Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Telur Pada Ayam Petelur



Kemampuan produksi telur pada ayam petelur memang menjadi masalah yang sering di temui oleh para peternak. Meningkatkan produksi telur pada ayam petelur pun tidak mudah. Butuh proses dan juga pengamatan serta uji coba yang cukup lama. Tentu berkaitan dengan ransum dan yang lainnya.

Proses produksi telur pada ayam petelur memang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga anda sebagai peternak ayam petelur harus mampu mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi produksi telur pada ayam-ayam petelur milik anda. Dan lakukan analisa untuk memperoleh formula yang tepat untuk meningkatkan produksi telur pada peternakan ayam anda.

Faktor utama yang mempengaruhi produksi telur pada ayam petelur adalah sebagai berikut :


1. Ransum

Ransum ini sangat mempengaruhi. Inilah yang paling mempengaruhi proses produksi telur pada ayam petelur. Ransum yang tidak tepat tentu akan berdampak langsung pada penurunan produksi ayam petelur anda.

Sebaliknya, ransum yang standar juga belum tentu mampu meningkatkan produksi telur pada ayam petelur itu sendiri. Sehingga anda perlu mengkaji ransum yang telah anda terapkan dalam peternakan anda. Coba lakukan eksperimen kecil pada sebagaian ayam. Dan bandingkan dengan ayam yang menggunakan ransum standar. Jika memang berhasil gunakan ransum tersebut pada semua ayam di peternakan milik anda.



2. Faktor Lingkungan

Faktir lingkungan juga sangat mempengaruhi jumlah produksi telur pada ayam petelur. Suasana di sekitar kandang yang berisik dan kurang kondusif akan mengakibatkan penurunan terhadap jumlah produksi telur pada ayam petelur.
Hal ini diakibatkan karena dengan kondisi di sekitar kandang yang berisik akan membuat ayam petelur menjadi lebih mudah stress.

Jika ayam petelur sudah mengalami stress. Sudah pasti jumlah produksi telur akan menurun drastis. Sehingga sangat penting untuk anda menjaga kondisi lingkungan sekitar kandang ayam petelur.


Untuk anda yang memiliki peternakan ayam petelur atau akan membuka peternakan ayam petelur. Usahakan pilih tempat yang tepat untuk lokasi kandang. Antara lain sebagai berikut :


1. Jangan Di Tengah Keramaian

Tentu jika anda memilih lokasi ditempat yang ramai. Ayam petelur anda akan stress dan tidak memproduksi telur secara teratur.

2. Jangan Terlalu Dekat Dengan Rumah

Kandang ayam petelur memiliki limbah yaitu sisa pakan dan juga kotoran dari ayam petelur itu sendiri. Jika anda memilih lokasi di dekat rumah atau dekat dengan tetangga. Tentu akan mengganggu dan menimbulkan banyak penyakit.


3. Tempatkan Pada Tempat Yang Lapang

Langkah ini bertujuan agar ayam petelur mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup di setiap harinya. Dan usahakan jangan memakai kandang tertutup agar udara dapat bersikulasi dengan baik. Sehingga ayam petelur tidak merasa stress.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi produksi telur pada ayam petelur. Semoga dapat membantu anda. Temukan informasi seputar usaha ternak lainnya di website ini.