Teknik Analisa Forex yang Paling Mudah Untuk Pemula



Teknik atau cara analisa forex yang mudah sangat dibutuhkan bagi pemula untuk memulai trading. Karena dengan analisa, dapat mendobrak profit secara besar.
Atau istilah mudahnya dapat menghasilkan untung yang besar dalam trading forex.

Analisa forex ini tidak terlalu sulit. Sehingga bisa diterapkan oleh pemula yang ingin belajar trading forex. Untuk menambah pemasukan dari profit trading.

Cara analisa forex yaitu sebagai berikut :

Cara ini saya temukan setelah mempelajari forex hampir selama 1 tahun. Dan sampai saat ini cara yang saya temukan masih berguna dan menyumbang profit dalam trading.

Cara analisanya sangat mudah.

Pastikan terlebih dahulu memiliki akun demo. Saya sarankan memakai akun demo dari broker OctaFX. Karena saya juga memakai OctaFX. Dan sampai sat ini masih aman-aman saja.

Fokuslah pada 1 pair mata uang. Maksimal hanya 2 pair mata uang.
Rekomendasi yaitu pair GBP/USD dan JPN/USD.
Karena 2 pair inilah yang pergerakannya konstan dan paling mudah untuk dianalisa.

Ketahui terlebih dahulu trend naik turun dari kedua pair mata uang tersebut


● GBP/USD
Trend naiknya sekitar pukul 19.00 - 21.00 WIB. Lewat waktu tersebut sangat sulit untuk bermain di pair ini.

● JPN/USD
Trend naiknya pada pukul 11.00 - 13.00 WIB. Selebihnya masih bisa naik sampai pukul 15.00 WIB. Namun sangat jarang sekali. Ambilah titik aman saja.


Setelah itu, ketahuilah trend naik turun dari kedua pair diatas dalam kurun waktu mingguan. Karena trend naik berlangsung satu minggu. Dan juga trend turun akan berlangsung satu minggu pula. Namun secara bergantian.

Caranya :

Gunakan akun demo.
Belilah salah satu pair mata uang tersebut.

- GBP/USD pembelian terbaik pukul 11.00 - 13.00 WIB

- JPN/USD pembelian terbaik pukul 19.00 - 21.00 WIB.

Lakukan pembelian pada salah satu pair mata uang diatas. Dan lakukan pada waktu yang tepat pada akun demo terlebih dahulu.
Setelah itu lihat kinerja pada keesokan harinya.

Lihatlah sampai hari kamis sore, karena pada waktu inilah penutupan terbaik di setiap minggunya. Jadi selama satu minggu lakukan 1 kali transaksi saja agar lebih aman.

Jika pada hari kamis, berarti hitungan 1 minggu kita rugi. Lakukan pembelian pada posisi yang sama pada minggu depan. Jika minggu ini untung, lakukan pembelian pada posisi yang berbeda pada minggu depan.
Karena setiap minggu trend naik turunnya berbeda. Bila minggu ini naik maka dipastikan minggu berikutnya akan mengalami trend turun.

Maksud dari pembelian posisi yang sama atau berbeda adalah. Posisi dalam pengambilan sell atau buy.


Contoh :

Saya melakukan open posisi BUY pada senin siang terhadap pair GBP/USD.
Setelah saya pantau selama seminggu, ternyata pada hari kamis saya mendapatkan profit sekian dollar. Maka saya tutup posisi atau close pada hari kamis dan untung sekian dollar.

Pada minggu berikutnya pada hari senin, saya open posisi tetap pada pair GBP/USD.

Karena minggu sebelumnya saya open posisi Buy dan mendapatkan profit. Maka minggu ini saya open posisi Sell.

Itu saya lakukan karena dalam forex, pergantian trend naik turun akan terjadi pada waktu satu minggu.
Artinya bila minggu ini naik maka minggu berikutnya akan turun. Ini sudah pasti.
Sesuai ilmu perdagangan, dimana hargai akan naik bila harga tersebut turun. Artinya harga akan turun terlebih dahulu sebelum harga tersebut naik. Dan ini berlaku juga pada forex.

Jika dalam kasus diatas ternyata saya rugi pada open posisi di minggu pertama. Maka pada minggu berikutnya saya akan open posisi yang sama pada minggu sebelumnya. Dan melakukan open posisi yang berbeda pada minggu berikutnya lagi.


Contoh :

Minggu ini saya open posisi pada hari senin. Yaitu open posisi BUY pada pair GBP/USD.
Setelah hari kamis, ternyata saya loss profit atau rugi.

Maka minggu berikutnya saya open lagi tetap pada posisi BUY dan pada pair yang tetap yaitu GBP/USD.

Setelah hari kamis ternyata saya profit sekian dollar. Dan saya tutup dengan profit tersebut.

Minggu berikutnya lagi dan seterusnya saya menerapkan bergantian. Maka pada minggu berikutnya setelah saya profit saya open posisi SELL. Juga pada pair yang sama.
Karena jika minggu sebelumnya naik pasti minggu berikutnya akan turun. Seperti yang saya jelaskan tadi.


Lakukan seperti contoh pada akun demo terlebih dahulu selama satu bulan.
Setelah mengetahui waktu yang pasti untuk trend naik dan turunnya. Maka mulailah dengan akun real.

Saya rekomendasikan memakai broker OctaFX. Karena cara ini saya pakai pada broker OctaFX.

Itulah cara yang bisa saya berikan. Selamat belajar dan happy trading.

Baca juga : Broker OctaFX Cocok Untuk Trading Akun Mikro