Jumlah Produksi Telur Ayam Petelur Dalam Sehari



Jumlah produksi atau kemampuan ayam bertelur dalam sehari biasanya sebanyak 2 kali. Namun ada beberapa peternak ayam petelur yang mengatakan bahwa ayam petelur miliknya mampu bertelur hingga 3 kali dalam sehari. Jumlah produksi telur ayam petelur dalam sehari ini tidak bisa di tentukan secara pasti. Karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi produksi ayam petelur bisa anda baca Disini

Untuk anda yang akan mencoba ternak ayam petelur. Biasanya ayam petelur mampu memproduksi telur sebanyak 2 kali dalam sehari. Ini di hitung secara normal. Dengan ransum standar ayam petelur. Namun kemungkinan besar anda masih bisa meningkatkan produksi harian ayam petelur dengan menambahkan formula sedikit lebih banyak pada ransum ayam petelur miliki anda.

Seperti peternak Asrori asal Tuban, Jawa Timur. Asrori mengatakan bahwa ayam petelurnya mampu memproduksi telur sebanyak 3 kali dalam sehari. Dia mengatakan bahwa ransum yang dia tambahkan adalah cacahan daging bekicot.
Asrori memiliki 1000 ekor ayam petelur. Dengan pemberian ransum hasil modifikasinya, rata-rata sehari dari jumlah keseluruhan ayam petelur miliknya mampu menghasilkan telur sebanyak 2500 sampai 3000 butir telur. Atau jika di timbang mencapai 200 kg. Sedangkan total biaya ransum yang di butuhkan sebesar Rp 1.000.000,-

Dari keterangan peternak diatas, produksi telur pada ayam petelur dalam sehari bisa ditingkatkan dengan penambahan ransum ayam petelur itu sendiri. Sehingga ayam petelur mampu memproduksi telur sebanyak 3 butir dalam sehari. Namun untuk ukuran rata-rata, setiap 1 ekor ayam petelur mampu menghasilkan 2 butir telur dalam sehari.