Cara Terbaik Memperoleh Modal Untuk Memulai Usaha




Modal dalam sebuah usaha atau bisnis sangat penting. Modal bisa dikatakan sebagai penentu kemajuan sebuah bisnis. Sudah terbukti banyak perusahaan besar yang mampu berkembang dengan pesat karena mendapatkan suntikan modal dari investor.

Dalam sebuah memulai usaha, mendapatkan modal memang menjadi suatu hal yang sangat sulit. Karena sebagian pengusaha khususnya pengusaha muda dan pemula banyak yang tidak memiliki modal. Oleh karena itu, dari artikel ini akan kami berikan solusi memperoleh modal untuk memulai sebuah usaha atau bisnis.


1. Pinjam Teman atau Keluarga

Meminjam teman menjadi pilihan pertama yang harus anda lakukan. Karena apapun yang terjadi, seorang teman akan mampu memberikan persyaratan yang tidak begitu rumit. Dan kemungkinan besar anda bisa memperoleh modal dari cara ini.

Selain dari teman, orang yang terdekat dan bisa menjadi partner bisnis adalah keluarga kita atau kerabat. Keluarga tentu akan lebih ikhlas dari teman. Namun perlu anda ketahui, bahwa dalam sebuah bisnis. Kerjasama dengan keluarga tidak lebih baik dari kerjasama dengan teman.



2. Menjual Atau Menggadaikan Aset

Aset ini bisa berupa emas, tanah atau bahkan rumah anda. Namun anda perlu memperhitungkan jika akan mengambil cara ini. Menggadaikan aset sangat beresiko. Tedutama anda yang masih pemula dalam dunia bisnis. Namun kembali lagi bahwa tidak ada peluang tanpa resiko. Sebagai seorang pengusaha, anda harus berani mengambil resiko.

Aset terbaik yang bisa anda manfaatkan adalah tanah dan emas. Kedua aset tersebut tidak begitu berpengaruh besar terhadap hidup anda. Namun jika anda menggadaikan aset rumah atau kendaraan. Tentu bisnis anda akan sulit untuk berkembang. Meskipun kedua aset ini tidak saling mempengaruhi terhadap perkembangan bisnis, namun kedua aset ini yaitu kendaraan dan rumah sangat menentukan kinerja seseorang. Yang artinya membentuk sebuah pikiran positif yang akan menghasilkan tindakan yang menguntungkan bagi usaha anda.



3. Pinjam Bank

Meminjam bank menjadi salah satu cara yang paling banyak diminati. Karena saat ini banyak sekali lembaga bank yang memberikan pinjaman khusus untuk pengusaha. Yang menawarkan bunga lebih rendah dan tidak begitu memberatkan.

Meminjam bank tentu bisa menjadi pilihan terbaik dibandingkan dengan 2 cara diatas. Terlebih jika prospek usaha anda lancar dan dapat berkembang dengan baik.


4. Menabung

Cara paling aman untuk mendapatkan modal adalah dengan cara menabung. Namun cara ini akan sangat sulit. Dan menurut saya, menabung adalah cara yang paling sulit.
Perlu kesabaran dan juga waktu yang sangat lama untuk mendapatkan modal sesuai yang anda harapkan.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya jika anda mulai menabung di usia remaja untuk mempersiapkan modal usaha di masa yang akan datang.