3 Cara Pemberian Vaksin Pada Ayam Kampung



Cara pemberian vaksin yang benar pada ayam kampung memang harus diperhatikan. Tujuan pemberian vaksin pada ayam kampung tentu agar ayam kampung dapat berkembang dengan baik. Bebas penyakit dan juga memperkecil rasio kematian.

Namun banyak peternak yang tidak begitu mengerti cara yang benar dalam pemberian vaksin. Mungkin untuk peternak pemula hanya memberikan vaksin dengan air minum saja. Padahal ada beberapa jenis vaksin yang harus diberikan.
Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut :

1. Vaksin Melalui Tetes Mata, Hidung, dan Mulut

Tujuan diberikan vaksin tetes yaitu untuk menetralisir sifat bawaan dari induk. Sehingga sifat-sifat dari indukan yang kurang menguntungkan akan hilang. Vaksin ini cukup efektif dan efisien. Karena setiap ayam akan mendapatkan vaksin yang dosisnya sama rata.

Biasanya vaksin tetes diberikan pada saat ayam kampung berumur kurang dari 1 minggu. Kelemahan dari vaksin tetes yaitu tenaga dan waktu yang dibutuhkan cukup banyak. Namun untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan 2 orang atau lebih.

2. Vaksin Air Minum

Vaksin ini diberikan dengan cara mencampurkan vaksin dengan air minun yang biasa di berikan oleh ayam kampung. Pemberian vaksin minum ini cukup mudah dan tidak merepotkan. Karena cukup mencampur vaksin dengan air minum.

Biasanya dalam pemberian vaksin minum, dosis yang diberikan 2 kali dosis. Apabila jumlah ayam sebanyak 400 ekor. Maka dosis yang diberikan sebanyak 800 dosis. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi ayam yang tidak begitu banyak mengkonsumsi air minum.

3. Vaksin Suntik

Vaksin suntik merupakan vaksin yang paling efektif dan efisien. Vaksin ini diberikan dengan cara di suntik pada bagian tertentu ayam kampung. Sehingga vaksin akan bekerja lebih cepat.

Selain itu, memberikan vaksin suntik juga sangat mudah. Karena sudah banyak toko peralatan ternak yang menjual peralatan vaksin suntik ini.
Baca juga : Cara Vaksin Suntik
Itulah cara pemberian vaksin pada ayam kampung. Sebaiknya anda menggunakan semua jenis metode diatas agar ayam kampung dapat tumbuh dengan maksimal serta memberikan keuntungan yang maksimal pula.