Cara Budidaya Gurame Agar Cepat Panen



Membudidayakan ikan gurame memang susah-susah gampang. Cara budidaya gurame pun sudah sangat banyak di website lain. Dari cara mudah budidaya gurame sampai cara budidaya ikan gurame dengan baik dan benar.

Namun dalam postingan kali ini akan memberikan tips tentang cara budidaya gurame agar cepat panen.

Dalam budidaya gurame, panen yang lama memang menjadi hambatan utama dalam menjalankan usaha ini. Namun, harganya pun sesuai dengan lamanya tingkat pemeliharaan tersebut.

Cara yang terbaik untuk membuat ikan gurame cepat panen adalah :


1. Pemilihan Bibit

Dalam budidaya gurame, biasanya bibit itu bukan dijual dalam takaran gelas ataupun dalam takaran berat. Tapi dijual dengan satuan per ekor. Dan harganya tergantung ukuran bibit itu sendiri.

Tips untuk memilih bibit adalah :

● Pilih bibit yang berwarna hitam

Entah mitos atau bukan, namun pemilihan bibit sesuai warna ini menjadi kepercayaan turun temurun. Anggapan-nya memang bibit yang berwarna hitam memiliki beberapa keunggulan.
Yaitu, pertumbuhannya lebih cepat dan juga tahan terhadap serangan penyakit. Seperti parasit jamur dan lain-lain.


● Pilih ukuran bibit sebesar bungkus rokok

Dalam segi harga memang lebih mahal. Namun dalam segi pertumbuhan pasti lebih baik dan lebih cepat.

Jika bibit sebesar silet membutuhkan waktu kurang lebih 10 sampai 12 bulan untuk dapat dipanen. Namun bila menggunakan bibit sebesar bungkus rokok ini hanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan saja.

Dan dalam segi cost atau biaya pembesarannya pun telah diteliti ternyata sama saja.


2. Pakan

Dalam budidaya ikan gurame, memang pakan yang digunakan baik pakan pabrikan maupun pakan alternatif sangat mudah dicari. Terutama pada pakan alternatif bisa menggunakan daun talas.

Namun, banyak para pembudidaya memberikan pakan alternatif saja. Alasannya untuk mengurangi cost produksi. Padahal sebenarnya itulah yang menghambat pertumbuhan ikan tersebut.

Sehingga ketika membudidayakan ikan gurame pakan harus sesuai. Maksudnya pakan pabrikan tidak boleh di tinggalkan. Agar pertumbuhan ikan gurame menjadi maksimal.


3. Kolam

Kolam yang terbaik adalah kolam tanah. Karena jenis kolam tanah dapat menyediakan pakan alami yang sangat melimpah.
Seperti plankton dan lumut.

Namun jika menggunakan kolam tanah, sebaiknya dilakukan persiapan kolam yang sangat matang. Karena ikan gurame sangat sensitif. Sehingga perlu perlakuan khusus.


4. Air

Maksud disini bukanlah jenis air. Tapi kondisi air yang memiliki kandungan atau ikatan oksigen yang sangat banyak. Sehingga ikan akan lebih cepat pertumbuhannya. Karena suplai oksigen yang mencukupi.

Caranya ada 2 yaitu :

- Gunakan sistem penambahan oksigen menggunakan selang yang dihubungkan dengan kompresor. Selang berada di dasar kolam. Sehingga oksigen tersalurkan dengan baik.

- Gunakan sistem air mengalir. Tak bisa di pungkiri. Air mengalir banyak menyediakan oksigen terlarut didalam kolam. Sehingga ikan gurame akan lebih mudah dalam mengambil oksigen.



Budidaya gurame dengan cara diatas dapat mempersingkat waktu karena bibit yang dipakai memiliki ukuran yang besar. Walaupun lebih mahal. Namun bila dihitung costnya akan sama saja.

Justru dengan memilih bibit yang sudah besar akan meminimkan resiko kematian pada ikan. Selain itu perputaran modal akan lebih cepat. Dibanding memilih bibit yang standar tapi membutuhkan waktu 1 tahun untuk dapat panen. Lebih baik menggunakan bibit yang sudah besar, karena bisa panen selama 2 kali dalam setahun.

Itulah cara termudah agar ikan gurame dapat panen lebih cepat.