Cara Suntik Vaksin Ayam Petelur Yang Benar



Suntik vaksin pada ayam petelur sangat dibutuhkan. Hal itu dikarenakan suntik vaksin tersebut berfungsi untuk memaksimalkan produksi ayam petelur. Selain itu agar daya tahan terhadap penyakit semakin baik. Sehingga, peternakan ayam petelur yang anda kelola diharapkan dapat meraih profit secara maksimal. Dan juga mengurangi resiko kematian terhadap ayam petelur itu sendiri.
Jika suntik vaksin terhadap ayam petelur tidak anda lakukan, maka usaha peternakan yang anda kembangkan tidak terjamin untuk kedepannya.

Untuk melakukan suntik vaksin pada ayam petelur harus dilakukan dengan benar. Agar vaksin yang digunakan tidak terbuang sia-sia. Sehingga akan lebih efektif dan efisien. Cara yang benar untuk suntik vaksin ayam petelur yaitu sebagai berikut :


1. Jenis Vaksin Untuk Metode Suntik

Jenis vaksin yang digunakan untuk metode suntik vaksin ada 2. Keduanya dilakukan pada waktu yang berbeda.

Jenis vaksin tersebut yaitu

● Vaksinasi Coryza, vaksin ini di berikan kepada ayam petelur ketika ayam petelur berumur 7 minggu,  12 minggu, dan 17 minggu. Untuk dosis silahkan dibaca pada aturan pakai yang tertera pada botol vaksin tersebut.

● ND Kill, vaksin ini di berikan kepada ayam petelur ketika ayam petelur berumur 20 minggu. Kemudian di berikan kembali setiap 6,5 bulan sekali.



2. Tata Cara Suntik Vaksin Ayam Petelur

Untuk cara penyuntikan vaksin terhadap ayam petelur tidak berbeda dengan penyuntikan vaksin pada ayam lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca panduan suntik vaksin terhadap ayam petelur berikut ini :

● Persiapkan ayam petelur yang akan di suntik vaksin

● Sterilkan terlebih dahulu alat suntik yang akan di gunakan. Dengan cara merendamnya dalam air mendidih selama 30 menit

● Setelah itu siapkan vaksin yang akan di gunakan. Kocok terlebih dahulu dan baca aturan pakai.

● Larutkan 1000cc dosis vaksin dengan 500cc larutan aquades

● Suntik ayam dengan dosis yang dianjurkan.

● Penyuntikan dilakukan pada area bawah kulit (subtucan)

● Bagian yang tepat yaitu pada area belakang leher bagian bawah dan pada otot dada atau otot paha.

Itulah cara tepat penyuntikan vaksin pada ayam petelur. Lakukan suntik vaksin secara teratur sesuai anjuran agar peternakan anda memberikan keuntungan yang maksimal.