4 Ide Usaha Budidaya Rumahan Yang Menguntungkan



Usaha budidaya rumahan bisa menjadi alternatif untuk ibu rumah tangga atau karyawan yang bekerja di sebuah instansi tertentu. Dengan mengembangkan usaha budidaya rumahan, tentu akan menambah income atau pemasukan yang bisa membantu perekonomian sebuah keularga.
Beberapa ide usaha budidaya rumahan yang menguntungkan bisa anda temukan disini. Karena dalam postingan kali ini akan kami berikan ide usaha budidaya rumahan yang menguntungkan. Baik budidaya tanaman maupun budidaya peternakan.

Berikut ini info tentang usaha budidaya rumahan yang menguntungkan buat anda.


1. Budidaya Anggrek

Budidaya anggrek dapat dilakukan di sekitar pekarangan rumah. Budidaya ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas. Budidaya anggrek menjadi salah satu budidaya rumahan yang menguntungkan karena dilihat dari beberapa aspek penting.

Yang pertama adalah waktu, dalam budidaya anggrek. Tentu anda tidak akan memerlukan banyak waktu untuk melakukan perawatan. Sehingga cocok untuk anda yang sedang bekerja di sebuah instansi. Selain itu, tempat yang dibutuhkan juga tidak begitu luas. Sehingga bisa anda lakukan di sekitar area pekarangan rumah. Dan yang paling penting, budidaya anggrek memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Karena harga anggrek jenis tertentu sangat mahal.



2. Budidaya Tanaman Obat

Budidaya tanaman obat sangat cocok untuk dilakukan sebagai usaha sampingan. Waktu yang dibutuhkan untuk perawatan tidak begitu banyak.
Namun anda harus pandai dalam memilih jenis tanaman obat yang akan anda budidayakan. Usahakan tanaman yang langka dan harganya mahal.



3. Budidaya Hidroponik

Budidaya Hidroponik bisa anda pilih menjadi salah satu ide usaha budidaya rumahan yang menguntungkan. Karena dalam budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik ini anda tidak memerlukan tempat yang luas dan juga perawatan yang extra. Karena dalam budidaya tanaman hidroponik akan menggunakan peralatan pertanian modern.

Hasil dari pertanian hidroponik sangat menguntungkan. Anda bisa mulai bercocok tanam dari lahan yang sempit sekalipun. Misalkan bercocok tanam dengan sistem vertikultur atau yang lainnya. Harga dari sayuran hidroponik juga sangat mahal. Dan salah satu faktor yang menarik, budidaya tanaman menggunakan teknik hidroponik memiliki kelebihan yaitu dapat panen setiap hari sesuai keinginan anda.


4. Ternak Hewan Hias

Ternak hewan hias bisa anda pilih sebagai alternatif dalam ide usaha budidaya rumahan. Hewan hias sangat cocok di ternak di area pekarangan rumah. Anda bisa memilih jenis unggas seperti burung lovebird dan sejenisnya. Atau bisa memilih jenis dari ikan seperti ikan koki atau ikan cupang.

Pemasaran dari ternak hewan hias ini juga sangat mudah. Hewan hias seperti ikan dan burung cenderung banyak dicari oleh para kolektor hewan. 2 jenis ternak ini mungkin bisa anda pilih.


Terkait Dengan Artikel Ini

1. Usaha Hidroponik

2. Budidaya Perikanan

3. Ternak Hewan Hias


Dari uraian diatas, mungkin anda telah menemukan inspirasi untuk memilih jenis usaha budidaya rumahan yang cocok untuk diterapkan. Untuk menemukan inspirasi lainnya, bisa anda cari di bawah artikel ini. Temukan informasi yang menarik dan informatif untuk anda.