Apa Itu Trading Forex? Bagaiman Cara Kerjanya?



Apa itu forex?

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pemula yang ingin memasuki pasar investasi. Forex adalah perdagangan valuta asing secara online yang disediakan oleh broker-broker sebagai perusahaan yang menyediakan fasilitas jual beli forex tersebut.

Jika anda masih bingung tentang "Apa Itu Forex? "

Pada dasarnya forex sangat mudah dipahami. Kita dapat mengartikan sebagai bisnis yang mempertemukan pedagang dan investor untuk bertukar dan berspekulasi pada mata uang. Tempat pertukaran ini disebut sebagai broker. Namun, banyak yang menyebut sebagai pasar forex atau "pasar FX"
Keduanya memiliki arti yang sama.

Pasar forex atau pasar valuta asing merupakan pasar yang paling likuid di Dunia. Hal ini di buktikan dengan transaksi harian pasar forex yang mencapai $3.98 triliun. Sehingga sanagat menguntungkan jika kita mampu terjun di dunia investasi forex dan mulai berdagang atau berspekulasi di Pasar Forex.

Lebih sederhananya seperti ini,
Misal saya dan anda bertemu di sebuah pasar. Anda membawa mata uang EUR, dan saya membawa mata uang USD. saya berfikir bahwa seminggu kemuadian, EUR akan mengalami kenaikan sekian persen terhadap USD. Atas dasar spekulasi tersebut, kemudian saya bertukar dengan anda. Dengan nilai yang sama.

Setelah seminggu kemudian, ternyata spekulasi saya terhadap mata uang EUR sangat tepat. Yaitu EUR mengalami kenaikan terhadap USD sekian persen. Sehingga saya pergi ke bank atau lembaga tertentu untuk kembali menukarkan EUR yang saya punya dengan USD. Secara sistematis, saya akan memperoleh keuntungan dari penukaran dan pergerakan nilai kurs antara EUR dan USD.
Cukup sederhana dan sangat menguntungkan.

Jika anda akan terjun berdagang forex, maka yang harus anda lakukan adalah mendaftar pada sebuah broker. Sehingga anda akan lebih mudah dalam melakukan transaksi. Tidak seperti ilustrasi diatas. Karena sekarang, broker forex menyediakan fitur online. Sehingga anda bisa memulai transaksi forex di rumah anda tanpa harus keluar rumah atau pergi ke bank untuk menukarkan mata uang yang anda miliki.

Namun, untuk menjadi trader sukses di forex. Anda harus memahami beberapa teknik trading. Seperti membaca pergerakan chart, teknik fundamental, teknik analisa keuangan dan masih banyak lagi.

Dan yang paling penting jika anda ingin menjadi trader forex adalah modal. Meskipun sekarang banyak broker yang menyediakan minimal deposit sangat kecil. Tapi, idealnya anda harus memiliki modal yang cukup. Atau setidaknya $100 untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.