Usaha Rumahan Yang Lagi Trend Dan Mudah Di Jalankan




Usaha rumahan menjadi pilihan utama ketika modal yang dimiliki tidak mencukupi. Selain itu, faktor yang mendorong untuk menekuni usaha rumahan adalah karena waktu yang terbatas.
Namun dengan usaha rumahan ini banyak ibu rumah tangga yang sukses.

Sebagai referensi berikut usaha rumahan yang lagi trend di tahun ini :



1. Usaha Online



Usaha ini menjadi sangat diminati oleh semua kalangan. Dan juga banyak yang memimpikan mempunyai penghasilan dari usaha online.

Nyatanya bisnis online tidak semudah yang dibayangkan. Harus melewati masa perjuangan yang juga membutuhkan waktu, dan juga modal yang tidak sedikit. Jika masih bersikeras untuk menekuni usaha online. Berikut daftar usaha online yang wajib di coba :


● Membuat Toko Online

Membuat toko online bisa menciptakan peluang untuk memasarkan produk ke area yang lebih luas. Sehingga produk yang dijual memiliki potensi yang besar untuk bisa laku dalam jumlah yang banyak



● Menjadi Dropshiper

Jika tidak memiliki barang yang akan dijual melalui toko online. Maka bisa mengisinya dengan barang atau produk hasil dropshiper.
Prinsipnya yaitu kita selaku pemilik toko online menjadi online marketer. Sehingga ketika ada yang memesan produk dari kita maka saat itu pula kita order ke perusahaan atau toko penyedia produk yang dipesan tersebut.
Sehingga dari proses pengemasan sampai pengiriman barang dilakukan oleh penyedia dropship itu sendiri.



● Penulis Lepas

Jika tidak memiliki bakat seperti yang diatas, maka anda wajib mencoba usaha sampingan yang satu ini. Yaitu sebagai penulis lepas. Banyak sekali tempat bagi penulis lepas yang terbukti sudah membayar.

Baca juga : Tempat kerja Sampingan Menulis Artikel


● Membangun Sebuah Blog

Jika memiliki keahlian menulis atau memiliki hobi menulis. Segeralah membuat website atau blog sederhana. Setelah itu moniteze website dengan berbagai media periklanan yang saat ini sudah semakin menjamur.




2. Usaha Kue



Usaha kue juga tak kalah menjanjikan dengan usaha yang lainnya. Kue merupakan jajanan yang sangat mudah dalam pemasarannya. Terlebih jika harga yang ditawarkan murah dan terlihat menarik.


Tips untuk memulai usaha rumahan kue :

● Buatlah sample dan bagikan ke tetangga sekitar. Catat dan simpulkan, jenis kue apa yang paling banyak diminati.

● Tentukan target, apakah anak, dewasa atau lansia. Karena dari 3 generasi tersebut memiliki selera yang berbeda-beda.

● Usahakan harga kue sangat terjangkau. Agar dapat menjangkau ke setiap lapisan masyrakat.

● Terus kembangkan ide-ide kreatif. Karena usaha ini rentan dengan masalah bosan. Sehingga anda di tuntut untuk kreatif dan inovatif.


Sedangkan target utama untuk pemasaran kue ini yaitu ketika bulan ramadhan. Namun jika hari-hari biasa masih bisa mendapat pasar konsumen yaitu dari kantin-kantin sekolah. Ditambah saat ini banyak sekolah yang menerapkan kantin sehat, oleh karena itu usaha kue ini semakin menarik untuk di tekuni.




3. Usaha Pembuatan Boneka



Jika memiliki keahlian menjahit, maka manfaatkan untuk memproduksi boneka skala rumahan. Jika membuat baju maka sudah banyak sekali saingan bisnis yang sama persis dengan anda. Maka lebih baik anda memilih jalan yang sepi namun menguntungkan.

Jika tidak memiliki keahlian menjahit, tidak masalah. Anda bisa mencari pekerja yang sudah ahli dalam urusan jahit menjahit. Setelah itu, siapkan peralatan dan modal untuk memproduksi boneka skala rumahan.

Tips jika akan menekuni usaha boneka namun tidak memiliki keahlian dalam urusan jahit menjahit.

● Carilah para penjahit yang memiliki skill namun tidak memiliki usaha yang besar. Atau para penjahit yang tidak memiliki modal besar. Ajak bergabung dengan anda.
● Bukalah lembaga kursus menjahit. Dan berilah arahan kepada para penjahit untuk mengajarkan cara membuat boneka.

Dengan 2 strategi diatas, secara tidak langsung kita selaku pemilik tempat kursus juga dapat memproduksi boneka tanpa harus membayar gaji pegawai. Bahkan malah dibayar.

Ketika ada salah satu peserta kursus yang memiliki skill diatas rata-rata, rekrut dan ajak bergabung untuk mengembangkan usaha boneka sekaligus mengembangkan lembaga kursus menjahit.

Setelah itu tawarkan boneka dengan harga yang semurah-murahnya. Tanpa disadari dengan menjual boneka semurah-murahnya dapat menarik minat calon konsumen. Sehingga dapat bersaing dipasar boneka luar.


Itulah usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Jika akan memulai sebuah usaha, maka tentukan semuanya dengan sangat matang. Baik modal, tempat sampai target pemasaran.
Jika semuanya dapat berjalan seimbang, tentu profit akan mudah untuk dicapai.