Pakan Alternatif Ikan Gabus Untuk Mempercepat Pertumbuhan


Pakan Alternatif Ikan Gabus

Pakan alternatif untuk ikan gabus tentu dibutuhkan oleh para pembudidaya. Tujuannya untuk mengurangi biaya produksi pakan.
Dan tentunya pakan alternatif adalah pakan yang mudah untuk dicari. Selain itu, harapan penggunaan pakan alternatif ini agar ikan gabus cepat besar.

Beberapa pakan alternatif ikan gabus dibawah ini mungkin bisa menjadi pilihan anda.
Berikut pakan alternatif ikan gabus yang memiliki standar gizi :

1. Keong

Pakan alternatif ikan gabus yang pertama yaitu keong. Keong mengandung banyak protein. Selain itu, keong ini dapat dengan mudah di dapatkan. terlebih jika rumah anda atau kolam budidaya ikan gabus dekat dengan rawa. Tentu saja mencari rawa bukanlah hal yang menyulitkan. Dan bukanlah masalah besar bagi pembudidaya ikan gabus.

Dari berbagai kelebihannya itulah keong ini direkomendasikan sebagai pakan alternatif untuk ikan gabus. Murah meriah, mudah untuk di dapatkan dan juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hanya saja kendala dari keong ini yaitu ikan gabus tidak begitu menyukainya.


2. Bekicot

Sama seperti pakan alternatif ikan gabus yang pertama. Bekicot atau siput sudah sangat terkenal dan terbukti mampu mempercepat pertumbuhan ikan. Karena mengandung protein yang juga cukup tinggi. Ikan gabus pun juga menyukainya.

Yang menjadi kendala adalah bekicot sangat susah ditemukan bila musim kemarau. Sehingga anda harus berfikir ulang untuk menggantikannya ketika sudah mulai susah didapatkan.Tetapi bekicot ini sebenarnya dapat dibudidayakan. Yang terpenting anda menyiapkan tempat yang lembab dan tersedia banyak makanan.

3. Ikan Rucah

Ikan rucah bisa anda temukan di tempat lelang ikan. Harganya pun tergolong sangat murah. Sehingga bisa dijadikan pakan alternatif yang tinggi akan protein.
Cara pemberiannya juga mudah, cukup potong kecil-kecil sesuai umur ikan gabus. Usahakan jangan terlalu lembut. Atau bisa juga memberikan ikan kecil yang masih hidup.

Jika dibandingkan dengan kedua pakan alternatif ikan gabus diatas, tentu ikan rucah ini lebih direkomendasikan. Karena ikan gabus sendiri di alam liar tentu saja memakan ikan-ikan kecil yang ada di sekitar habitatnya. Sehingga apabila nada memberikan pakan alternatif ikan gabus berupa ikan rucah, tentu saja tingkat pertumbuhan ikan gabus itu sendiri akan lebih optimal. Walaupun tidak seoptimal jika menggunakan pellet atau pakan pabrikan sebagai pakan ikan gabus itu sendiri.


4. Nasi

Pakan alternatif terakhir adalah nasi. Namun pakan alternatif ini jangan terlalu banyak anda pakai. Karena minim protein.
Cara menggunakannya bisa di campur dengan pakan pabrikan atau pelet ikan. Lalu berikan kepada ikan.


Untuk ikan gabus sendiri sebenarnya sangat mudah. Karena ikan ini ikan karnivora. Dan banyak sekali pakan alternatif yang bisa digunakan. Atau anda bisa meracik pakan buatan sendiri dirumah. Pilihlah jenis pakan alternatif yang dapat mengurangi biaya produksi budidaya ikan gabus itu sendiri.