Jumlah Dan Jenis Pakan Ikan Gurame Sesuai Umur Sampai Panen



Jenis-jenis pakan ikan gurame sangat banyak. Karena pakan ikan gurame tidak harus pellet, dedaunan atau hijau-hijauan bisa anda gunakan sebagai pakan.
Namun untuk hasil yang maksimal, tentu pakan gurame yang berkualitas harus anda terapkan.

Ada beberapa teknik dan teori dasar dalam penentuan pakan gurame. Sehingga jumlah pakan yang di butuhkan oleh ikan gurame hingga panen dapat terkontrol dengan baik. Sehingga didapatkan jumlah pakan yang ideal, yang dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien oleh para pembudidaya.

Pakan yang ideal untuk ikan gurame agar mendapatkan pertumbuhan yang ideal yaitu jenis pakan yang memiliki kadar protein sebesar 40%. Namun hal ini tidak harus dilakukan. Karena jika dalam pemberian pakan tersebut ternyata banyak yang terbuang atau tersisa didalam kolam tentu akan mengakibatkan kerugian. Karena harga pakan berprotein tinggi lebih mahal. Maka dari itu, sebaiknya pakan yang diberikan untuk ikan gurame memiliki kadar protein kurang lebih sebesar 20 - 30 %.

Sedangkan rumus ideal untuk pemberian pakan ikan gurame berdasarkan kebutuhan protein yaitu :


  • Kadar protein keseluruhan pakan minimal 31,1 %
  • Untuk bahan pakan anda bisa menggunakan tepung ikan, tepung daging dan dedak halus. Untuk dedaunan anda bisa memanfaatkan talas maupun sayuran yang lain.
  • Perbandingan jumlah pakan "tepung ikan : tepung daging : dedak halus" sebesar "33 : 2 : 65" dalam jumlah 100 persen
  • Pakan diberikan sebanyak 2% dari berat ikan setiap hari.


Untuk melihat harga pakan pellet terbaru silahkan klik Disini

Sedangkan pemberian jenis pakan untuk ikan gurame berdasarkan umur ikan juga harus di perhatikan. Pada tahapan ini sering kali petani gurame melakukan kesalahan. Sehingga tidak didapatkan hasil budidaya gurame yang maksimal.

Berikut ini daftar jenis pakan yang ideal untuk ikan gurame berdasarkan pertumbuhan ikan gurame itu sendiri

1Gurame Berumur 10 Hari

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 10 hari yaitu makanan yang berupa zat putih telur yang ada pada pundi-pundi kantung pada tubuh larva. Sehingga tidak perlu di berikan pakan tambahan.

2. Gurame Berumur 1 Bulan (1 cm)

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 1 bulan atau memiliki panjang tubuh 1 cm yaitu berupa pakan hewani. Antara lain rayap, ulat, semut merah, dedak halus dan kuning telur yang direbus.

3. Gurame Berumur 1,5 - 3 Bulan (2 - 3 cm)

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 2 - 3 bulan atau memiliki panjang tubuh 2 - 3 cm yaitu pakan hewani, tumbuhan halus, paku air dan bungkil halus.

4. Gurame Berumur 3,5 - 8 Bulan (5 - 8 cm)

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 3,5 - 8 bulan atau memiliki panjang tubuh antara 5 - 8 cm yaitu tumbuh-tumbuhan halus, dedak dan pelet.

5. Umur 8 Bulan Sampai Panen

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 8 bulan lebih yaitu pelet, daun-daunan, ampas-ampasan dan dedak.

Itulah jumlah dan jenis pakan gurame yang tepat agar gurame cepat besar dan sehat. Untuk jumlah dari awal budidaya hingga panen dapat anda hitung melalui rumus diatas.