Waktu Yang Tepat Tanam Tomat Dipekarangan Agar Dapat Harga Tinggi



Menanam tomat dipekarangan rumah menjadi alternatif bagi ibu rumah tangga. Terutama bila lahan yang cukup luas. Menanam tomat pun menguntungkan dan berpotensi menjumpai harga tinggi pada buah tomat bila mengerti waktu yang tepat.

Menanam tomat sendiri cukup mudah. Sehingga banyak petani yang juga membudidayakannya.
Namun sangat disayangkan, ketika panen raya para petani tomat tidak mendapatkan harga yang tinggi. Sehingga menyebabkan budidaya tomat menjadi merugi.

Mungkin banyak yang bertanya, "mengapa para petani menanam tomat di waktu yang sama, padahal sudah tahu ketika panen harganya akan murah ?"

Jawabannya ada satu.

Karena para petani yang kita lihat membudidayakan tomat hanya untuk mengisi kekosongan dilahan persawahan.
Sehingga sering kali menyebabkan panen yang melimpah. Dan harganya pun murah.

Setelah ditelusuri, ternyata para petani tersebut memilih tomat karena biaya yang murah, bibit yang murah pula dan masih bisa mendapatkan untung.

"Kok masih untung ?"

Karena menurut mereka, daripada lahan persawahan kosong tanpa tanaman karena kekeringan lebih baik diginakan untuk menanam tomat.
Dan mereka pun menanam dengan seadanya, walaupun hasilnya seadanya namun tetap saja bagi mereka menguntungkan.

Atas dasar itulah banyak para petani padi menanam tomat ketika musim kemarau tiba. Akhirnya menyebabkan harga tomat anjlok bahkan sampai harga per kilo untuk tomat sayur Rp 3.000 saja.

Jika melihat permasalahan diatas, jika memiliki kejelian ada sedikit peluang yang bisa kita manfaatkan.
Yaitu waktu yang tepat untuk mulai menanam tomat, agar harga saat panen bisa tinggi.

Ada 2 waktu yang tepat untuk menanam tomat. Yaitu :

1. 4 Bulan Menjelang Ramadhan

Kita tahu ketika bulan ramadhan tiba harga bahan pokok selalu melambung. Apalagi ketika menjelang lebaran. Tak terkecuali harga tomat.

Bahkan pernah terjadi harga tomat sampai Rp 15.000 per kilogram. Apabila kita jeli, maka peluang seperti ini sangat menguntungkan untuk kita.

kendala yang biasa dihadapai adalah selalu gagal panen. Namun hal ini bisa diminimalisir dengan teknik budidaya yang baik. Apalagi jika menggunakan teknik hidroponik. Maka hasil akan bisa dikontrol dan ditarget. Keberhasilan pun bisa diperoleh dengan mudah.

2. Ketika Musim Tanam Padi

Seperti yang telah saya jelaskan diatas. Pada dasarnya anjloknya harga tomat adalah karena panen yang serentak. Sehingga ketersediaan barang membludak. Alahasil harga pun anjlok atau terjun bebas.

Setelah mengetahui waktu tanam para petani. Maka kita bisa menyiasati waktu tanam kita sendiri. Sehingga bisa didapat hasil panen yang memiliki harga tinggi.

Biasanya para petani padi mulai menanam padi saat musim hujan tiba. Dan ini merupakan salah satu kendala untuk budidaya tomat. Karena jika musim hujan banyak sekali penyakit buah busuk.
Yang bisa mengakibatlan gagal panen. Dan akhirnya merugi.
Untuk itu perlu perawatan khusus agar tomat berkembang dengan baik ketika menanam dimusim ini.

Terkait Dengan Tomat :

Itulah waktu terbaik untuk menanam tomat. Gunakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan harga jual yang mahal. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.