Kerja Sampingan Yang Bisa Di Lakukan Oleh Karyawan



Kerja sampingan, biasanya di cari oleh para karyawan untuk menambah income atau pemasukan.
Kerja sampingan yang cocok tentu tidak mengganggu waktu bekerja karyawan tersebut.

Banyak sekali jenis kerja sampingan yang bisa dipilih. Mulai dari online yang bisa dilakukan di rumah sampai kerja sampingan offline lainnya.
Namun yang paling dicari biasanya adalah kerja sampingan online tanpa biaya alias gratis.

Berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk anda para karyawan :


1. Kerja Driver Online



Dalam era modern seperti sekarang, kerja menjadi driver online menjadi kerja sampingan yang favorit dan di lakukan oleh banyak orang. Tidak
hanya karyawan, mahasiswa pun bisa melakukan kerja sampingan ini.

Keunggulannya tentu hasilnya pasti dan waktunya fleksibel. Sehingga tidak mengganggu waktu utama. Dan tentunya yang paling di cari adalah tanpa modal.

Ada banyak sekali pilihan driver online ini. Dari Go Jek sampai Grab bisa anda pilih. Tergantung kendaraan apa yang bisa anda pakai.



2. Membuka Jasa Layanan PPOB



layanan ini juga bisa anda pilih sebagai alternatif kerja sampingan. Waktunya fleksibel, tempat pun juga begitu. Anda bisa melakukan transaksi dimana saja.

Namun kelemahannya bisnis ini memerlukan modal untuk memulainya. Namun tidak begitu banyak. Hanya dengan ratusan ribu anda sudah bisa memulai usaha ini. Dan saya rasa ini adalah kerja sampingan yang cocok untuk karyawan.

Dalam proses marketing-nya anda bisa menawarkan ke rekan kerja di kantor atau di instansi tempat anda bekerja. Tentu sebagai teman mereka akan memilih anda dibanding yang lainnya. Selain karena percaya, tentu teman anda juga tidak akan memberikan rezeki kepada orang lain apabila teman dekat berhak menerimanya.

Ada banyak layanan PPOB online yang bisa anda pilih. Bebas Bayar, Fastpay, sampai Paytren. Bisa anda searching di google.



3. Menjadi Seorang Blogger Atau Vlogger



Menjadi seorang bloger ataupun vloger tentu harus memiliki kreativitas yang tinggi. Anda sebagai seorang karyawan bisa mencoba peruntungan di dunia ini.

Kerja sampingan ini tanpa modal, hanya sekedar modal kuota internet dan juga skill yang anda miliki. Skill-nya pun bisa anda pelajari secara otodidak.

Waktu juga fleksibel, apalagi tempat. Yang penting ada PC dan koneksi internet kerja sampingan ini sudah jalan. Namun yang menjadi kelemahan adalah sangat sulit sekali untuk mendapatkan income. Jika anda membutuhkan dana cepat jangan memilih kerja sampingan ini. Karena akan membosankan.



4. Trading Online



Trading di zaman sekarang juga sudah banyak dilakukan. Terlepas dari unsur riba atau halal dan haram. Trading ini bisa dilakukan oleh siapapun.

Namun sangat beresiko untuk pemula. Karena akan berdampak pada kerugian yang kapanpun bisa terjadi.
Walaupun begitu, kerja sampingan ini juga memberikan kemungkinan income yang sangat besar.


Itulah beberapa kerja sampingan yang bisa di kerjakan oleh karyawan. Sebelum memilih kerja sampingan apa yang akan anda pilih. Penting sekali mempertimbangkan waktu yang anda miliki. Jangan sampai pekerjaan utama terganggu. Selain itu faktor kesehatan juga tak kalah penting.