Padat Tebar Yang Ideal Ikan Gurame Lengkap Dengan Ukuran Kolam



Padat tebar untuk ikan gurame yang ideal akan menentukan keberhasilan usaha budidaya ikan gurame itu sendiri. Karena dengan padat tebar yang benar pada ikan gurame sangat berpengaruh terhadap tingkat resiko kematian ikan. Sehingga hal ini tidak boleh anda lewatkan.

Untuk ukuran padat tebar sebenarnya tidak sama di setiap pembudidaya. Perbedaan ini di sebabkan oleh jenis dan teknik budidaya yang mereka gunakan tidak sama.
Namun untuk acuan standar jumlah padat tebar ideal pada ikan gurame sebagai berikut :

1. Padat Tebar Ikan Gurame Kolam Tanah Tadah Hujan

Ukuran padat tebar ideal ikan gurame untuk kolam tanah tadah hujan atau kolam tanah yang menggunakan air hujan yaitu 3 ekor/m².

Hal ini sebabkan oleh kadar oksigen terlarut kolam tadah hujan tidak begitu memadai. Atau dibawah standar. Namun masih bisa digunakan.
Sedangkan ukuran kolam yang biasa dipakai sama dengan ukuran kolam tanah pada umumnya, yaitu 50 m². Sehingga membutuhkan bibit sebanyak 150 ekor.


2. Padat Tebar Ikan Gurame Kolam Tanah Air Mengalir

Kolam ini merupakan standar untuk membudidayakan ikan gurame. Padat tebar yang ideal untuk kolam ini yaitu 5 - 6 ekor/m². Padat tebar dapat lebih banyak karena kolam ini memiliki kandungan oksigen terlarut yang cukup banyak.

Ukuran kolam yang ideal sama dengan kolam tanah lainnya. Yaitu 50 m² dengan jumlah bibit yang dibutuhkan adalah 250 - 300 ekor/m².


3. Padat Tebar Ikan Gurame Kolam Terpal

Khusus untuk kolam terpal ada 2 macam. Yaitu teknik konvensional dan teknik modern (bioflok).
Perbedaan padat tebar sangat mencolok, karena kandungan oksigen terlarut juga sangat berbeda jauh.

Jika kolam terpal konvensional tidak memiliki aerator untuk menyuplai oksigen, berbeda dengan kolam terpal yang menggunakan sistem bioflok. Dengan begitu, jumlah padat tebar juga berbeda.

Untuk kolam terpal konvensional, jumlah padat tebar ikan gurame yang ideal adalah 3 - 4 ekor/m² dengan catatan bukan air hujan.
Sedangkan kolam terpal dengan aerator, jumlah padat tebar yang ideal adalah 7 ekor/m².


Itulah jumlah padat tebar ikan gurame yang ideal baik untuk kolam tanah maupun untuk kolam terpal. Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menentukan jumlah padat tebar pada ikan gurame.

Diantaranya :

1. Debit Air

Untuk kolam tanah yang standar biasanya menggunakan air yang mengalir. Selain mempercepat sirkulasi air. Cara ini juga berfungsi untuk meningkatkan jumlah kandungan oksigen terlarut.

Debit air yang ideal untuk budidaya gurame yaitu 1.5 L/detik.
Debit air ini tidak akan mengganggu pertumbuhan ikan gurame. Dan sirkulasi air akan tetap terjaga dengan baik.


2. Ketinggian Air

Ketinggian air atau kedalaman air sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan kesediaan pakan alami bagi ikan. Air yang cenderung dalam dapat mengakibatkan minimnya ketersediaan pakan alami ikan berupa plankton. Sedangkan air yang dangkal cenderung lebih panas.

Untuk kedalaman air yang ideal adalah setinggi 60cm. Ukuran ini masih bisa anda modifikasi. Sebenarnya tidak begitu dalam justru lebih bagus. Karena sinar matahari langsung dapat masuk ke dasar kolam. Namun kendala yang dihadapi air kolam akan sedikit lebih panas. Cara mengatasinya anda bisa menambahkan sedikit naungan di pinggir kolam.


3. Jenis Kolam

Jenis kolam bermacam-macam. Ada kolam terpal dan kolam tanah. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung anda akan menggunakan jenis kolam apa.

Namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara anda melakukan persiapan kolam. Apakah sudah benar atau belum.
Untuk itu, jika anda belum begitu paham bisa anda baca

- Cara Membuat Kolam Tanah Ikan Gurame Baca Disini

- Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Gurame Baca Disini  

Itulah rincian dari jumlah padat tebar yang ideal untuk ikan gurame hingga persyaratan yang harus dipenuhi agar budidaya gurame yang anda kembangkan dapat menuai kesuksesan.