempitnya lahan pemukiman memaksakan masyarakat untuk mengganti lahan pertanin dengan lahan pemukiman. Sementara itu kebutuhan akan sayur yg menjadi makanan wajib pendamping beras pun sangat sulit didapat karena makin minimnya jumlah lahan pertanian.

Usaha ini sangat prospektif terutama masyarakat yang tinggal diperkotaan. Mengingat setiap hari sayuran tidak lepas dari kehidupan manusia.

Selain itu, di era modern seperti ini makanan yang sehat dan bebas pestisida semakin dicari. Mengingat kesehatan itu penting dan mahal. Sehingga banyak kalangan menengah atas mulai mengkonsumsi sayuran organik.

Peluang bisnis yang sangat baik bila membuka usaha hidroponik. Mengingat hidroponik memenuhi kriteria permintaan sayur masa kini. Dan harganya pun juga sangat mahal. Selain itu tingkat keberhasilan pun juga sangat tinggi.

Namun alangkah baiknya bila sebelum membuka usaha ini, sebaiknya mengikuti diklat atau pelatihan khusus tentang hidroponik. Selain itu mencari tempat atau partner bisnis yang mau menampung hasil produksi. Biasanya bila sayuran hidroponik muaranya adalah ke pasar swalayan atau supermarket terdekat.

Langkah lain bila tidak punya modal yang cukup namun memiliki keahlian dalam hidroponik. Bisa membuka kursus hidroponik. Incaran kursus ini paling baik untuk Sekolah Menengah Kejuruan.
Setelah itu, bisa juga menjual kebutuhan dan peralatan yang di gunakan untuk bertanam hidroponik.



3. Berternak



Kebutuhan akan protein hewani sangat meningkat mengingat pertambhan penduduk yang semakin pesat pula. Banyak kisah sukses yang berawal dari usaha peternakan ini.

Di era seperti sekarang, beternak bukanlah hanya kalangan yang tinggal didesa. Namun penduduk kota juga bisa menjalankan atau membuka usaha ini.
Pastinya perlu tempat dan modal yang cukup banyak.

Usaha ternak yang layak untuk bisnis adalah :
1. Ayam petelur
2. Ayam pedaging
3. Kambing
4. Sapi

Bila salah satu dari pembaca artikel ini bertempat tinggal di daerah perkotaan. Dan memiliki pekerjaan tetap dengan gaji tiap bulan. Sangat baik dan direkomendasikan untuk membuka usaha ini. Karena usaha ternak ini sangat fleksibel. Bisa untuk usaha dan juga investasi.

Untuk memilih jenis ternak bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Bila tidak mempunyai waktu namun memiliki budget yang banyak bisa memilih ternak sapi sebagai usaha.
Bila tidak mempunyai budget yang banyak bisa memilih ternak kambing sebagai usaha.

Tentunya sebelum melakukan usaha ini, kita harus memiliki kolega bisnis di tempat yang telah ditentukan. Sebaiknya buatlah perjanjian dalam kerja sama tersebut.

Rekomendasi yang paling baik bila akan membuka usaha ternak adalah ternak sapi dan kambing. Karena keduanya minim resiko dan sangat cocok bila anda tidak berani mengambil resiko yang tinggi. Dan kedua sudah pasti menguntungkan. Jadi tidak perlu ragu dan takut.



4. Membuka Rumah Makan Kuliner



Tidak lepas dari kehidupan manusia. Bahkan sebagian manusia menempatkan kuliner sebagai salah satu kewajiban disetiap bulannya. Mereka penggemar kuliner selalu berpetualang untuk menjelajah kuliner kuliner yang unik, baru, dan pastinya memberikan kepuasan kepada penjelajah itu sendiri.

Prospek dibisnis ini cukup menjajikan untuk dijalankan. Namun tak lepas dari kreativitas, inovasi, dan kerja keras.
Mengingat semakin hari semakin banyak rumah makan didirikan. Namun juga tak kalah banyak rumah makan yang gulung tikar.

Bila akan terjun di dunia kuliner, buatlah suatu makanan unik yang belum pernah ditemukan di rumah makan lain.
Agar berdiri kokoh dan mampu bersaing. Penerapan manajemen dari bisnis ini sangat diperlukan.
Misal promosi, tenaga kerja, perluasan (membuka cabang) dan tidak kalah penting kualitas rasa yang harus dijaga.

Namun harus diketahui, bisnis kuliner juga sangat beresiko. Karena produk yang kita sediakan adalah produk yang harus habis. Sehingga perlu perhitungan yang jeli sebelum memulai dan memtuskan masakan apa yang akan dipilih.

Untuk membuat rumah makan menjadi lebih baik. Dan mengetahui sejauh mana rasa masakan yang telah di buat. Bisa disebarkan angket terhadap pembeli. Sehingga pembeli mampu memberikan saran dan kritik yang mampu menyempurnakan cita rasa masakan.



5. Membuka usaha jasa



Salah satu jenis usaha yang menguntungkan. Profit dari usaha ini adalah sekitar 80%. Sehingga terbayang bukan hasil yang akan diperoleh.

Tapi perlu di tarik ulang. Untung 80% itu pasti. Tapi untuk mendapatkan untungnya itu belum pasti. Karena belum tentu usaha jasa yang ditawarkan langsung laku.
Dan usaha ini adalah usaha yang paling sulit untuk dipromosikan. Maksudnya adalah untuk mencari klien.
Karena, jasa pasti berkaitan dengan kepercayaan.

Bagi yang akan membuka usaha jasa, sebaiknya dianalisa terlebih dahulu. Sejauh mana kita bersosialisasi. Sebanyak mana teman yang sudah kita punya. Karena ini sangat menentukan usaha jasa kita kedepannya.

Karena usaha jasa itu sangat susah untuk berkembang. Maka butuh kesabaran dan keuletan bagi pelakunya. Tak sedikit usaha jasa yang akhirnya gulung tikar.

Hal yang perlu diperhatikan adalah target konsumen dan tempat usaha.

-Target konsumen
Target konsumen sangat penting. Sebelum membuka usaha jasa, hal yang paling pertama di lakukan adalah target konsumen. Apakah mahasiswa, karyawan atau ibu rumah tangga.

-Tempat usaha
Setelah menentukan target konsumen. Maka kita dapat menentukan place atau tempat yang tepat untuk membuka usaha tersebut. Sehingga proses promosi pun akan terasa lebih mudah.


Semua usaha itu sebenarnya memiliki prospek baik. Namun, kembali tergantung kepada SDM-nya itu sendiri.
Selamat mencoba dan terua berusaha. Karena tanpa usaha dan kerja keras, kecil kemungkinan untuk meraih kesuksesan.