Cara Import Produk Dari China Dengan Harga Murah Dari Alibaba



Bisnis import produk murah sangat menguntungkan. Terlebih jika produk yang di impor adalah produk yang sangat dibutuhkan. Namun cara untuk impor produk tersebut masih bersifat rahasia. Sehingga banyak para pengusaha pemula yang belum mengetahui secara detail untuk melakukan impor produk.

Produk yang paling banyak di impor adalah produk murah dari negara China. Meskipun produk dari negara China dinilai kurang berkualitas. Namun kenyataan yang terjadi di dalam pasar yaitu produk China lebih mudah diserap oleh pasar karena harganya yang lebih terjangkau. Terlebih untuk negara-negara berkembang.
Sehingga kondisi tersebut bisa anda manfaatkan untuk mencoba bisnis impor produk murah dan menjualnya kembali di negara-negara berkembang.


Lalu bagaiamana cara import produk dari negara China ??

Berikut ini akan kami berikan cara untuk impor produk murah dari China.


1. Kunjungi Website Alibaba

Website Alibaba merupakan salah satu Marketplace yang sudah terkenal dan menyediakan beragam produk murah dari China. Banyak sekali pengusaha yang melakukan impor produk China melalui Alibaba.
Oleh karena itu, anda sebagai pengusaha pemula lebih disarankan untuk mencoba bisnis impor melalui Alibaba terlebih dahulu.




Baca Juga : Rincian Lengkap Biaya Pajak Import Dari Bea Cukai Indonesia

2. Pilih Suplier

Setelah anda berhasil membuat akun di Alibaba dan masuk ke dalam Marketplace tersebut. Langkah selanjutnya anda menentukan suplier. Sebelum menentukan suplier, anda harus memilih produk yang tentunya sangat di butuhkan oleh masyarakat. Perhatikan juga jumlah minimal pembelian. Sehingga anda tidak mendapatkan produk dengan jumlah yang terlalu banyak. Karena hal itu akan membuat anda menjadi lebih susah untuk memasarkan kepada konsumen.

Setelah anda selesai menentukan produk yang akan di impor. Langkah selanjutnya anda harus teliti dalam memilih suplier agar tidak terjebak. Sehingga transaksi anda aman sampai produk yang anda impor dikirim ke rumah anda.

Suplier dari Alibaba yang harus anda pilih adalah Suplier yang memiliki rating Gold Supplier. Selain itu, anda harus mencari 3 persayaratan suplier di bawah ini :


- Assessed Supplier

Yang dimaksud dengan Assessed Supplier yaitu Supplier yang sudah dinilai oleh Alibaba. Sehingga dapat dipercaya.


- Trade Assurance

Supplier seperti ini harus anda cari. Karena Supplier ini menyediakan asuransi quality, shipment. Ini sangat berguna jika pengiriman yang menempuh jarak cukup jauh. Karena banyak kasus saat pengiriman, produk menjadi rusak.


- Menerima Pembayaran Dengan Paypal atau Escrow

Pembayaran menggunakan Paypal atau Escrow akan lebih menguntungkan untuk anda. Selain mudah, apabila terjadi suatu masalah. Maka akan lebih mudah untuk melakukan komplain.


3. Coba Untuk Negosiasi

Ketika anda mulai menemukan produk yang akan anda import. Cara yang pertama adalah dengan melakukan negosiasi. Karena harga tersebut tidaklah harga pasti. Terlebih jika kuantitas anda kurangi. Maka otomatis harga akan bertambah. Oleh karena itu, anda perlu melakukan negosiasi.
Salah satu yang harus anda cermati adalah harga di Alibaba tidak sama dengan harga dari Supplier. Hal ini disebabkan oleh biaya-biaya lain yang harus anda pertimbangkan.
Biaya-biaya lain tersebut antara lain :


- Fee Payment

Dalam Alibaba, ketika anda memsan produk kepada Supplier. Maka anda akan dikenakan biaya sebesar US$25 jika menggunakan Paypal. Sedangkan bila menggunakan wire transfer (telegraphic transfer / TT ) atau Western Union, biaya yang harus dibayar adalah US$ 35.

Biaya ini berlaku untuk 1 Supplier. Jika anda belanja di lebih dari 1 Supplier, maka biaya yang harus anda bayar juga akan lebih. Sesuai dengan jumlah supplier yang bekerjasama dengan anda. Oleh karena itu, usahakan untuk membeli produk hanya dari 1 Supplier.


- Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman ini adalah biaya produk dari pabrik menuju gudang forwarder. Sehingga, harga di Alibaba tersebut bukanlah harga asli. Anda perlu menghitung lebih jeli.
Biaya yang biasa di bebankan yaitu US$50



4. Pajak dan Bea Cukai

Yang terakhir adalah biaya yang harus anda bayar kepada Bea Cukai. Karena setiap Import yang anda lakukan harus melewati Bea Cukai. Oleh karena itu, anda harus menghitung semua biaya secara teliti.