Menguntungkan Ayam Petelur Atau Puyuh Petelur



Banyak peternak yang bingung ketika akan memilih peternakan ayam petelur atau puyuh petelur. Dikarenakan mereka belum mengetahui secara pasti, yaitu lebih menguntungkan ayam patelur atau puyuh petelur. Untuk itu, kali ini akan kami bahas tentang keuntungan ayam petelur dan puyuh petelur. Sehingga akan didapat kesimpulan, lebih untung ayam petelur atau puyuh petelur.

Berikut bahasan untuk ayam petelur dan puyuh petelur.


1. Modal

Darai segi modal sudah jelas ternak ayam petelur lebih membutuhkan modal yang banyak di banding ternak puyuh petelur. Selain harga bibit, biaya pembuatan kandang dan juga pakan. Ayam petelur memiliki jumlah biaya yang lebih banyak.

Untuk anda yang pemula, dengan modal yang sedikit bisa anda pilih jenis peternakan ayam petelur atau puyuh petelur.



2. Perawatan

Untuk perawatan, ayam petelur dan puyuh petelur cenderung sama. Perawatan yang intensif akan menghasilkan jumlah produksi yang maksimal. Sehingga bisa di simpulkan bahwa perawatan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja puyuh petelur lebih mudah stress dibandingkan ayam petelur.



3. Ransum

Tentu untuk ransum, puyuh petelur lebih di unggulkan. Ransum puyuh petelur tidak sebanyak ayam petelur. Sehingga modal yang di keluarkan akan lebih sedikit. Selain itu, harga vaksin juga lebih murah puyuh petelur dibandingkan ayam petelur.



4. Produksi Telur

Produksi telur relatif sama. Ayam petelur dan puyuh petelur akan memproduksi telur dengan baik apabila perawatan yang dilakukan secara maksimal. Sehingga keduanya memiliki peluang yang sama dalam urusan memproduksi telur. Tergantung anda yang mengatur dan merawatnya.



5. Pemasaran

Pemasaran juga tidak ada masalah. Keduanya baik, ayam petelur maupun puyuh petelur memiliki peluang pemasaran yang cukup luas dan terbuka. Karena dua jenis telur ini berada pada jalur yang berbeda. Sehingga tidak ada hambatan.



6. Kesimpulan

Kesimpulan dari deskripsi diatas, bahwa ayam petelur dan juga putuh petelur sama-sama menguntungkan. Keduanya memiliki peluang yang sama dan berpotensi memberikan keuntungan yang besar. Namun saran kami, jika anda memulai bisnis peternakan telur dengan modal yang besar. Pilihlah ayam petelur. Selain lebih terjamin, telur ayam juga lebih di butuhkan.

Jika anda memulai dengan modal yang kecil atau seadanya. Mulailah dari burung puyuh terlebih dahulu. Sehingga tidak begitu membutuhkan modal yang banyak.