Jenis Pakan Ikan Nila Terbaik Agar Cepat Besar


Pakan Alternatif Ikan Nila

Untuk mendapatkan hasil pertumbuhan ikan nila yang cepat besar. Pakan menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan.
Misal pembudidaya melakukan teknik pembudidayaan yang maksimal. Seperti potong sirip ikan atau menggunakan kolam berarus, sama saja nol bila tidak di imbangi dengan kualitas pakan.

Untuk itu, berikut ini pakan terbaik untuk ikan nila agar cepat besar.

Pakan yang terbaik untuk ikan nila sebenarnya pakan pabrikan atau pellet. Karena didalamnya sudah tertera kandungan pakan yang dibutuhkan oleh ikan. Sehingga untuk budidaya skala bisnis. Maka pakan pabrikan menjadi pakan yang efektif. Dan bisa diandalkan.

Kendalanya memang harganya yang cukup mahal. Oleh karena itu anda bisa menyiasati dengan membuat pakan pellet sendiri.
Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan pellet antara lain :


1. Bekatul

Bekatul dapat digunakan karena memiliki kandungan gizi yang cukup baik bagi ikan. Selain itu harganya juga relatif murah. Bekatul juga merupakan salah satu bahan pakan alternatif ikan nila yang mudah untuk didapatkan.Terlebih ketika musim panen padi tiba. Harga bekatul akan jauh lebih murah.

Beberapa kandungan yang ada di dalam bekatul diantaranya mineral, vitamin B kompleks, vitamin B15, vitamin E, Protein, Kalsium, Mgnesium dan masih banyak lagi. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan ikan nila.

2. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai juga bisa digunakan sebagai campuran dalam pembuatan pakan. Karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, bungkil kedelai ini juga mudah didapatkan. Harganya pun juga cukup murah. Sehingga kami rasa bungkil kedelai ini salah satu pakan alternatif ikan nila yang direkomendasikan.


3. Tepung Ikan

Untuk yang satu ini wajib. Karena protein yang utama didapat dari bahan tepung ikan. Meskipun harganya cukup mahal, tetapi tepung ikan masih tergolong layak sebagi pilihan pakan alternatif ikan nila. Krena dalam penggunaannya pun tepung ikan ini hanya beberapa persen saja.


4. Minyak Ikan

Minyak ikan bisa dipakai bila tidak ada tepung ikan. Kandungan protein-nya juga sama tinggi. Tetapi sebaiknya gunakan saja tepung ikan. Karena selain harganya yang cukup mahal dan agak sulit untuk di peroleh. Ikan nila lebih menyukai tepung ikan dibandingkan dengan minyak ikan.


5. Kepala Udang

Kepala udang merupakan bahan yang murah dan dapat dipakai sebagai pengganti tepung ikan atau minyak ikan. Kandungan protein juga sama-sama tinggi. Biasanya kepala udang ini dijual dengan harga yang sangat murah meriah. Ketersediannya pun juga sangat melimpah.


6. Eceng Gondok

Eceng gondok adalah salah satu bahan dari jenis tumbuhan yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan nila. Eceng ini pun juga sangat mudah ditemukan serta harganya murah meriah. Tetapi untuk hasil yang maksimal, sebaiknya anda tetap gunakan tepung ikan atau kepala udang.

Itulah deretan jenis pakan nila terbaik uagar cepat besar. Perlu diketahui bahwa pakan diatas adlah jenis-jenis pakan alternatif. Tentu saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakan pakan pabrikan. Tentunya dengan memperhatikan ransum yang tepat.

Dalam memberi pakan ikan nila, tentu harus sesuai rumus agar pemberian pakan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Sehingga tidak ada pakan yang terbuang sia-sia. Penguunaan pakan yang efektif dan efisien tentu juga akan mempengaruhi keuntungan yang akan di dapat.

Berikut rumus pemberian pakan ikan nila :

  • Dalam sebuah kolam ada 1500 ekor ikan nila dengan ukuran 10-20 gram/ekor.
  • Rata-rata bobot ikan → (10+20)/2 = 15 gram/ekor.
  • Perhitungan pakannya  adalah → 15 x 1500 x 3% = 675 gram = 6,75 kg per hari
  • Cek pertumbuhan bobot ikan setiap dua minggu untuk menyesuaikan jumlah pakan.

Proses pembuatan baca di :
Cara Membuat Pakan Pellet Sendiri Untuk Mengurangi Biaya Produksi

Harus diperhatikan, ketika memberi pakan hendaknya disebar secara merata. Sehingga seluruh populasi ikan mendapat jatah pakan sesuai kebutuhannya. Itulah informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan menjadi berkah buat kami.