5 Bisnis Online Untuk Mengisi Waktu Luang




Saat ini penghasilan online sangat di dambakan oleh banyak orang. Betapa tidak, banyak sekali orang yang meraup pundi-pundi dollar hanya dengan duduk didepan layar.

Jika anda berharap untuk mendapatkan penghasilan online dan ingin kerja dirumah. Berikut 5 bisnis online yang mungkin cocok untuk anda :


1. Penulis Transkip

Menjadi seorang penulis transkip merupakan sampingan yang menjanjikan. Sekali transkip bisa sampai ratusan ribu.


Cara memulainya :

● Pendengaran yang tajam

Menjadi seorang transkiper harus memiliki pendengaran yang tajam. Dan paham dengan berbagai intonasi. Karena tugas anda adalah mencatat pembicaraan orang lain


● Piawai mengetik

Seorang transkiper juga harus piawai dalam mengetik. Sebab yang diketik mempunyai jarak waktu nol koma sekian detik.


● Fasih dalam berbahasa

Maksudnya adalah dapat mengetahui makna dari kata per kata. Sehingga lebih mudah dalam pengetikan. Tanpa harus mengetik semuanya.



2. Instragramer

Artis Instagram juga sangat menjanjikan. Terlebih jika sudah banyak follower dan bisa berhasil bergabung dengan brand ternama. Tak mustahil jika menginginkan penghasilan yang besar.


Cara memulainya :


● Suka memotret

Karena di Instragram tidak dengan membuat artikel. Yaitu khusus foto atau picture. Sehingga anda harus memiliki hobi tersebut untuk berkarir di Instagram.


● Caption menarik

Ini juga penting, yang pertama agar sukses adalah memulai dari hal yang menarik. Sehingga akan banyak follower.


● Promosi

Diluar sana banyak yang mempunyai keinginan sama seperti anda. Jika anda tidak mempromosikan diri sendiri. Maka mustahil untuk terkenal.


● Belajar dari Instragramer sukses

Proses belajar sangat perlu untuk seorang pemula. Jangan malu untuk bertanya kepada para master. Justru mereka akan ramah tamah dengan para pemula.








3. Periset Pinterest

Pinterest hampir sama dengan Instagram. Hanya saja perbedaan dari pinterest adalah tempat untuk mempromosikan web dengan gambar atau thumbnail yang menarik.


Cara memulainya :


● Antusias dan ingin tahu

Kenapa harus ada rasa ingin tahu ?
Karena dalam Pintereat ini tidak ada teks yang menggambarkan suatu tempat atau website. Hanya sebuah picture. Untuk itu anda dituntut untuk mengetahui cocok atau tidaknya gambar tersebut.


● Familiar dengan Internet

Bagaimana mau menjadi periset jika tidak paham apa itu Internet dan berbagai seluk beluknya. Karena dengan mampu mengetahui atau mengakses Internet maka anda akan mempunyai bahan untuk riset sebuah web yang ada didalam Pinterest.


● Berkontribusi di Web

Artinya anda harus paham dengan web tersebut sebelum memulai sebuah riset. Dan anda tau betul seluk beluk tentang Web. Baik dari yang termudah sampai dari yang tersulit.




4. Ebayer (pelelang di Ebay)

Banyak sekali barang yang tidak terpakai tapi sangat berguna di luar sana. Dari sini anda bisa mendapatkan pundi-pundi dolar dengan cara online dan paruh waktu.


Cara memulai :


● Siapkan barang yang akan di lelang

Barang ini bisa anda dapatkan di sekitar tempat tinggal, saudara atau juga tetangga. Cari barang yang sudah tak terpakai dan tidak laku do ti daerahmu. Jual di Ebay dan dapatkan penawaran.


● Buat akun di Ebay

Akun ini ibarat toko. Jika tak punya akun bagaimana mau jualan. Log In saja tidak bisa.
Langkah pertama buatlah akun di Ebay. Caranya sangat mudah, googling di google juga banyak tutorialnya.


● Perhatikan sistem fee

Sebelum menjual, periksa dahulu sistem fee-nya. Jangan sampai fee tersebut merugikan anda sendiri


● Buka akun paypal

Akun paypal digunakan untuk proses pembayaran. Yang berfungsi sebagai rekening di Internet.
Banyak penyedia jasa pembuatan paypal online. Silahkan googling di google.




5. Penguji Website

Menjadi seorang penguji tidak harus seorang yang mempunyai gelar Doctor. Kamu juga bisa melakukannya. Asal tahu tentang apa itu website dan turunan-turunannya.


Cara memulainya :


● Familiar dengan teknologi informasi

Website merupakan tempat informasi dan syarat akan teknologi. Jadi yang harus anda persiapkan adalah mengenal dan mengerti tentang apa itu teknologi informasi dan yang ada di dalamnya. Baik web, online shop dan lain-lain.


● Menguasai bahasa inggris

Banyak sekali website yang menggunakam bahasa Inggris. Selain itu, kebanyakan website yang membutuhkan penguji website adalah website dari luar negeri. Untuk itu anda harus pandai dalam bidang ini.


● Teliti dan Akurat

Seorang penguji tentu harus memiliki ketelitian yang tinggi. Dan juga dapat memperkirakan suatu hal yang berkaitan dengan website tersebut.



● Kemampuan menulis dasar

Seorang penguji juga harus mampu menulis. Maksudnya menulis secara ilmiah dan mudah dipahami. Karena pendapatnya akan di tuangkan dalam tulisan dan itu anda sendiri yang membuat.


● Ikuti sample tes

Untuk menjadi penguji website. Cobalah untuk mengikuti tes. Biasanya anda disuruh bicara. Para dewan juri akan mampu menilai layak tidaknya anda melalui gaya bicara.


Itulah 5 usaha bisnis online yang wajib di coba dan juga cara memulainya. Kunci utama adalah follower. Jika follower anda banyak tentunya akan mudah dalam meraih semuanya.
Semoga beruntung dan sukses.