Pengertian Bitcoin, Mata Uang Virtual Masa Depan



Mungkin para trader, khususnya trader forex sudah paham dengan istilah valas. Namun banyak sekali trader yang belum mengerti tentang Bitcoin. Bitcoin juga bisa di perjual belikan seperti valas. 

Lalu apa pengertian Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang muncul pada tahun 2009. Mata uang virtual ini pertama di kembangkan oleh orang yang memiliki nama jepang Satoshi Nakamoto. Namun diketahui bahwa nama tersebut adalah nama samaran. 

Bitcoin ini diciptakan dengan cara minning. Yaitu menemukan masalah matematika yang sangat komplek dengan komputer yang sangat canggih. Orang yang bekerja untuk menguraikan block matematika ini dinamakan minner.
Setiap minner yang menemukan 1 block bitcoin maka akan diberikan imbalan sebesar 50 BTC, namun sekarang menjadi 25 BTC per block.

Jumlah Bitcoin yang beredar diseluruh dunia dibatasi sebanyak 21 juta Bitcoin. Hal ini dilakukan agar harga Bitcoin tidak anjlok dan tidak terkena dampak inflansi.
Sehingga sama seperti emas. Memang ada yang mengatakan bahwa Bitcoin ini adalah E-Gold. Meskipun sebenarnya bukan. 

Bitcoin memiliki nilai tukar yang sangat tinggi. Lebih tepatnya nilai jual, bukan nilai tukar. Dalam beberapa bulan terakhir sempat menyentuh diatas 50 juta rupiah. Dengan harga awal sekitar 4 jutaan saja.

Atas dasar jumlahnya yang tidak banyak dan dibatasi, sehingga Bitcoin dapat diperjual belikan dan bisa juga disimpan untuk investasi. Karena Bitcoin harganya cenderung naik.